-->

Cara Cek Info GTK di SIM PKB Guru Untuk Validasi SKTP

Cek Info GTK di SIM PKB - Layanan Cek Info GTK hadir dan disajikan untuk memantau validasi data PTK yang dikirim melalui dapodik apakan telah valid atau belum, muara dari hal tersebut adalah pada keputusan layak atau tidaknya seorang PTK mendapatkan tunjangan pada semester berjalan. Karena saat ini cek info PTK untuk penerbitan SKTP/SK Dirjen telah terintegrasi di SIM PKB Guru maka setiap guru harus mengecek kevalidan datanya secara mandiri melalui akun sim pkb masing-masing.
Cara Cek Info GTK dan SKTP di SIM PKB dejarfa.com
Cek Info GTK dan SKTP di SIM PKB
Seperti kita ketahui bersama bahwa terhitung sejak 1 Juli 2017 info GTK (Validasi dan SKTP) hanya dapat diakses oleh GTK yang telah terdaftar di komunitas SIM PKB. Karenanya jika rekan-rekan belum terdaftar maka tidak dapat melihat validasi data guru untuk SKTP.

Bagi GTK yang belum terdaftar di SIM PKB dapat melakukan registrasi dan verval dengan memahami tata caranya pada Cara Registrasi/Login SIM PKB.

Selain harus terdaftar pada layanan pengembangan guru hal lain yang sangat penting adalah pengisian data UKG di dapodik. Hal ini dikarenakan data UKG dijadikan dasar integrasi atara sistem PKB denga SIM Tunjangan. Karenanya pastikan sudah mengisinya secara benar di dapodik. Untuk penjelasan terkait hal tersebut dapat di baca pada Cara Mengisi Nilai UKG di Dapodik.

Jika sudah terdaftar dan data UKG sudah diisi maka dapat langsung melakukan cek ricek validasi data GTK untuk aneka Tunjanga seperti berikut:

Login SIM PKB

Untuk login ke layanan silakan menuju url https://app.simpkb.id/auth/login atau di sini. Gunakan akun masing-masing, untuk user berupa nomorukg@guruku.idsedang pasword sesuai yang tertera pada surat aktivasi akun.

Jika katena satu dan lain hal tidak bisa login atau lupa password silakan menghubungi ketua komunitasnya untuk mengajukan reset pasword.

Pilih Menu Layanan Info GTK

Untuk menuju menu tersebut silakan cari pada bagian bawah sebelah kiri, jika sudah ketemu langsuk pilih menu tersebut selanjutnya secara otomatis akan memunculkan tab baru denga judul Info Guru. Tunggu hingga tampil dengan sempurna selanjutnya cek validasi pada setiap entitas data untuk memastikan data sudah valid.

Apabila terdapat data yang invalid mungkin anda tertarik untuk membaca Permasalahan dan Solusi Dapodik dan Info PTK.

Menu Baru di Info Guru

Selain aksesnya yang menggunakan cara baru, ternyata adapula pembaharuan pada validasi data guru, perhatikan pada poin status keaktifan pada nomor 16. Tampak disana status validasi “Menunggu Perhitungan Absensi pada Aplikasi Kehadira”.
Validasi Absen Online Guru dengan Info PTK
Validasi ini terkait dengan aplikasi Daftar Hadir GTK (DHGTK) dimana setiap sekolah melalui petugas yang diberi tangggung jawab mengelola absen ini harus mengisi setiap hari atau minimal jangan sampai lewat bulan karena jika melewati bulan maka absen belan lalu akan di kunci.

Jika anda merasa belum memahami aplikasi kehadiran guru online ini silakan membacanya pada Cara Mengisi Absensi Kehadiran Guru Online.

Cetak Info GTK

Apabila sudah berhasil melihat validasi data guru tidak ada salahnya untuk mencetak file tersebut sebagai arsip apabila suatu satt nanti di butuhkan untuk pemberkasan terkait tunjanga.

Caranya denga memilih tombol berwarna jinga pada bagian kanan atas dengan logo printer dan bertuliskan Cetak PDF/Printer.

Apabila tombol tersebut tidak berfungsi bisa juga dengan cara “CTRL + P” lalu pilih cetak menggunakan printer atau menjadi file PDF.

Unduhan:
SK Dirjen Tunjangan Sertifikasi SM 1 2017/2018
SK Dirjen Tunjangan Insentif SM 1 2017/2018
Cek Info GTK Semester 1 T.P 2017/2018.pdf
Demikaian info terkait Cara Cek Info GTK/PTK di SIM PKB Guru Untuk Validasi SKTP. Semoga data yang ditampilkan valid dan dinyatakan layak memerima aneka tunjangan guru.

Silahkan berkomentar terkait artikel di atas, biasakan membaca sebelum berkomentar. Komentar yang sama atau tidak terkait dengan artikel tidak disetujui