Permasalahan dan Solusi Dapodik dan Info PTK 2018

Dapodik 2018 telah resmi di rilis beberapa waktu yang lalu. Tak berbeda dengan aplikasi dapodik versi sebelumnya, aplikasi dapodik terbaru ini juga memunculkan beberapa permasalahan. Baik itu permasalahan yang sudah biasa terjadi maupun permasalahan yang baru muncul pada aplikasi dapodik semester ini.
Permasalahan dan Solusi Dapodik dan Info PTK 2018
Permasalahan Dapodik dan Info PTK
Dapodik 2018 memiliki tampilan yang serupa dengan dapodik 2017 sehingga memudahkan dalam pengoperasiannya. Namun, sebelum melakukan instalasi dapodik sebaiknya pastikan terlebih dahulu kesiapan laptop yang akan digunakan, bagi yang belum paham bisa membacanya pada Cara Install Dapodik 2018 dengan Baik dan Benar.

Kumpulan permasalahan dapodik ini merupakan rangkuman dari pengalaman yang mimin alami sendiri maupun pengalaman rekan-rekan operator dapodik yang mimin kenal. Berikut rangkumannya.

Gagal Registrasi

Kegagalan melakukan registrasi dengan peringatan prefill tidak ditemukan disebabkan karena proses generate prefill yang tidak sempurna. Supaya hal ini tidak terjadi sebaiknya lakukan generate prefill menggunakan jaringan yang stabil, hal ini dikarenakan beban server yang berlebih karena pada awal rilis tentu saja hampir semua operator melakukan generate prefill secara barsamaan.

Manfaatkan link mirror yang disediakan, sejauh ini terdapat setidaknya ada 5 link mirror generate prefill. Jika masih tetap gagal, lakukan registrasi secara online dengan merubah metode registrasi di aplikasi dari offline ke online.

Gagal Registrasi (User dan Password Salah)

Hal ini terjadi karena sekolah memiliki lebih dari satu akun dengan username (email) yang sama namun password berbeda. Solusinya hapus atau nonaktifkan salah satu akun. Silakan hubungi KKDATADIK Dinas Pendidikan setempat untuk melakukan reset pengguna. Jika masih terkendala dalam melakukan reset akun, silakan mengirimkan laporan ke helpdesk Dapodikdasmen ke surel dapo.dikdasmen@kemdikbud.go.id dengan melampirkan/mengunggah SK sebagai Petugas pendataan.

Berhasil Registrasi Namun Data tidak Lengkap

Permasalahan ini terjadi karena dua hal yakni belum di hapusnya dapodik versi sebelumnya dan karena prefill yang tidak sempurna, sehingga solusinya dengan menghapus aplikasi dapodik yang sudah terinstall dan melakukan install ulang aplikasi dapodik seperti biasa. Setelah itu bisa melakukan prosedur yang sama dengan pembahasan pertama.

Menu Guru dan Tendik masih Menyatu

Sejak dapodik 2017 menu ini telah dipisahkan dengan top menu GTK, namun jika menu ini tidak terpisah maka lakukan pembersihan chace browser yang digunakan dengan cara logout dapodik lalu bersihkan sejarah / history penjelajahan secara menyeluruh lalu refresh browser dal login seperti biasa.

Invalid Riwayat Karir Guru

Menu riwayat karir guru ini sebenarnya bukan sesuatu yang baru, menu ini merupakan transformasi dari menu riwayat pekerjaan pada dapodik versi 2016. Hanya saja pada dapodik terbaru ini level entriannya menjadi wajib dan tergolong dalam validasi singkronisasi, artinya jika tidak di entri maka dapodik tidak dapat di singkronkan.

Untuk mengisi riwayat karir guru di dapodik 2017 cukup dengan mencetak formulir riwayat karir guru dan bagikan ke tiap PTK satmikal. Riwayat ini menjelaskan perjalanan karir PTK dari awal pertama kali menjadi guru.
Format Isian Riwayat Karir PTK

Invalid Kompetensi Guru

Fitur ini juga wajib di isi, karena juga merupakan validasi pengiriman dapodik. Cara mengisi kompetensi guru di dapodik 2017 sangat mudah, cukup dengan menekan tombol tambah pada menu kompetensi guru dan secara otomatis akan membaca kompetensi PTK bersangkutan.
Menu ini secara otomatis akan mengisi sesuai dengan ijazah PTK bersangkutan sehingga jika ada PTK yang ijazahnya tidal linear dengan mapel yang di ajar maka harus dilakukan sedikit penyesuaian pada menu kompetensi sesuai dengan matpel yang di ajar oleh PTK bersangkutan.

Kepala Sekolah Belum Dipilih atau Tidak Ditemukan

Mulai Tahun ini jabatan kepala sekolah mengalami perubahan aturan dimana PTK dengan tugas tambahan sebagai Kepala Sekolah tidak harus mengajar atau dapat dipenuhi ketercukupan JJM nya melalui tugas tambahan kepala sekolah, hal inilah yang kemudian memunculkan validasi kepala sekolah belum dipilih pada berandan dapodik.

Agar kepala sekolah muncul di beranda maka PTK yang mencajat kepala sekolah harus di pilih sebagai kepala sekolah pada jenis PTK nya. Caranya masuk pada data rinci PTK lalu pada bagian data kepegawaian pilihlah  jenis PTK sebagai kepala sekolah

Pengisian JJM Kepala Sekolah

Dapodik 2018 telah mengakomodir referensi yang diamanatkan PP No. 19 tahun 2017 sebagai pengganti PP No. 74 tahun 2008 dimana validasi JJM PTK dengan tugas tambahan sebagai kepala sekolah tidak diwajibkan mengajar 6 jam. Cukup memilih jenis PTK Kepala Sekolah.

Namun jika di sekolah kepala sekolah mengajar ada baiknya tetap dimasukkan karena jika tidak dimasukkan maka terjadi kekosongan PTK pada pelajaran yang diajar PTK tersebut.

PLT Kepala Sekolah

Validasi tugas tambahan Kepala Sekolah adalah tugas tambahan dengan status kepegawaian di satmikal, bagi sekolah yang dipimpin oleh PLT masih dapat melakukan sinkronisasi meskipun pada beranda ada keterangan Kepala Sekolah belum dipilih.

Invalid Sekolah SPK

Sekolah dengan bentuk Satuan pendidikan Kerjasama (SPK) yang belum bisa melakukan sinkronisasi, tunggu rilis updater dapodik 2018.a. Untuk saat ini lengkapi terlebih dahulu data data periodik, Sarpras, PTK hingga Peserta Didik..

Permasalahan Pengisian Jadwal Pelajaran

Perlu diketahui bersama bahwa jadwal pelajaran tidak berdiri sendiri melainkan terkait pada entrian data pendukung lainnya. Karenanya untuk menghindari eror pada jadwal pelajaran dapodik maka perlu memahami tahapannya. Terkait pengisian jadwal dapat di baca pada Cara Mudah Mengisi Jadwal Pelajaran Dapodik 2018.

Memasukkan Nilai UKG

Nilai UKG merupakan salah satu penambahan pada dapodik yang baru ini, guna memasukkan/mengisi nilai UKG silakan masuk ke menu GTK lalupilih PTK yang akan dimasukkan nilainya lalu pilih tombol "Ubah". Selanjutnya perhatikan pada bagian Data Rincian GTK, cari dan pilih menu Nilai Test. Pilih Tambah dan lengkapi riwayat UKG dan Nilainya dengan lengkap.

Mengerjakan Dapodik dengan Beberapa Komputer

Pengaktifan akun PTK pada dapodik sesungguhnya sangat membantu meringankan pekerjaan oprator sekolah, tujuan dari fitur ini adalah agar para PTK belajar melek teknologi. Supaya dengan menngunakan akun PTK mereka dapat mengentri datanya secara mandiri dengan bimbingan dari operator sekolah.  Apakan tujuan ini bisa terlaksana tentu tergantung pada situasi dan kondisi disekolah masing-masing.

Guna memanfaatkan fitur login PTK maka kita bisa menerapkan cara yang hampir serupa ketika mengerjakan PMP dengan banyak komputer. Tentunya dengan  sedikit penyesuaian pada ip dapodik atau bisa mengunduh.
Tutorialnya Mengerjakan Dapodik dengan Beberapa Komputer

Cara Cek Info PTK melalui Link Alternatif

Setelah dapodik selesai dikirim maka selanjutnya dengan cemas kita melakukan rutinitas cek info GTK, bagaiman tidak jika kita alpa atau khilaf sehingga salah entri bisa jadi tunjangan guru akan tertunda, alhasil kita jadi orang paling dinanti kehadirannya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, untuk mengecek status ke-valid-an data PTK untuk keperluan penerbitan SKTP kita harus mengunjungi portal info PTK. Yang sering menjadi kendala adalah lamanya proses perubahan data pada web yang satu ini, sehingga kita harus rajin berkunjung pada portal yang satu ini.

Untuk mengecak SKTP baik untuk jenjang SD, SMP dan SMA / SMK dapat dilakukan pada laman info PTK dikdas pada tautan berikut (mudah-mudahan nanti tautan mirornya bisa di tambah guna memperlancar pengecekan SKTP):

http://223.27.144.195:8081/
http://223.27.144.195:8082/
http://223.27.144.195:8083/
http://223.27.144.195:8084/
http://223.27.144.195:8085/

Laman baru cek Info PTK bisa diakses di http://info.gtk.kemdikbud.go.id/ . Perlu disampaikan bah-wa per tanggal 1 Juli 2017 Info PTK hanya bisa diakses bagi guru yang sudah terdaftar di Komunitas dan SIM PKB. Karenanya mungkin anda tertarik untuk membaca Cara Registrasi SIM PKB Guru (SIM Guru Pembelajar 2017)

Permasalahan yang Sering Timbul pada lembar info PTK / Info guru untuk keperluan SK Tunjangan Profesi

A. Jam tambahan yang diakui di dapodik

Tugas tambahan tidak valid bisa disebabkan oleh dua hal. Pertama disebabkan oleh SK yang kadaluarsa, maka pastikan sk tugas tambahan PTK masih berlaku. Untuk kepaka sekolah masa berlaku 4 tahun, sementara tugas tambahan di bawahnya hanya berlaku 1 tahun.

Penyebab lain adalah tugas tambahan yang tidak sesuai ketentuan, misal wakil kepala sekolah mengikuti validasi dengan ketentuan jumlag rombel sebagai berikut :
Sekolah dasar tidak memiliki wakil kepala sekolah.

SMP dengan rombel 1 s.d 9 dengan 1 orang waka, rombel 10 s.d 18 dengan 2 orang waka dan rombel di atas 18 memiliki 3 orang waka yang diakui.

SMA / SMK dengan jumlah rombel 1 s.d 9 dengan 1 orang waka, rombel 10 s.d 18 dengan 2 orang, rombel 19 s.d 27 dengan 3 orang waka dan rombel di atas 27 memiliki 3 orang waka yang diakui.

Tugas tambahan kepala lab dan atau kepala perpus maksimal 1 orang.

Sementara tugas tambahan lain yang diakui didapodik yaitu wali kelas 2 jam, pembina ekskul 2 jam, pembina osis i jam, guru piket 1 jam.

B. JJM tidak memenuhi syarat

Validasi JJM tidak memenuhi syarat untuk diterbitkan SKTP biasanya disebabkan tiga hal yaitu JJM tidak linear dan JJM rombel tidak normal dan JJM tidak mencukupi 24 jam.

Untuk JJM yang tidak linear tentu rekan-rekan sudah paham permasalahannya, yaitu antara mapel sertifikasi dengna jam mengajar harus linear atau sama. Sementara untuk JJM kurang dari 24 jam tatap muka per pekan tentunya PTK bersangkutah harun mengusahakan JJM tambahan, baik itu berupa jam mengajar di sekolah lain ataupun berupa jam tugas tambahan. Sebagai catatan, tugas tambahan hanya diakui pada satmikalnya.

Khusu untuk JJM rombel tidak normal yang perlu diperhatikan adalah jumlah maksimal JJM normal untuk tiap rombel pada kurikulum dan tingkat satuan pendidikan masing-masing. Artinya jumlah total JJM wajib dan JJM tambahan wajib tidak boleh lebih dari JJM maksimal rombel.

C. JJM SD KTSP

Kelas 1 max 26 jam; Kelas 2 max 27 jam; Kelas 3 max 28 jam;
Kelas tinggi (4, 5 dan 6) max 32 jam.

D. JJM SD K13

Kelas rendah 30 s.d 34 jam; Kelas tinggi max 36 jam.

E. JJM SMP KTSP

Jam wajib kurikulim max 32 jam; jam tambahan wajib max 4 jam.
Selebihnya jam tambahan biasa.

F. JJM SMP K13

Jam wajib kurikulim max 38 jam; jam tambahan wajib max 2 jam.
Selebihnya jam tambahan biasa.

G. Khusus JJM SMA / SMK baik itu KTSP maupun kurikulum 13 dapat dipahami DI SINI.

Update Tips 1

A. Laman Info GTK / Info Guru bisa diakses namun sulit login

Ketika di klik login malah maintenance, untuk mengatasi hal tersebut lakukan reload ulang pada gambar chapcha pada waktu pertama kali, artinya begitu laman info guru terbuka langsu reload chapcha baru kemudian entri user dan passowr untuk login.

B. Tugas tambahan tidak valid / valid tapi JJM tambahan belum masuk kedalam perhitungan

Validasi tugas tambahan PTK saat ini belum berfungsi secara maksimal, artinya kita cukup memastikan bahwa di aplikasi dapodik sudah di entri dengan benar dan setelah disingkronkan data pada laman dapodikdasmen juga telah sesuai dengan dapodik.

Kuncinya, data di dapodik yang kita singkronkan dan data di server dapodik valid, dengan demikian kita tidak perlu kwawatir, nanti pasti akan valid juga data di info guru jika server bekerja secara normal.

C. JJM linear dan JJM tambahan belum memenuhi syarat "poin 17, 18 dan 19"

Jika yang menjadi permasalahan ada pada JJM tugas tambahan maka jawabannya sudah mimin jelaskan di atas, tapi jika masalahnya pada JJM tatap muka maka dapat dilakukan dengan mengecak pada menu tampilkan rombel bada bagian bawah.

Pastikan PTK mengajar sesuai dengan mata pelajaran sertifikat pendidikanya, jika yang tidak valid pada jam tambahan non-satmikal maka pastikan pada tampilan rombel kodenya sama persis dengan kode bidang studi PTK di satmikal. Mapel mungkin sama tapi bisa saja kodenya berbeda.

Cek info PTK memang melelahkan, bukan karena ops yang tidak bekerja secara maksimal melainkan hal-hal lain di luar kemampun ops mengatasinya, semisal masalah server down. Mudah-mudahan kedepannya pihak kementrian dapat menambah server baru sehingga dapat memudahkan dalam elkukan pengecekan info guru. Demikian, semoga bermanfaat.
Download Juknis Penyaluran Tunjangan Sertifikasi.pdf
Menjelang terbitnya sktp banyak sekali kegelisahan yang dialami oleh ptk kare jjm belum linear dan yang paling ramai adalah munculnya tanda silang merah dan atau tanda seru kuning yang menandakan peringatan. Tanda silang dan aatau tanda seru pada tabel verifikasi sktp ini adalah hasil sysncronisasi dan validasi data dapodik dengan data bkn, yang di beri tanda tersebut merupakan keterangan status datanya di bkn. Silakan di cek datanya masing-masing di bkn. Ini bukan kewenangan dan tupoksi dari operator sekolah, jadi konsultasikan data individu masing-masing ptk ke bkd diwilayahnya. Berikut beberapa diantaranya:

D. Gagal log in data tidak ditemukan

Lakukan log in pada link mirror lainnya jika tetap sama maka log in lah menggunakan NUPTK atau NIK yang telah di enrti pada dapodik.

E. NIK berbeda antara Dapodik dengan BKN

Lakukan pengecekan data nik pada dapodik dengan data pada manual bkn, jika yang salah data dapodik maka perbaiki nik pada dapodik tapi jika yang salah pada data bkn maka perbaiki melalui bkd daerah masing-masing.

F. Kelulusan sertifikasi dinyatakan tidak memenuhi syarat oleh dinas

Silakan hubungi admin simtun dinas pendidikan setempat atau cek JJM dapodik linier atau tidak serta sesuaikan gaji pokok pada riwayat gaji berkala.

G. NIP belum ditemukan pada data BKN

Lakukan pengecekan NIP di dapodik apakah sudah sesuai dengan data di BKN. Log in melalui aplikasi epupns dan cek datanya, segera hubungi admin epupns BKN/BKD setempat.

H. JJM belum linear

Untuk permasalahan tidak atau belum linear sesungguhnya yang paling paham adalah operator sekolah masing-masing karena hal tersebut terkait dengan struktur kurikulum sekolah dan pengisian rombel pada sekolah masing-masing. Jika tahun kemarin dengan mapel tertentu valid namun sekaran jadi tidak valid silakan cek kembai struktur kurikulunya, pastikan mapel sertifikasi ptk terdapat pada struktuk kurikulum.

Update Tips 2

Solusi Urusan Konversi Mata Pelajaran

Pertama, sabar menunggu sampai dapodik 2017.b dirilis.
Manfaatnya PTK tidak perlu repot mengurus perbaikan kesana-kemari.
Resikonya akan ada tekanan dari PTK yang bersangkutan dan ada kemungkinan pencairan TPG nya akan terlambat (menunggu SKTP perbaikan) tapi jumlah dananya akan dirapel.

Kedua, segera lakukan pengurusan ke pihak terkait.
Manfaatnya masalah akan cepat terselesaikan
Resikonya pengurusan repot karena harus kesana-kemari

Adapun mengenai solusi kedua di atas caranya kurang lebih sebagai berikut:
Jika terjadi JJM (sesuai dapodik) sudah 24 jam namun jam linier masih 0 (merah) maka lihat terlebih dahulu hal-hal berikut;
Apakah ptk tersebut sertifikasi tahun 2006, 2007 atau 2008, silahkan cek kode sertifikasi PTK bersangkutan.

Contohnya

Jika guru PJOK seharusnya kode sertifikasi 220 sedangkan di info GTK masih 160 (nama bidang studi lainnya) maka silahkan meminta kepada PTK bersangkutan untuk melakukan hal berikut ini (kordinasikan terlebih dulu dengan operator sim tunjangan kabupaten setempat);
  • Scan Sertifikat Pendidiknya
  • Scan SK Pembagian Tugas sewaktu sertifikasi (kalau tahun 2008 maka SK pembagian tugasnya tahun 2008)
  • Ijazah Sewaktu sertifikasi
  • A1 atau biodata Portofolio sewaktu sertifikasi
  • file scan maksimal 1 mb lalu CD kan dan serahkan ke operator SIM TUN di dinas kabupaten setempat
 Rambu-Rambu Konversi Kode dan Mapel Bidang Studi Sertifikasi Guru.pdf
Cara ini berlaku untuk mapel yang lain juga seperti;
Jenjang Bidang Studi dan Sertifikasi Kode:
1. Guru Kelas TK Guru Kelas TK - 020
2. SD Guru Kelas SD - 027
3. SDLB / SMPLB / SMALB Pendidikan Luar Biasa - 800
4. SD / SMP / SMA / SMK / SLB Seni Budaya - 217
5. SD / SMP / SMA / SMK / SLB Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan - 220
6. SD / SMP / SMA / SMK / SLB Bahasa Jawa - 746
7. SD / SMP / SMA /SMK / SLB Bahasa Madura - 747
8. SD / SMP / SMA /SMK / SLB Bahasa Sunda - 748
9. SD / SMP / SMA /SMK / SLB Bahasa Daerah - 749
10. SD / SMP/ SMA /SMK / SLB Bahasa Bali - 750

Kalau ternyata harus konversi, datang ke LPTK untuk pengajuan konversi dengan membawa:
1. Fotocopy sertifikat pendidik dilegalisir
2. Fotocopy ijazah S1 legarisir
3. SKPBM KBM sejak disertifikasi sampai dengan sekarang dilegalisir
4. Dokumen fortofolio dan jadwal PLPG bagi yang jalur PLPG
5. Surat keterangan melaksanakan tugas dari kepala sekolah

Nanti akan mendapatkan Surat Konversi dan Nomor Peserta baru, lalu datang ke operator SIM TUN di dinas kabupaten untuk di entrikan / Perbaikan Nomor Peserta Baru hasil konversi tadi.

Kemudian tugas operator sekolah melakukan perbaikan riwayat sertifikasi di aplikasi dapodik, masukkan nomor peserta baru tadi. Sebelum melakukan sinkronisasi, cek juga pembelajaran rombel. Pastikan kode jam mengajarnya linier dengan kode sertifikasi sesuai Permendikbun Nomor 46 tahun 2016 tentang Penataan Linearitas Guru Bersertifikat Pendidik.

Mungkin di benak ptk bertanya-tanya kenapa tahun lalu lolos / cair kok sekarang tidak? Padahal tidak sesuai dengan ketentuan? Itu dikarenakan saat ini ada perubahan pada sistemnya.
untuk lebih jelasnya silahkan lihat di Permen No 46 tahun 2016.
Rambu-Rambu Penataan Linearitas Guru Bersertifikat Pendidik.pdf
Lampiran Penataan Linearitas Guru Bersertifikat Pendidik.pdf
Juknis Penyaluran Aneka Tunjangan 2017.pdf 

Update Tips 3

A. Dapodik dan PUPNS

Kesimpulannya tentang Verifikasi Data Tunjangan Profesi, khususnya pada point 4 & 5:
  • Update data Kepegawaian pada aplikasi PUPNS masih mentok pd level 3, artinya belum masuk datanya di BKN karen belum sampai pd level 4
  • Perbaikan data PTK khususnya nama dan tanggal lahir dilakukan pd Verval PTK (Perbaikan Data Master),
  • Keaktifan di BKN berdasar pd hasil register PNS pada aplikasi PUPNS
B. Dapodik dan BKN / BKD

BKN telah menyampaikan seluruh data Guru yg ada dalam database SAPK. Setelah dilakukan rekonsiliasi dgn data Dapodik, masih terdapat kurang lebih 28.000 yang belum sesuai dengan data Dapodik. Dikbud saat ini merujuk pada database SAPK, jika belum sesuai (nama, tangal lahir, jabatan) maka dipending oleh Dikbud.

Diharapkan jika terdapat perbedaan data, agar BKD melakukan perbaikan via SAPK sesuai kewenangan yang ada ( jabatan ), atau ke Kanreg/BKN (nama, tanggal lahir, kedudukan hukum). Kami akan mintakan Dikbud utk melakukan rekon terhadap setiap perbaikan via SAPK.

200 Komentar "Permasalahan dan Solusi Dapodik dan Info PTK 2018"

  1. Stlh log in verval ptk,data didapodik tdk ada diverval ptk,knp ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau boleh tahu, bapak / ibu operator tingkat TK, SD, SMP atau SMA/SMK?

      Hapus
    2. saya juga mengalami permasalahan yang sama.. setelah semua di sinkron 100%...saya cek di verval PTK masih kosong semua..
      saya operator di jenjang TK.
      mohon solusinya

      Hapus
    3. Mungkin memang belum diproses, yang penting sudah singkron dan cek di web dapodik paud apakan data sudah sama dengan data di lokal. patokannya jika singkron berhasil data akan sama dgn data di server dapodik, kalu di server lain biasanya memang butuh proses

      Hapus
    4. oke pak.. terima kasih untuk infonya

      Hapus
  2. Di sekolah kami (sma) ada 3 waka yang dimasukkan dapodik sebagai tugas tambahan, semuanya dakomodir di program dapodik, tetapi setelah sinkron, dan dicek di info gtk, mengapa utk waka kurikulum kok menjadi tidak ada tugas tambahannya ya? mohon pencerahan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Validasi tugas tambahan wakil kepala sekolah biasanya memeang telat, jangan lupa aturan jumlah waka terhadap jomlah rombel jika jumlah waka melebihi ketentuan maka jjm tambagan waka akan invalid atau tidak di akui. misal sekolah dengan jml rombel di bawah 9 seharusnya hanya memiliki satu wakil kepala sekolah. jika di isi lebih dari satu maka tugas tambahan menjadi tidak di akui. hal lain yang perlu diperhatikan adalah masa berlaku SK tugas tambahan hanya 1 tahun pelajaran jika melebihi masa tersebut tugas tambahan jjuga invalid dengan keterangan sk kadaluarsa. satu lagi, JJM tambahan berupa tugas tambahan hanya diakui di satmikal PTK bersangkutan, jika di luar satmikal yang diakui hanya jam tatap muka

      Hapus
  3. JJM SMP KTSP
    Jam wajib kurikulim max 32 jam; jam tambahan wajib max 4 jam.
    (lihat rombel)
    mohon pencerahan, setelah kita cek di info ptk jam tambahan wajib (linier 0)tidak normal, pada keterangan JJM tambahan melebihi 4 sementara padajjm tambahan saya cuma mengisi 4 jam (bah indo 1, bhs inggris 1, IPS 1, Matematika 1) yang berpengaruh juga pada sertifikasi bidang studi lain, contoh pada sertifikasi TIK, Jam mengajar 36, jam linier 0

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus di cek pengisian JJM rombel, pastikan bahwa jam wajib kurikulum tidak lebih dari 32 jam dan jam wajib tambahan tidak lebih dari 4 jam sehingga JJM maximal rombel "Jam wajib + jam tambahan wajib" tidak boleh lebih dari 36 jam. Jika entrian dapodik JJM sudah tepat maka penyebab data belum valid biasanya proses di p2tk yang belum maksimal. sebagai catatan, untuk mapel keterampilan dan TIK sebaiknya di isi salah satu saja, misal pada jam wajib di isi tik maka keterampilan pada jam tambahan wajib atau jam tambahan biasa

      Hapus
  4. jika jjm masih terdapat kesalahan apakah masih ada kesempatan untuk diperbaiki di dapodik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika terdapat kesalahan pada aplikasi dapodik sebaiknya segera di perbaiki dan disingkronkan kembali, pastikan singkronisasi berhasil 100%. server p2tk biasanya secara berkala akan mengambil data dari server dapodik

      Hapus
  5. Tugas tambahan sebagai mentor, diakui atau tidak dalam Dapodik? thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dijelaskan dalam lampiran Permendikbud nomor 17 tahun 2016 bahwa 'Mendapat tugas tambahan sebagai narasumber nasional/instruktur nasional/tim pengembang/mentor untuk guru pembelajar atau pelaksanaan diklat kurikulum, mengajar paling sedikit 12 (dua belas) jam tatap muka per minggu. berikut permendikbudnya http://gtk.kemdikbud.go.id/files/produk_hukum/Permendikbud_Nomor_17_Tahun_2016.pdf

      Hapus
  6. salam...jika jam linier masih 0, sementara didapodik sudah kita cek semua data pas dgn yg seharusnya, gimana solusinya min, thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastikan data sudah terkirim 100 % pada saat singkronisasi, untuk memastikan data sudah terkirim dengan sempurna bisa dengan cara mengecek data pada laman dapodikdasmen atau bisa juga dengan melakukan instal ulang dapodik menggunakan prefil saat ini, jika setelah instal ulang data sudah benar berarti sudah berhasil terkirim, selebihnya tinggal tunggu sistem bekerja

      Hapus
    2. maksudx mas? re-install aplikasi dapodik lalu install kembali aplikasi dapodik dan ambil prefil terbaru.

      Hapus
    3. iya, itu hanya untuk memastikan bahwa data yg berada di server sama dengan di lokal. Rekan-rekan ops yang saya kenal semua saya rekomendasikan seperti itu. jika selesa kerjaan singkron lalu instal ulang dapodik dengan prefill terakhir hasil singkronisasi. jika semua data sudah terisi berarti singkronisasi sukses 100%

      Hapus
  7. GIMANA CARA ISI JJM KEPSEK DISEKOLAH SD YANG KELAS 1 DAN 4 NYA KURTILAS.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika Kepala Sekolah sudah sertifikasi Guru Kelas maka Kepala Sekolah dapat mengajar pada kelas tinggi, mapel atau sub tema mapel dapat disesuaikan dengan kondisi sekolah masing-masing

      Hapus
    2. Sk dirjen guru saya belum keluar, padahal sudah bagus semua di info gtk, gmana nih sulosunya sampai kapan di tunggu udah satu bulan .

      Hapus
    3. SK bagi guru yang datanya belum valid sampai pada batas penerbitan SK dari P2TK memang sering terkendala. Mungkin bisa berkordinasi dengan pengelola Simtun kabupaten/provinsi untuk mendapatkan solusinya. Jadikan ini sebagai pembelajaran bagi kita untuk memastikan data valid sebelum batas berakhir.

      Hapus
  8. Tik kurang 2 jjm di smp bagaimana solusinya, bisa kah dengan jam tatap muka tambahan trims sebelumnya fadil

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa memanfaatkan jam tambahan wajib, dengan ketentuan total jjm wajib dan jjm tambahan wajib tidak melebihi struktur kurikulum sekolah misal ktsp max 36 jam

      Hapus
  9. SK Inpassing di Aplikasi Dapodik Versi 2017 kok terkunci, padahal ada beberapa guru yang SK Inpassing tidak masuk di Pra SK Tunjangan Profesi. bagaiamana cara memasukkannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengentrian Inpassing memang bukan tupoksi operator sekolah, karenanya di dapodik menunya di kunci.

      Hapus
    2. terus solusinya bagaimana

      Hapus
    3. Hasil validasi dan verifikasi biro kepegawaian yang bisa diakomodir dalam SKTP, bisa di cek di http://mutasi.sdm.kemdikbud.go.id
      Jika data anda bermasalah, kirimkan berkas SK inpassing yang pernah diterima, ke alamat yang ada di kontak person website tersebut. tambahan; untuk SK Inpassing yang tanggal SK tahun 2017 belum di akomodir utk SKTP pada tahun 2017, baru bisa diakomodir di SKTP pada tahun 2018.

      Hapus
  10. Saya ops SMP : mohon bantuan . begini . ada guru sertifikasi biologi mengajarnya IPA terpadu kenapa tidak valid ? sedangkan yang sertifikasi sejarah mengajar IPS terpadu tetapi valid .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perhatikan pada kode bidang studi sertifikasi, pastikan kode bidang studi sertifikat pendidik sama dengan kode mata pelajaran yang di ampu. jika sama seharusnya linear jika berbeda berlaku sebaliknya

      Hapus
    2. kode bid studi sertifikat dg kode bid studi yg diajar berbeda pak , tetapi kenapa sejarah dg ips terpadu valid padahal kode beda , sedangkan biologi dan ipa terpadu tidak valid . jangan jangan ada kesalahn dalam aplikasi ya pak , mohon pencerahan

      Hapus
    3. Berdasarkan penataan linearitas mapel sertifikasi IPS memiliki kode 100, Guru yang memiliki sertifikat dengan kode 204, 207, 214, 215 dapat mengajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
      Mapel IPA dengan kode 097, Guru yang memiliki sertifikat dengan kode 184, 187, 190 dapat mengajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
      Jika masih belum linear periksa kembali entrian jjm pada rombel, pastikan sudah benar.

      Hapus
  11. Kepsek mapel sertifikasi PJOK. Pada dapodik mengajar kelas 123 masing2 kls 2 jam.
    Hsil pngecekan info GTK :
    Jjm 6
    Jam linear 0
    Jam tmbahan 18.
    Knp jam linear 0 ?
    Apa mslahnya harus mengajar PJOK KLS atas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mapping rombel Kepsek sebaiknya pada kelas tinggi yaitu kelas 4, 5 dan 6

      Hapus
    2. Jika sdh diletakkan pd kls 4,5 & 6...lalu ada jjm tambhan guru mapel lain dikls tsb, apakah ini akn mempengaruhi jjm liniernya?

      Hapus
    3. Saya kurang paham dengan pertanyaannya. intinya JJM jika sudah terbit sktp akan dikunci. jika ada jjm tambahan mapel lain maka prhatikan struktur kurikulum "JJM rombel tidak boleh melebihi batas maksimal" dan juga kesesuaian kode sertifikasinya.

      Hapus
  12. Saya masukan jam tambahan wajib tapi blm valid apa karna sk tugas, berapa lama sk tugas dibuat? 1 smester kah? Atau ada solusi lain dari qaz qaz yg tanya kemaren, trims sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. SK penugasan pada rombel berlaku satu semester, pengisian jam wajib tambahan harusmemperhatikan kenormalan rombel. pilihan lain bisa dengan tugas tambahan setara 2 jam tatap muka yaitu sebagai wali kelas atau pembina ekskul

      Hapus
  13. Maaf mau nanya untuk pengisian guru TIK Kur 2013 di dapodiknya seperti apa yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mapping guru TIK dalam kurikulum 2013
      1. Pastikan Jenis PTK = Guru TIK
      2. Petakan jam mengajar 1-2 jam per minggu pada rombel yang diampu.
      3. Validasi pemenuhan beban mengajar adalah jika akumulasi jumlah siswa dari seluruh rombel yang diampu >=150 atau membimbing setidaknya 150 siswa maka diekuivalenkan dengan 24 jam tatap muka

      Hapus
    2. Bagaimana jika yg muncul cuman 125 org siswa sedangkan mengajar TIK 10 kelas kurang lebih 300 siswa tapi yg muncul di data gtk cuman 125 orang,..mhn petunjuk

      Hapus
  14. jika NIP PTK tidak sama dengan NIP BKN dan keaktifan belum terferivikasi, bagaimana solusinya ? apakah gtk tetap akan menerima sertifikasi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya.. Ini kejadian sama persis dg info gtk salah satu guru di sd saya.. Sya brkali kali ngecek di nip yang baru,trus di sk, dll.. Tpi te2p ktika cek info gtk msalah itu trjdi.. Sdangkan skg sktpp sudah terbit.. Guru yg ini sktpp g terbit..Mhon solusi

      Hapus
    2. Sych data dapodik dengan bkn saat ini baru sebatas peringata bahwasanya data di bkn dengan di dapodik ada perbedaan, data bkn tidak sama dengan dapodik sejauh ini solusinya ke bkd wilayah masing-masing.

      Hapus
  15. Pada kurikulum 2013,guru yang mengajar mapel lintas minat tidak diakui di dapodik. Contoh,guru kimia mengajar mapel kimia di kelas IPS. Apakah memang peraturannya demikian?klo memang demikian,rugi dong,sudah menguras tenaga dan fikiran tapi tidak di akui sehingga jam mengajar tidak valid

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin belum di validasi, atau pengisian lintas minat pada rombe belum sesuai sehingga belum tervalidasi.

      Hapus
  16. Apakah guru mapel pjok SD yg JJMnya lbih banyak di non induknya akan bermasalah dan mnjadi tdk linear?
    Karena jjmnya di non induk kls 4, 5 digunakan KS sertifikasi guru mapel PJOK. Sementara kl KS mapel PJOK ngjar kls bawah tdk linear katanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. berdasarkan pengalaman saya dan teman teman operator bahwa jjm non induk lebih banyak tidak masalah, namun jjm minimal pada satmikal 12 jam. salah satu ptk di satmikal saya juga memiliki jjm non induk lebih banyak pada satmikal 12 jam dan pada non satmikal 20 jam, alhamdulilah sktp terbit saat itu. namun pengelola tunjangan kabupaten menyarankan untuk pindah satmikal ke sekolah yg jjm nya lebih banyak. saat ini jjm satmikal 12 jam, tugas tambahan 12 jam dan non satmikal 20 jam. alhamdulilah sktp terbit

      Hapus
  17. Mohon penjelasannya pak bagaimana cara pengisian JJM linier sama kepala sekolah agar max. 24 jam ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. 18 jjm tambahan kepala sekolah, 2 jam per rombel di kelas atas minimal 6 jam sesuai dengan sertifikasinya

      Hapus
  18. Mohon penjelasannya pak, saya mengajar di SMP sebagai satmikal Jumlah JJM saya kurang sehingga saya menambah jam mengajar di SMK, jumlah jam saya sudah lebih dari 24 jam yaitu 46 jam namun yang linier hanya 22 jam.
    pertanyaan saya:
    1. Apakah Beda jenjang mempengaruhi jam linier (jam diluar Satmikal sepertinya tidak terhitung)
    2. Apakah jam diluar mata pelajaran sertifikat pendidik yang diluar satmikal dapat menjadi faktor penyebab JJM di luar menjadi tidak linier?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saat ini banyak sekali yg menanyakan hal yang sama bahwa jjm non satmikal pada jenjang smk belum tervalidasi, saran saya kordinasikan dengan operator simtun kabupaten soalnya. biasanya ada manual format khusus untuk jjm di luar satmikal yang harus diisi "pengalaman sebelumnya begitu"

      Hapus
    2. saat ini banyak sekali yg menanyakan hal yang sama bahwa jjm non satmikal pada jenjang smk belum tervalidasi, saran saya kordinasikan dengan operator simtun kabupaten soalnya. biasanya ada manual format khusus untuk jjm di luar satmikal yang harus diisi "pengalaman sebelumnya begitu"

      Hapus
  19. Jjm sudah di kunci apa masih bisa di perbaiki ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya penguncian jjm berlaku pada ptk yg telah terbit sktpnya, hati2 mengidit jjm pada saat ini salah-salah data jadi eror. sebaiknya mintakaan saran dari ops kabupaten agar jika ada kendala operator tidak di salahkan

      Hapus
  20. JJM pada PAUD bgmn ya min aturanya?

    BalasHapus
  21. Sekolah induk saya di SMP mengajar b.inggris 8 jam dan tugas tambahan kepala lab 12 jam serta mengajar b.inggris di SD 6 jam, tetapi hingga saat ini tanggal update data masih tanggal 9 maret 2017, dan yang sudah linier hanya yg di SMP total 20 jam, sementara jam di SD belum linier dan update terakhir tgl 23 maret belum berubah hingga saat ini msh update tanggal 9 maret 2017, apa permasalahannya pak? Dan apakah masih bisa diperbaiki? Mohon jawabannya, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sejauh yang saya pahami jjm pada kurikulum sd dan smp berbeda. jjm smp yang linear dengan sd adalah mapet agama dan penjas. selain kedua mapel tersebut tidak linear. bahasa inggris tidak ada dalam struktur kurikulum sd.

      Hapus
    2. Tetapi pak teman saya mengajar bahsa inggris di sd diakui dan sudah valid pak, semester satu kmarin sy valid jg pak smp dan sd bhs inggris, dan ini permasalahan jg update dapodik blm berubah msh update tgl 9 maret..mohon pencerahannya pak..terima ksih

      Hapus
    3. Disemester 1 lalu dapodik saya linier pak di dua jenjang SMP dan SD mapel bahasa inggris dengan kode mapel yang berbeda, kalau di semester ini dipermasalahkan kenapa pak? Bukankah bhs inggris itu plajaran yg bisa diprlajari di SD sampai dengan SMA, kenapa jd permasalahan, sy mngajar lebih dri jam yg ditetapkan minimum penerima tunjangan, tolong pak penjelasannya..terima kasih

      Hapus
    4. dalam struktur kurikulum SD tidak terdapat bahasa ingris, kalaupun semester lalu valid itu wewenang p2tk. sama kasusnya dengan jam tambahan kepala perpus, kepala lab memiliki syarat harus dibuktikan dengan sertifikat kepala perpus atau kepala lab tp pada kenyataannya kepala lab dan kepala perpus jjm nya tetap diakui walaupun tanpa memiliki sertifikat kepala perpus.

      Hapus
    5. sebagai bahan bacaan silakan di pahami tentang permendikbun no 46 thn 2016 tentang penataan linearitas guru bersertifikat pendidik dan permendibud nomor 17 tahun 2016 tentang juknis penyaluran aneka tunjangan bagi guru pns. baca juga Permendiknas No 22 Th 2006 tentang standar isi

      Hapus
  22. Saya mengajar matematika di SMP sebagai sekolah induk 10 jam dan dan jam tambahan di SMK 16 Jam. Di dapodik tertulis jumlah jam mengajar 26 jam tetapi jumlah jam linier 10 jam. Dan sampai sekarang belum linier juga... Bagaimana solusinya.. mohon penjelasanya... Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan baca komen-komen di atas, sudah ada yang tanya pertanyaan serupa

      Hapus
  23. Satu lagi pak pertanyaan sy yg blum dijawab, mengapa tanggal update dapodik sy tidak berubah2 msih di tgl 9 maret 2017, dan ini sudah berjalan 1 bulan, mohon dijelaskan pak..trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Periksa kembali tanggal terakhir sukses singkron dapodik pada web dapodikdasmen, jika sudah sesuai dan data sudah paling update berati data dari lokal / dapodik sekolah ke server dapodik sudah terkirim sempurna. namun jika di wes dapodikdasmen tidak sesuai dgn kondisi data terakhir berarti pada waktu singkron ada yang gagal. Jika di lokal dan di pusat sudah oke, maka permasalahan ada di proses pengambilan data p2tk ke dapodikdasmen, dan itu diluat kuasa operator sekolah karena yang bekerja sistem

      Hapus
  24. rombel tidak ditemukan permasalahnya apa ya...makasi

    BalasHapus
  25. Sy mau bertanya pak, sy ops sma. Sekolah kami puny 9 rombel, 6 rombel jurusan mipa n 3 rombel jurusan ips. Guru pkn di jumlah jam linearx tidak valid. Saat sy cek d status rombel yg kolom pararel untuk kelas mipa tidak valid n kolomnya terisi angka 2 merah tnp keterangan di kolom paling akhir kenapa kelas mipa tidak valid. Tp d kolom jjm sudah linear. Saat sy klik baris yg tidak valid muncul tulisan kalau rombel sudah terkunci, tetapi yg di kunci data siswa tahun lalu. Data d dapodik sudah sy cek dan sudah sesuai, kira2 penyebab nya apa n bagaimana solusi nya pak? Trima kasih pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk permasalahan rombel yang terkunci atau jjm yang terkunci akan lebih baik jika langsung ditanyaka ke P2tk, jika berkenan silakan tinggalkan email nanti saya kirim kirimkan nama orangnya.

      Hapus
    2. Ini pak email sy krista.auli@gmail.com terima kasih pak

      Hapus
  26. Data keaktifan belum terverifikasi bkn bisa bantu harus menghubungi kmn apa ada kaitan deng epupns

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keaktifan di BKN berdasar pd hasil register aplikasi PUPNS, Periksa kembali registrasi epupns nya apakah sudah level 4. Silakan kordinasi dengan BKD setempat

      Hapus
  27. maaf pak. mau bertanya, akhir maret kemarin kami sudah cek info gtk, alhamdulilah semua tidak bermasalah, setelah itu kami cek kembali pada tanggal 8 april 2017, ternyata semua Wakasek di sman kami tidak falid. berdasarkan permendiknas no 17 tahun 2016 wakasek di tingkat sma di akui minimal 3 wakasek dan maksimal 4 wakasek.(pada semester 1 T.P 2016/2017. wakasek di sma kami 3 di akui dan jumlah rombelnya hanya 9), tetapi pada dapodik 2017 falidasi wakaseknya berdasarkan rombel, yang saya tanyakan pak, apakah permendiknas no 17 tahun 2017 didak jadi pedoman lagi pak untuk pencairan tunjangan propesi? tolong penjelasannya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejauh yang saya pahami selama ini pedoman diakuinya jam tambahan waka berdasarkan rasio jumlah rombel, pada permen no 17 tahun 2016 tidak menyebutkan rasionya hanya minimal 3 maksimal 4. juknis penyaluran tunjangna itu sudah tidak berlaku dengan terbitnya juknis yang baru yaitu Permendikbud Nomor 12 Tahun 2017 tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Tunjangan Profesi, Tunjangan Khusus, dan Tambahan Penghasilan Guru Pegawai Negeri Sipil Daerah. Juknisnya dapat diunduh di atas, silakan dipelajari.

      Hapus
  28. Mohon pencerahan,saya tersertifikasi matapel Bahasa Sunda 2008. Mengalami pengkonversian kode matapel dari 062 ke 125 kemudian kembali ke 062 lagi, sekarang mengalami masalah lagi jjm tidak linier(0) padahal beban jjm sudah memenuhi syarat yaitu di sekolah induk 22 jam dan di sekolah lain karena pemenuhan 4 jam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya rasa untuk urusan konversi sudah jelas di atas, silakan dipahami dan dikoordinasikan dengan pihak terkait

      Hapus
  29. Mengatasi rombel yg terkunci bagaimana solusinya..mohon bantuan. Trima kasih.. email saya dik.ismanto@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya cek di rombel kelas 4,5,&6 masing merah dengan keterangan paralel..pdhl diaplikasi dapodik hanya ada 1 masing2 tiap kelas

      Hapus
    2. Berikut penjelasan mengenai JJM yang sudah terkunci :
      Data JJM pada PTK yang mengajar pada sebuah Rombel yang terkunci mengindikasikan bahwa PTK tersebut telah terbit SKTP untuk periode berjalan.
      Oleh karena SKTP PTK tersebut terkunci (lock), bertujuan agar mata pelajaran yang diampu oleh PTK yang sudah keluar SK Tunjangan Profesinya tersebut tidak digunakan oleh PTK lainnya (JJM tidak bisa ditukar lagi, untuk antisipasi kecurangan serta manipulasi data).
      Penguncian data mata pelajaran yang terkunci pada PTK dalam suatu Rombel, maka mata pelajaran yang diampu oleh PTK bersangkutan, tidak boleh lagi diubah, dan tidak dapat dipakai oleh PTK lainnya.
      Untuk membuka kunci silakan berkordinasi dengan operator simtun kabupaten setempat dengan membawa surat pernyataan salah entri bermaterai, sk pembagian tugas dan jadwal pelajaran. syarat bisa saja berbeda tiap kabupaten

      Hapus
    3. Apakah jjm yg terkunci hanya yg sudah sertifikasi dan terbit sktpnya saja? Sedangkan yg blm sertifikasi belum dikunci, jadi apabila ada kesalahan masih bisa diperbaiki?

      Hapus
  30. Keaktifan saya sudah terverifikasi tapi data belum identik dgn BKN. Padahal datadi BKN sudah diperbaiki. APA SK TPP BISA TERBIT. MAKASIH

    BalasHapus
    Balasan
    1. Singkron data dapodik denga bkn sementara ini tidak mempengaruhi sktp, hasil singkron sebagai perimgatan bahwa terdapat ketidaksesuaian data supaya segera diperbaiki

      Hapus
  31. NIP ditemukan namun dengan identitas berbeda pada BKN (nama, Tanggal lahir dan NIK) bagaimana solusinya ? apa SKTP bisa terbit ? tolong pencerahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perbaiki di bkd, data bkn sementara ini tidak mempengaruhi terbitnya sktp

      Hapus
  32. guru tik k 13 beban mengajar masih bermasalah, padahal isiannya sudah benar saya masukkan ke jam tambahan di masing-masing kelas yaitu 2 jam, jenis guru yang saya pilih guru tik, tapi sampai saat ini masih bermasalah, jumlah siswa sudah melebihi 150. kira-kira dimana kesalahannya sehingga beban mengajar masih merah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perhatikan pada JJM rombel, pastikan pengisiannya sudah sesuai dengan struktur kurikulum berlaku. pastikan juga jjm maksimal tidak melebihi jjm maksimal kurikuklum. jika semua sudah benar berarti tugas ops sudah selesai tinggal sistem yang akan memvalidasi

      Hapus
  33. assalamualaikum.
    rekan operator, saya mau tanya mengenai permasalahan ini.
    ada 3 kelas yg tertulis di info gtk, bahwa kelas lintas minat tersebut 0 peserta. padahal di dapodik pengisian jumlah siswa sudah benar, jumlah siswa per kelas antara 25-29.
    ada yang punya solusinya? mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya operatoer SMA, saya sudah buat kelas Teori cara pengisian sudah benar awalnya JJM di kelas teori diakui tapi berubah sendiri menjadi 0 jam jadi bnayak guru yang kurang jam ngajarnya yang ngajar lintas minat

      Hapus
    2. Untuk kelas lintas minat saya belum mendapat info nya

      Hapus
  34. Jenjang simtun tidak sama dengan di dapodik, gimana solusinya pak, saya jenjang di sma, tapi simtunnya masuk dikdas, saya ngajar di dua sekolah induknya di sma dan non induk di smp, jam liniernya sudah diakui

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk jenjang yang lintas simtun sebaiknya berkoordinasi dengan pengelola simtun

      Hapus
  35. pak kenapa ya jam linier kepsek saya masih kurang padahal setelah saya cek kelas 5 & 6 terbaca 2 jam semua cuma yg kelas 4 dapodiknya sudh terbaca tapi diakui sama liniernya masih kosong itu menunggu proses atau ada sangkut pautnya dengan
    kelas 4 yg rombelnya ada 2 kelas atau karena kelas 4 kurikulumnya k13 beda dengan 5,6 yg ktsp.,,terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Periksa kembali struktur kurikulum k 13 nya, pastikan jjm tidak melebihi batas maksimal k 13

      Hapus
    2. gmna cara meriksanya saya masih kurang tau soal masih baru,jjm tidak melebihi jam maksimal

      Hapus
    3. periksa pengisian jjm nya,di atas ada struktur jjm kurikulumnya

      Hapus
    4. untuk kelas 4 jjm nya sepertinya tidak ada masalah karna tidak melebihi jam maksimal,apa pemilihan kelas anatara 4a dan 4b soalnya yg ulun isi jjm tambahan cuma kelas 4b, dan saya cek di info gtk masih edit dan menunggu proses selanjutnya

      Hapus
  36. Selamat pagi,
    sya oprator TK, prmasalahannya jam mengajar tdak linier / jjm rombel tdak normal.
    sdgkan di cek gtk t, dsana trtera Jumlah mrid krang mncukupi atau rombel pararel mlebihi ktentuan.
    Mhn solusinya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. JJM tidak normal bisa disebabkan karen pengisian JJM melebihi ketentuan, bisa juga karena jumlah siswa. jika karena jumlah siswa maka ikuti panduan pembuatan kelas paralel. biasanya jumlah siswa minimal 40 siswa baru bisa dijadikan rombel paralen. jika dibawah itu tidak boleh dijadikan paralel

      Hapus
  37. Siang pak,
    mohon tanya, permasalahan yang saya hadapi yaitu JJM dua guru di sekolah saya memiliki JJM pada dapodik sudah 24 jam akan tetapi saat di info guru, jam linier pada kedua guru ini masih 20 jam, kedua guru ini adalah guru IPS,.yang tidak terbaca yaitu JJM Wajib tambahan,.
    Guru yang I mengajar kelas VII dan VIII ,JJM linier mapel wajib dan wajib tambahan pada kelas VII A dan VII B Valid atau terbaca, sedangkan pada kelas VIII A dan VIII B, JJM wajib saja yang terbaca sedangkan Wajib tambahan tidak terbaca liniernya atau JJMnya 0,..
    sedangkan pada GURU II, mengajar kelas IX, JJM mapel wajib terbaca liniernya tetapi tetapi wajib tambahan tidak terbaca,.
    semua mapel wajib JJMnya 2 jam Pak.
    sehinggga yang saya tanyakan,
    1.). mengapa pada Guru I, mapel wajib dan tambahan wajib JJM liniernya pada kelas VII terbaca sedangkan pada kelas VIII dengan JJM yang sama yaitu 2 jam tetapi tidak terbacara JJM liniernya,.
    2.). pada Guru II dengan JJM 2 jam pada mapel wajib dan tambahan wajib jam liniernya tdak terbaca sedangkan pada Guru I terbaca dengan JJM yang sama,?

    maksih pak,. maaf banyak ditanya,.
    Catatan : semua kode mapel Guru I dan Guru II memiliki kode sama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastikan JJM maksimal tidak melebihi struktur kurikulum, pastikan kenormalan rombel. cek pada menu rombel di info ptk dan cari tahu kenapa pada rombel tersebut tidak linear

      Hapus
  38. sd saya kur 13,,untuk kep sek bid serti guru kelas,tugas tambahan mengajar pkn kls 4,5,6 masing" 2 jp,,tp hasilnya jjm linier 0,itu memperbaiki nya seperti apa pa?mkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk memperbaiki harus tau masalahnya, cek rombel pada info ptk, cek juga pada dapodik dimana salahnya

      Hapus
  39. Min minta bantuannya..misal mapel mtk dikelas 7 4 jam sesuai kurkulum.dan Mtk dikelas 7 ditambahi jam tambahan wajib 4 jam. Kemudian dihitung semua jam kelas 7 tidak lebih 36 jam. Apakah jam mtk dikelas 7 akan diakui 8 jam???mhon penjelasannya min

    BalasHapus
    Balasan
    1. memangnya di kenyataan rombel kelas 7 jjm matematikanya 8 jam? kalau tidak berarti itu akal2an. entrian jjm rombel harus sesuai dgn sk pembagian tugas, artinya jika struktur kurikuum 4 jam lalu diputuskan sekolah guru mapel tertentu boleh 6 jam maka kenyataannya juga harus 6 jam baru tidak akal-akalan

      Hapus
    2. Iy paham min..cmn contoh saja. Klo disekolah kami mtk 5 jam per reombel. Intinya 4 jam tambhan wajib bisa digunakan untuk semua mapel. Dg syarat max 4 jam dan tidak melebihi 36 jam per rombel? Gt kn min..

      Hapus
    3. iya, kalto mapel matemaika 4 wajib 1 atau 2 tambahan wajib masih agak wajar tp kalo mtk wajib 4 tambahan wajib 4 kan total 8 jam itu g normal. masa iya siswa belajar matematika hingga 8 jam per pekan

      Hapus
  40. Pa saya mau minta pencerahan data d ptk saya sudah valid tapi sktp sampai saat ini belum terbit, biasanya guru non pns d akhr maret sdh cair, kira2 permasalahanya apa ya pa? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastikan kembali data sudah valid dan layak diusulkan menerima tunjangan, jika data sudah valid maka data akan diusulkan oleh operator simtun kabupaten ke pusat selanjutnya diterbitkan sktp nya. jika belum terbit juga mungkin pada waktu penerbitan sk taham yang lalu data belum valid sehingga penerbitannya ditunda ke tahap selanjutnya

      Hapus
  41. Apakah ijzah ekonomi linear jika mengajr d SD ,, ptk nya masih non pns dn belum sertifikasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak linear, di sd hanya ada guru kelas, guru penjas dan guru agama. mungkin beberapa tempat ada muloknya, tergantung kabupaten masing-masing

      Hapus
  42. capek dibuatnya siang mlm cek blm liner juga..wali kls.pembinaan pramuka. pembina olahraga.piket..cari aman tahun depan cari sekolah lain aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Periksa kembali keteragan validasi tugas tambahannya, biasanya nomor 9e pada lembar info ptk. perhatikan keterangan yang menyebabkan jam tambahan tidak valid

      Hapus
  43. Pagi Pak. Saya OPS SD Kab. Sumbawa Barat NTB. Pak mhon pncerahannya. Dskolah sy da prmaslahan gaji pokok yang tlah terbit pada SK TP berbeda dgn SK Berkala. Gaji pkoknya brkurang dkrenakan msa kerja yg slah. Pak apa bs kta lakukan perubahan ajuan tunjngannya? biar bs pembyrannya rapel ma triwlan brikutnya?
    Mhon bantuannya Pak. Guru brsngkutan sdh cb buat konsul ma Ops Dinas. Cma dy blum ngasih solusi pak. Dya kurang tau ktnya Pak. Trima Kasig Sebelumnya Pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika sktp sudah terbit tentu menjadi riskan jika data di ubah-ubah, sebaiknya ptk secara mandiri mengecek kevalidan datanya di info gtk karena cek info gtk bukan bagian dari tupoksi ops. coba kordinasikan dengan operator Simtun Dinas setempat, biasanya operator dinas berbeda denga operator simtun

      Hapus
  44. pak saya sertifikasi TIk di SMP, masuk BK tik , data saya sudah valid, pda rasio/ guru TIk lebih dari 150 siswa, tapi pada verifikasi data tunjangan profesi pd beban mengajar dicentang merah tanda (x) membina di sekolah satmikal min 40 siswa pdhl jumlah siswa memnuhi gm solusinya, apa jumlah siswa digabung dg guru BK shg jml siswa jadi kurang, trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. SMP nya berapa robel yang K13? apakah semua rombelK13?

      Hapus
    2. SMP di tempat saya semua k13 dr klas 7 sampai 9 sehingga memenuhi syarat

      Hapus
  45. Sy mngajar fisika di SMA dgn K-13, jumlah rombel 15 (6 rombel IPA dgn rincian X,XI dan XII @ 2 rombel; dan 9 rombel IPS). Jmlh jam linear sy di info GTK 22 jam dengan tugas tambahan wakasek ( seharusnya JJM linear + tgs tambahan = 34 jam, tugas tambahan sampai saat ini belum valid). Ada 4 wakasek, 3 sdh tersertifikasi dan 1 belum. 3 wakasek yg tersertifikasi, yaitu:
    a. saya,
    b. 1 orang wakasek mengajar Pkn dengan jam linear di info GTK 42 jam (30 jam mengajar dan 12 jam tambahan, sudah terbit SKTP)
    c. 1 orang wakasek lagi mengajar kimia kasusnya sama dengan saya.
    Yang ingin sy tanyakan, bagaimana agar JJM linear sy dan teman saya cukup sehingga terbit SKTP? Apakah data di dapodik bisa diperbaiki dengan mendelete 2 wakasek lain, soalnya teman wkasek yg sdh terbit SKTP jumlah jam linearnya lebih dari 24 jam tanpa tgs tambahan dan teman wakasek satu lagi belum sertifikasi karena belum memiliki NUPTK. terima kasih atas penjelasannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya data ptk yang sudah sktp dikunci, untuk membuka kuncian bisa datang ke operator sim tun kabupaten dengan membawa syarat yang diminta. untuk sayarat bisa berkomunikasi dengan operator sim tun setempat. namun jika dilihat kurang jamnya kan cuma 2 jam, 2 jam itu bisa diambil dari jam tambahan lain semisal jam wali kelas atau pembina pramuka.

      Hapus
  46. mohon pebcerahannya pak,,sy ops smp..ada slah stu ptk yg jjmnya tdk linear krn klas 9d berjumlah 19 org sehingga sktp nya tidak terbit.tpi kls 9a berjumlah 21 org sehingga sy pindahkan 1 org ke 9d untuk mencukupkan 20 org.stelah sy cek di gtk trnyta jumlah siswanya nda berubah semntra data lain yg diperbaiki sdh berubh.apa mungkin jumlah siswa sdh tdk bisa lg drubah atw dipindahkan pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah-mudahan itu hanya proses yang belum selesai. namun bisa juga karena sudah ada yang terbit sktp sehingga jml siswanya sudah dikunci. Standar minimal jml siswa kan 20 per rombel, seharusnya jgn sampai ada jml siswa rombel paralel yang kurang dari 20 siswa

      Hapus
  47. salam..gimana cara mengatasi tugas tambahan kepla sekolah sertifikasi,jjm PKn jam max nya Kosong (0)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang bermasalah tugas tambahan atau jjm mapelnya? JJM max 0 itu di aplikasi dapodik kah?

      Hapus
  48. Saya sertifikasi pertama tahun 2008, mapel KKPI, tahun 2014 sertifikasi kedua teknik pendingin (kode 536), saat ini mengajar teknik pendingin, yang terbaca di info GTK kode sertifikasi masih yang lama, yaitu 322 dan 330. gimana cara merubahnya? padahal di dapo sdh diubah ke kode mapel teknik pendingin (536)

    BalasHapus
    Balasan
    1. periksa dapodiknya, pastikan data di update dengan data sertifikasi yang baru

      Hapus
    2. sudah di update dengan data sertifikasi yang baru....dan sudah sync tp masih aja yg muncul di infogtk kode yg lama.. apa prerl ke ops simtun prov atau Jakarta ya?trims

      Hapus
    3. Kapan update datanya, pastikan menggunakan dapodik 2017.b untuk permasalahan konversi mapel

      Hapus
  49. Di info GTK ada warning tanda seru kuning, nip beda dengan tanggal lahir? solusinya bagaimana? zebelumnya tanda silang merah, sdkarang berubah warning kuning.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo pd info gtk ada warna kuning masalahnya tidak berat perlu di perbaiki dan melaporkam ke bkd setempat dan menunjukkan hasil print info gtknya

      Hapus
  50. Pertanyaan sy,dapat validkah input data dapodik menggabungkan jjm pkn tk sma dan madrasah aliyah am mengajar linier,krn sampai sekarang jjm pd info gtk msh ada tanda silang merah mohon informasinya,,ke info gtk seblmnya trimaksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. SMA dan MA berbeda naungan, sumber datanya pun berbeda. biasanya tidak bisa otomatis nge-link. mungkin bisa kordinasi dengan pengelola sim tun setempat, apakah bisa diinputkan secara manual pada aplikasi simtun.

      Hapus
  51. mohom bantuan. KEPSEK sebagai guru BK. Bagaimana cara mengisinya di jam mengajar KTSP?? Apakah masuk j"Mapel Wajib Tambahan dengan 0 jam atau dimasukkan ke Mapel Tambahan dengan 0 Jam??

    BalasHapus
  52. saya data sudah valid, teman2x se sd sudah keluar sktpnya tinggal saya yang belum. setiap ditanya ke dinas,mereka selalu bilang tinggal menunggu,padahal dari kkeluar sk teman2x saya sudah hampir sebulan menunggu. dapodik saya tidak masalah, di info ptk juga hijau semua centangnya, tetapi sampai sekarang sktp blm jg keluar. saya sertifikasi 2012,sempat terputus karena tubel 2 tahun kemaren, semester lalu baru aktif.mohon dijawab min. makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika data sudah valid ya memang tinggal menunggu, penerbitan sktp kan tidak satu-satu melainkan bergelombang. artinya jika pada gelombang pertama belum terbit mungkin digelombang kedua. begitu seterusnya

      Hapus
  53. Selamat sore pak, pak teman saya baru terbit sktp pertanggal 22 april 2017 tunjanganny sdah cair 2 hari lalu melalui bank bni, sementara sy sdh terbit sktp dari awal april tapi blum ku jung juga cair tunjanganny melalui bank mandiri, mengapa terjadi demikian pak? Mohon penjelasanny, terima kasih pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditunggu saja, itu sudah diluar kemampuan kita

      Hapus
  54. Selamat malam pak mau tanya tentang permaslahan teman kami ,operator kami salam memsukkan jam rombel guruA ke guru B sehingga jam guru A berkurangseharusnya 27 jam menjadi 15 jam dan jam guru B berlebihan seharusnya 27 jam menjadi 39 jam. dan guru B sekarang sudah SK otomatis semua JJM guru B terkunci. Bagaimana cara mengembalikan JJM yang salah masuk tadi ke guru A.
    Kami sudah mengajukan permohonan ke operator Dinas Pendidikan kabupaten dan sudah kelihatan disinkronkan tapi kok yang linier masih 15 jam padahal jumlah jam sudah 27 jam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Proses di sistem kadang tidak bisa instan, perlu waktu. cek kembali penyebab tidak linearnya pada nfo ptk bagian rombel

      Hapus
    2. Makasih mas Fajar tentang infonya kalau dilihat pada info ptk ternyata guru B kuncinya belum terbuka dan terjadi 1 rombel ada 2mapel yang sama jadi muatan kurikulum tadak sesuai

      Hapus
    3. Sama-sama, semoga cepat terselesaikan permasalahannya

      Hapus
  55. slmt malam pak,maaf sblmnya sya mau tanya soal jumlah siswa yang ada pada masing2 rombel. sya minta solusi ttg rombel yang seharusnya 1 rombel 20 siswa, tapi karena sikon kami di papua jadinya masing2 rombel hanya 12 siswa atau tidak sampai 20 siswa.
    itu bermasalah dengan singkron yang tdk bisa.
    apakah ada solusi???
    makasih GB

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika kelas paralel maka jumlah siswa minimal 40 siswa, artinya per rombel minimal 20. jadi solusinya di dapodik dijadikan 1 rombel bukan dua

      Hapus
  56. Selamat siang pak,apakah mulai tahun ini tugas tambahan sebagai kepala perpustakaan dijenjang sekolah dasar sudah diakui pak? Dan klau memang demikian mengapa teman saya msh blm diakui pak tugas tambahanny sebagai kepala perpus ditingkat sekolah dasar, mhon pencerahannya pak, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Periksa kembali alasan kenapa jam tambahan ka perpunya tidak diakui, bisa di cek pada info ptk nya

      Hapus
  57. selamat siang pak. saya guru sertifikasi TIK. saya bimbingan TIK untuk siswa kelas X dengan jumlah 364 siswa. tanggal 28 April 2017 saya mengecek info GTK sudah keluar SK Tunjangan profesi saya. tetapi di tanggal 12 Mei 2017 saya coba mengecek lagi ternyata Sk Tunjangan profesi saya tidak ditampilkan lagi dan pada bagian Verifikasi Data Tunjangan Profesi untuk kolom beban mengajar ada pesan Tidak mengisi pembelajaran pada Dapodik dan dicentang silang merah.Mohon penjelasan kesalahan di mana ya pak. terima kasih pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Koordinasikan dg ops, periksa data terkininya di web dapodik. jika data di dapodik sudah benar bisa kordinasi dengan opertor simtun setempat

      Hapus
  58. Baik pak klau begitu, terima kasih untuk penjelasannya, untuk sekolah dasar tugas tambahan kepala perpus diakui y pak..trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesuai dengan lampiran 1 petunjuk teknis penyaluran aneka tunjangan tahun 2017, bagian pemenuhan jam mengajar guru pada halaman 7 poin b seharusnya diakui. juknisnya ada di atas. http://www.dejarfa.com/2017/04/juknis-penyaluran-aneka-tunjangan.html

      Hapus
    2. saya berstatus PNS tetapi di SKPT tertulis sebagai guru honor sekolah tolong penyelesaiannya

      Hapus
    3. Periksa pada aplikasi dapodik sekolah, jika data sudah benar periksa kembali data pada login operator di website dapodikdasmen. jika di kedua tempat itu data sama dan benar mungkin kesalahan ada pada data kepegawian

      Hapus
  59. kenapa yah nama ptk tidak bisa tersimpan pada mapel (pembelajaran) di dapodik 2017 v.c?

    BalasHapus
    Balasan
    1. direfresh, clear cache trus di input ulang, isi kolom isian dengan lengkap

      Hapus
  60. bang maaf mau tanya,,sya ada kendala jjm di dapodik sudah 24 jam tapi di gtk masih 20 jam,ketika ada keterangannya jam melebihi kurikulum, mohon penjelasan bang....

    BalasHapus
    Balasan
    1. JM pada rombel ada yang melebihi batas maksimal yg diperbolehkan berdasarkan struktur kurikulum. periksa pengisian pada rombel yg jjm yg bermasalah. perbaiki jjm nya, misal jjm smp ktsp maximal 36 jam (32 jam wajib + 4 wajib tambahan) jika diisi 38 jam maka jam melebihi batas maksimal kurikulum. baca di atas ada struktur kurikulumnya

      Hapus
  61. Pak mau tanya PTK di ssekolah saya jjm nya belum linear, mengajar 16 jam. tugas tambahanya sebagai Tim Pengembang Kurikulum, PTK mengajar sebaga guru IPS. sampai sekarang masih belum linear. Terimakasih, mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg tidak linear yang mana? kan jamnya cuma 16 jam?

      Hapus
  62. Pak mau tax, ada tmn sertifikasi dgn kode mapel 104 keterampilan, sdh diajukan untk konversi trus brp lama prosesx bs linear kode mapel trsbt. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di atas sudah cukup jelas prosesnya, lakukan seluruh prosesnya dan tunggu hasilnya. bisa cepat bisa lama karena proses di sistem biasanya butuh waktu

      Hapus
  63. Tanda silang merah sudah berubah jadi tanda seru kuning dan sktp sudah terbit 12 Mei... Apakah tpp bisa cair sebelum juni?

    BalasHapus
  64. Mohon maaf...sy sdh berkali-kali update data dapodik dan sdh sincron...tetapi setiap kali ada pembaharuan data di info gtk status masih belum valid (menunggu validasi/verfikasi)dgn permasalahn yg sama...tanda silang merah pada sekolah induk..(sekolah induk yang dipilih lebih dari satu)..padahal didapodik hanya satu sekolah induk...mohon penjelasan...terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah PTK tersebut mengajar di ebih dari satu sekolah?

      Hapus
    2. iya PTK mengajar lebih dari satu sekolah..2 sekolah sdh dicentang non induk..dan satu sekolah dicentang induk...di halaman validasi PTK melalui gtk jg sdh benar..hanya hanya satu yh diakui induk hanya pada kolom yang dicentang msh tertulis 0...bagaimana solusinya...?terima kasih

      Hapus
    3. Mungkin masih diproses, biasanya butuh waktu. terlebih jika lintas jenjang validasinya sedikit lebih lama.

      Hapus
  65. Di kls 4c diisi 2jp mulok b.inggris dlm jm wJib tambahab, hslnya LINIER (32 jp-msh normal). Lalu di kls 4d pd jjm wajib tambahan diisi 2 jp mulok b.inggris dan 2 jp Pkn utk kepsek Hasilnya 2 jp Pkn kepsek LINIER, ttapi 2 jp b.inggris hslnya 0 TDK LINIER. (34;JP-msh normal).Mohon penjelasannya pak mengapa ditempat yg sama yaitu jjm wajib tambahan kls 4c 2jp mulok b.inggris bs linier tetapi dikls 4d ada 2jp Pkn kepsek bs linier tetapi jam mulok b.inggris brubah jadi 0.Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Periksa bagian rombel, nanti akan ada penjelasannya. apakah kurikulumnya K13? kalau KTSP 34 jam tidak normal

      Hapus
    2. K13 pak..ketrangan yg muncul krn 2jp mulok b.inggris yg tdk linier td adalah JJM TAMBAHAN MELEBIHI 2 JAM. Mohon bantuanya pak...TKS

      Hapus
    3. Itu sudah tau jawabannya, JJM tambahan melebihi 2 jam.

      Hapus
    4. Y pak...di jjm wajib tbahan max.kan tambahannya 4 jam yaitu 2 jp utk Pkn kepsek dan 2jp lg utk mulok..Lalu knp muloknya tdk linier?pdhl do TP 2015/2016 diisi spt ini jg kedua mapel tsb sama2 linier. Apakah ada peraturan baru ttg tmbhan jan di jjm wajib tambahan ini pak?Apakh hny 2jp sj yg boleh di jjm wajib tambahan ini?Tks

      Hapus
    5. Sebenarnya tidak ada aturan yang baru tapi sekaran beberapa aturan diterapkan secara lebih ketat pada sistem validasinya. bisa dibaca pada komentar arisanty diatas.

      Hapus
  66. Sekolah kami melaksanakan K13 untuk kelas 1 dan 4. untuk memenuhi jjm kepala sekolah ( 6 jam ), sy mengimput kelas 3, 5 dan 6 mapel PKN untuk kepala sekolah. awlnya linier tetapi selang beberapa hari info gtk nya berubah, khusus kelas 3 keterangan nya jumlah rombel paralel melebebihi kentuan atau jumlah siswa tidak mencukupi. padahal siswa kelas 3 berjumlah 24 orang. mohon silusinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa tidak di kelas 4? biasanya JJM tambahan KS di kelas tinggi

      Hapus
  67. Maaf mau tanya data saya di PTK tidak terdaftar knp ya? Padahal di data dapodik sekolah dan pusat sudah muncul. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di atas sudah dijelaskan tentang data tidak ditemukan, silakan di baca

      Hapus
  68. permisi mau nanya mas,didapodik saya bermasalah...jjm linear guru yg bersangkutan sangat aneh sekali...seharusnya 24 jam namun tertulis diinfo gtk hanya 18 jam. setelah dicek dijakarta ternyata ada jam tambahan TIK tertulis dibeberapa rombel saya...namuun dirombel yg saya kelola jam tambahan TIK sudah tidak ada sejak sinkronisasi terakhir. perintah dari tim dijakarta menyuruh saya menghapus jam tambahan TIK yg sebenarnya sudah tidak ada didapodik saya... dan membuat saya heran, seharusnya jam tambahan TIK sudah tidak terbaca. mungkin mas ada solusi lain... tentang hal ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek info gtk, perhatikan pada rombel. periksa dengan teliti rombel dan mapel mana yang bermasalah.

      Hapus
  69. Mau nanya pak bagaimana jika sampai juni ini data msh blm valid apakah TPGnya akan hangus?apakah ada limit waktu penerbitan SKTP?bls

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya penerbitan SKTP dilakukan secara bertahap, artinya pihak P2TK secara terjadwal melakukan validasi data untuk menerbitkan SKTP.
      Semoga segera valid dan terbit, jika tak juga terbit bukan salah siapa-siapa karena guru harusnya melakukan pengecekan data di info PTK secara mandiri. Mudah-mudahan nantinya diakumulasikan di periode selanjutnya.

      Hapus
  70. Apakah Plt Kepsek tidak boleh dari sekolah induk pada dapodikdas? mohon pencerahannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh saja, sejauh yang saya tahu yang tidak boleh justru dari sekolah non induk karena di dapodik jabatan apapun itu tidak bisa di isi oleh ptk non induk, hal ini dibuktikan dengan di kuncinya inputan data rinci PTK pada guru yang non satmikal

      Hapus
  71. Saya mau bertanya Pak, saya sertifikasi di SMA dengan jumlah JJM 35 jam n SKTP keluar, tapi yang Jadi masalah Adalah SKTP saya sudah keluar tapi ada data yang belum valid dengan keterangan jjm di sekolah Induk kurang dari 6 Jam, sdah diperbaiki Oleh operator n disinkron sampai 2 Kali tp tidak bisa berubah. Mohon Informasinya apakah tidak bermasalah pada Tunjangan sy mengingat sebelum TGL 21 Mei jam semua data saya Sudah Valid..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin itu hanya sekedar peringatan karena PTK minimal 6 jam pada satmikal, jika sktp sudah terbit sepertinya JJM PTK dikunci oleh sistem sehingga tidak bisa di ubah lagi (bisa di cek di info ptk bagian cek kuncian rombel). Untuk membuka kuncian silakan menemui operator simtun dinas setempat.
      Untuk Tunjangan semestinya jika sktp terbit berarti usulan dari kabupaten telah disetujui pusat, mungkin tidak bermasalah

      Hapus
  72. Amiin Mudah2n Pak, terima Kasih informasi...

    BalasHapus
  73. ass..mau nanya disaat mengecek nilai rapot yang telah disinkron, untuk biodata siawa tidak bisa terbuka sehingga tidak bisa mengetahui apakah sudah terkirim keserver atau belum...mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin data belum masuk atau jaringan internet lambat, saya cek normal-normal saja

      Hapus
  74. Assalamu'alaikum wr.wb
    Saya mau tanya teman saya mengajar di SMP dan ikut sertifikasi tahun 2010 dengaan sertifikat MUATAN LOKAL LAINNYA dengan kode 063 yang saya tanyakan apakah boleh teman saya mengajar Muatan Lokal bahasa daerah mengikat pada K13 hanya ada satu mulok dalam satu rombel.mengingat sekarang guru harus masuk komunitas mapel dalam mgmp atau bagaimana solusinya.trima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk masalah kode bidang studi silakan ibu kordinasi dengan pengelola SIM Tunjangan kabupaten apakan bisa dan linear dengan mulok bahasa daerah. Sejauh ini untuk mulok akan diakui jika mulok tersebut di akui dan ada SK penetapan pengakuan terhadap mulok bersangkutan.

      Hapus
  75. Assalamu'alaikum WR. WB, Untuk SKTP yang sudah terbit, tetapi informasi keterangan status pembayaran masih kosong, apakah itu bermasalah pak? terima kasih mohon maaf

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam, Status pembayaran kadang update kandang telat uprate dan itu by sistem. Yang lebih penting SK nya sudah terbit, selebihnya cukup di tunggu mudah-mudahan tidak terkendala

      Hapus
  76. Assalamu'alaikum ...
    Saya OPS SMP, ingin bertanya, padda Validasi di bagian Rombongan Belajar terdapat seratus lebih Invalid dengan keterangan "Akumulasi jam dari jadwal (0) masih kurang dari jumlah jam/minggu (3) yg terdapat pada pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan yg diajarkan oleh guru a/n AHMAD HUSIN pada rombel: Kelas - Kelas 8.A" bukan hanya di kelas 8.A tetapi di semua rombel invalidnya seperti itu, padahal pada isian pembelajaran udah terisi semua dengan benar, gimana solusi perbaikannya, atas jawabannya saya ucapkan terima kasih/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba isi Jadwal Pelajaran dengan lengkap, lakukan langkah-langkah pengisiannya secara berurutan.

      Hapus
  77. Assalamualaikum ....
    Saya guru TIK smk non pns, sktp saya terbit tanggal 12 mei 2017, pada saat sktp saya terbit, semua verifikasi data saya centang hijau semua, beberapa hari kemudian beban mengajar menjadi tidak mengisi jam pelajaran sehingga ada centang merahnya. permasalahannya : sktp yang sudah terbit kemudian dibagian verifikasi data ada centang merahnya, apakah berpengaruh terhadap pencairan TPP? sehingga sampai detik ini TPP saya triwulan 1 dan 2 belum cair? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika sudah terbit SKTP maka jjm dikunci, bapak dapat berkordinasi dengan operator sim tunjangan kabupaten/propinsi setempat. Jika terkait pencairan, apakan hanya anda yang belum cair atau memang yang lain blm cair juga? (guru dengan mapel yg sama pada jenjang yang sama diwilayah sekitar)

      Hapus
    2. saya jawa timur kab. pasuruan, saya inpasing gol 3d, tetapi 2016 kemarin menjadi 2d, terus tahun 2017 ini gol menjadi 3d tp tahun kerja kosong (0), untuk yang bermasalah dengan inpasing, teman teman saya yang tw 2 belum cair pak, itu pak Bekti. Intinya yang inpasingnya tahun 2010 di tempat kami, blm cair tw 2 nya.

      Hapus
    3. Saya sendiri tidak paham, permasalahan disini terkait eror sehingga tidak terbit sktp

      Hapus