-->

Cara Daftar PPG 2018 (PPGJ 2018-2019 Tahap 2)

Cara Daftar PPG 2018 - Dirjen GTK Kemdikbud akan melaksanakan pendataan calon peserta pendidikan profesi guru dalam jabatan (PPGJ 2018). Merujuk edaran nomor 4184/B4/GT/2018 tentang Pendataan Calon Peserta PPG dalam Jabatan (PPG 2018 tahap 2) disebutkan bahwa Pendaftaran PPG 2018 tahap dua akan dilakukan mulai tanggal 17 Februari sampai dengan 3 Maret 2018 (diperpanjang hingga 31 Maret) dan terintegrasi dengan akun SIMPKB. Karenanya perlu dipahami Cara Daftar PPG 2018 tahap 2 (dua) berikut ini.
Edaran Pendaftaran PPG 2018 Tahap 2
Panduan Pelaksanaan dan Pembiayaan PPG 2018.pdf
Sehubungan dengan pendaftaran calon peserta pendidikan profesi guru dalam jabatan (PPGJ 2018), rekan-rekan guru sebaiknya memperhatikan dan memahami info terkait persiapan PPG 2018 tahap dua berikut:
  1. Calon Peserta PPG 2018 merupakan guru yg sampai dengan tanggal 31 Des. 2015 dan telah tercatat / terdata dalam aplikasi Dapodikdasmen terhitung tanggal 31 Juli 2017.
  2. Calon peserta PPGJ wajib memenuhi persyaratan administrasi dan akademik yang yelah ditetapkan Dirjen GTK Kemdikbud.
  3. Calon peserta wajib melakukan pendaftaran di akun SIM PKB masing-masing dengan memilih program studi PPG sesuai dengan Ijazah sarjana yang dimiliki. Apabila tidak linear maka besar kemungkinan ajuan akan ditolak oleh LPMP.
  4. Verifikasi dan validasi oleh LPMP akan mengacu pada keseuaian antara prodi PPG yang dipilih dengan ijazah sarjana yang dimiliki atau yang dilampirkan pada saat mendaftar.
  5. Calon peserta yang lulus verval akan ditetapkan sebagai peserta pretest PPG sebagai langkah awal agar lulus persyaratan akademis. Sebagai bahan pembelajaran boleh membaca Kisi-Kisi dan Contoh Soal Pretes PPG 2018.
Sebelum membahas tentang cara daftar PPG 2018, perlu diketahui bahwa pendataan calon peserta PPG 2018 melalui SIMPKB ini merupakan tindak lanjut dari Permen Nomor 19 tahun 2017 yang menyatakan bahwa Guru yang diangkat sampaidengan akhir tahun 2015 dan sudan memiliki kualifikasi sarjana (S1/DIV) namun belum memiliki Sertifikat Pendidik dapat memperoleh Sertifikat Pendidik (Sertifikasi) melalui kegiatan program PPG dengan kriteria persyaratan sebagai berikut:

Kriteria dan Syarat Peserta PPG 2018

Untuk menjadi calon peserta PPGJ 2018 di SIM PKB maka guru harus memenuhi syarat berikut:
  1. Belum memiliki sertifikat pendidik (Sertifikasi)
  2. Ber-status sebagai Guru (PNS, CPNS, Honor Daerah/GTY)
  3. TMT/Pengangkatan sebagai guru maksimal akhir tahun 2015
  4. Kualifikasi akademik Sarjana (S1/DIV)
  5. Peserta berusia maksimal 58 tahun pada tahun 2018 (paling tua kelahiran tahun1960 dan paling muda kelahiran 1995 dengan asumsi sudah sarjana/S1)
  6. Terdaftar dan aktif pd Aplikasi Dapodik serta SIMPKB (memiliki No. Peserta UKG)
  7. Tidak harus memiliki NUPTK
Terkait Persyaratan Akademis dan Administrasi dapat di baca secara utuh pada Persyaratan Calon Peserta PPG 2018
Pendaftaran PPG2018 dejarfa.com
Pendaftaran PPG 2018 Tahap 2

Cara Daftar PPG 2018

Apabila rekan-rekan memenuhi kriteria dan persyaratan tersebut, silahkan cek daftar nominasinya melalui aplikasi SIMPKB, dengan mengikuti tata cara daftar PPG 2018 di SIM PKB berikut ini:

Login Pendaftaran PPG di SIM PKB

Silahkan menuju halaman aplikasinya di SIM PKB atau app.simpkb.id. Masukkan Username dan Password yang rekan-rekan biasa gunakan. Jika belum memiliki akun atau tidak bisa login mungkin perlu membaca Cara Registrasi/Login SIM PKB

Periksa Undangan PPG 2018

Mendaftar PPG 2018
Mendaftar PPG 2018
Jika telah berhasil login aplikasi, sistem secara otomatis akan menyeleksi apakah anda termasuk daftar Nominasi Calon Peserta PPG 2018 atau tidak. Apabila terdapat menu kotak dialog undangan artinya anda termasuk kedalam nominasi dan dapat melakukan pendaftaran PPG 2018 melalui SIM PKB.

Apabila Bapak/Ibu tidak menerima undangan menjadi peserta PPGJ 2018 di SIM PKB, padahal sesuai persyaratan seharusnya terundang maka silakan periksa kesesuaian data dapodik dengan data SIM PKB.

Silahkan melapor ke Unit Layanan Terpadu di Formulir Pengaduan SIMPKB  atau ULT PKB. Jika data pada SIMPKB terdapat kesalahan silakan perbaiki di dapodik dan singkronkan. Silahkan baca Tidak Terundang PPG 2018 Tahap 2 (Penyebab dan Solusinya) untuk memahami lebih jauh penyebab dan cara mengatasinya.

Pendaftaran PPG 2018

Untuk mengajukan diri sebagai calon peserta PPG 2018 melalui SIM PKB, pilih tombol mendaftar pada kotak dialog tersebut. Pada halaman baru yang muncul, pilih tombol mendaftar sekarang. Selanjutnya, lengkapi data usulan di halaman formulir pendaftaran.

Daftar isian yang harus dilengkapi diantaranya Jenjang Mapel PPG, Bidang Studi PPG, Kualifikasi Pendidikan, Tahun tamat Ijazah Sarjana (S1); Jenis Studi pendidikan; Jurusan atau Program Studi; Fakultas serta Nama Lengkap Perguruan Tinggi Penerbit Ijazah. Jangan lupa untuk mengunggah File Scan Ijazah Asli dengan ukuran maksimal 1 MB dengan format PNG/JPG/JPEG).

Upload scan ijazah asli sebagai lampiran ajuan dan dasar verifikasi oleh LPLM, sebelum mengunggah pastikan filenya sudah dikompres ke ukuran lebih kecil. Jika formulir sudah diisi secara lengkap silahkan melanjutkan pendaftaran dgn memilih tombol Lanjut.

Terkait dengan ijazah sarjana yang dimiliki, ternyata banyak di sekolah guru bertanya mengenai linearitas ijazah dengan jam mengajar pada PPG 2018 ini, sebagai bahan pemahaman silahkan bapak/ibu unduh pedoman linearitas PPG dalam Jabatan di SIM PKB berikut.

Update:
Linearitas PPG 2018 bukan antara Ijazah S1/D.IV yang dimiliki dengan jenis tugas (mapel yang diampu) melainkan dengan prodi PPG yang dipilih. Jadi, linearitas itu ada dua yakni:
  1. Linearitas Program Studi PPG 2018 dengan Kualifikasi Akademik (syarat untuk bisa Ikut PPG)
  2. Linearitas Jenis Tugas (Mapel yang diajarkan) dengan Bidang Sertifikasi (Syarat untuk dapat tunjangan profesi).
Agar ajuan bapak/ibu tidak ditolak LPMP, mungkin rekan-rekan perlu membaca Daftar Linearitas PPG 2018.

Apabila ada keraguan dalam hal linearitas, silahkan langsung berkonsultasi dengan LPMP setempat untuk menghindari "DI TOLAK PERMANEN". Karena jika ditolak permanen kedepannya tidak dapat mengikuti PPG.

Periksa Kevalidan Data Diri

Setelah berhasil mengisi formulir maka akan tampil menu konfirmasi untuk memastikan bahwa saat melakukan pengisian formulir data yang anda isi telah sesuai dengan Ijazah. Periksa kembali data diri yang diisikan, jika sudah didaftarkan maka data tidak dapat diedit kembali. Apabila telah sesuai pilihlah menu DAFTARKAN. Jawab Ya pada kotak dialog yg tampil.
Isi Data Diri
Isi Data Diri
Sebagai catatan, saat mengunggah file hasil scan ijazah pastikan tampilan ijazah portrait bukan landscape (dapat disesuaikan dengan layout ijazah, intinya ketika dibuka filenya tulisan pada ijazah langsung bisa dibaca). Hal ini akan memudahkan verifikasi oleh LPMP karena jika lanscape/miring susah membaca filenya.

Cetak Bukti Pendaftaran PPG 2018

Selanjutnya, pada kotak dialog yg tampil, silakan pilih menu CETAK BUKTI AJUAN untuk mencetak surat Ajuan Pendaftaran Peserta PPG. Jika sudah mencetak surat ajuan, serahkan surat tanda bukti pengajuan tersebut kepada LPMP Provinsi setempat untuk dilakukan Verifikasi data. Info terbaru bahwa Surat Ajuan tidak perlu dikirim ke LPMP (Silahkan kordinasikan dengan dinas dan LPMP setempat).

Pantau Proses Verifikasi

Pantaulah perkembangan ajuan secara berkala lewat akun SIMPKB masing-masing untuk mengetahui apakan ujuan diterima atau ditolak sehingga perlu melakukan perbaikan kemudian mengajukan ulang. Untuk mengecek status pendaftaran PPG ada pada menu Prog. Pendidikan Profesi Guru.

Pengajuan Ulang PPG 2018

Pada menu penolakan nantinya disertai alasan penolakan sehingga dapat memperbaiki kesalahan dan melakukan pengajuan kembali dengan cara memilih tombol Batalkan Ajuan. Jika sudak membatalkan ajuan nantinya akan mengulang pengajuan baru, kemudian langkah yang sama seperti langkah-langkan cara daftar PPG di SIM PKB di atas.

Pengajuan Ulang Peserta Tidak Lulus Pretest 2017

Khusus guru yang tidak lulus pretes PPG tahap 1, saat ini sudah mulai diakomodir dengan menampilkan undangan. Undangan Pretes ulang periode tahap 2 tahun 2018.

JIka akan mendaftarkan diri sebagai peserta pretest ulang cukup memilih menu Daftarkan Ulang, data sudah merujuk pada pendaftaran sebelumnya. Namun jika ingin merubah juga bisa dengan memilih menu Edit Data.
Perlu diketahui bahwa Pendaftaran PPG 2018 di SIM PKB adalah syarat keikutsertaan guru dalam UKG 2018 yang menjadi baseline program sertifikasi guru kedepan (PPGJ), baik itu secara mandiri maupun dibiayai oleh pemerintah (PPG Bersubsidi / Gratis).

Tentu banyak dikalangan rekan-rekan guru yang bertanya apakah PPG 2018 gratis, bersubsidi atau bayar sendiri?. Admin sendiri membaca salah seorang admin grup guru bahwasannya PPG di SIM PKB nantinya yang membiayai adalah yang mengundang atau pemerintah. Semoga saja hal tersebut terwujud sehingga meringankan beban pembiayaan bagi guru peserta PPG 2018.

Apabila sesuai rencana, maka akan dilakukan seleksi atau pretest kepada calon peserta yang disetujui ajuannya pada tanggal 12 sampai 14 Maret 2018. Terkait lokasi tes dan lainnya akan diberitahukan kemudian. Terkait pelaksanaan Pretest PPG 2018, info terbaru akan selalu di update.

Untuk pembiayaan sendiri, setelah dikonfirmasikan ke pihak LPMP disebutkan bahwa besar kemungkinan biaya PPG melalui SIM PKB ini ditanggung oleh pemerintah pusat atau gratis sesuai jumlah kuota (Semoga benar adanya).

Terkait penyelenggaraan PPG 2018, secara utuh dapat diunduh pada panduan penyelenggaraan PPG yang dikeluarkan Ristekdikti di Atas.

Demikian ulasan sigkat tentang Cara Daftar PPG 2018. Jika rekan-rekan membaca cara daftar PPGJ 2018 di SIM PKB ini, Admin doakan agar usulannya diterima dan bisa ikut program PPGJ dan menjadi guru profesional yang tercukupi finansialnya.

186 komentar

dapat undangan ppg di sim pkb untuk biaya nya apakah dr pemerintah atau sendiri?

Tahapan pendaftaran pseserta PPG 2018 saat ini merupakan seleksi guru-guru mana saja yang layak dijadikan calon peserta seleksi PPG 2018 yang kemudian akan mengikuti ujian seleksi PPG. Jika lulus nantinya akan dipilah untuk diundang mengikuti pelaksanaan PPG tahun 2018.
Adapun apakan termasuk PPG bersubsidi atau mandiri belum ada informasi pastinya.

saya dapat undangan ppg d aim pkb, saya s1 teknik sipil akta IV fisika, mengajar di smp. saya mau mendaftar tapi krn yg di minta hanya ijazah S1, membuat jur saya tdk linear dg semua mapel ppg yg di tawarkan..apa yg harus saya lakukan? mnrt ket di atas saya harus mendaftar utk syarat ikut ukg 2017...mohon solusinya...krn d tempat saya banyak teman guru yg mengalami hal sèrupa...di krnkan tdk linearitas akibat ijazah akta tdk di minta...thank

Mengapa untuk ijazah s1 pendidikan bahasa inggris tidak ada? Ada kah yang bisa bantu menjelaskan?

Jika tidak linear besar kemungkinan ajuan akan ditolak, namun tidak ada salahnya untuk dicoba mendaftar menjadi calon peserta PPG. Setidaknya jika nanti ditolak kita jadi tahu alasan penolakannya. Standar verifikasi yang tahu LPMP, jika dekat dengan LPMP mungkin bisa bertanya ke LPMP setempat.

Apakah Kniya mengajar pada jenjang SD? Sejauh ini jika di SD memang struktur kurikulumnya yang sertifikasi guru kelas, guru pai dan guru PJOK (dibeberapa daerah ada mulok, namun mulok tersebut harus ada SK penetapan dari Pusat).

Min ketika saya sudah mengisi formulir knpa tidak ada pilihan cetak pembuktian pendafarn malah tampilan hitam yg keluar. Solusilah min

Periksa unggahan file scan ijazah, pastikan ukuran tidak melebihi 1 mb jangan juga terlalu kecil dibawah 100 kb. Selain itu pastikan semui isian telah diisi dan internet dalam kondisi baik dan lancar. Jika tetap tidak bisa mungkin perlu dicoba dilain waktu

Ismuhari Handycraft From Rattan delete 11/07/2017 06:55:00 AM

Selamat pagi, mohon pencerahannya pak. Saya sudah mengisi semua daftar dan mencetak nya. Tetapi ternyata ada sedikit kesalahan saat menulis nama fakultas nya. Harusnya pendidikan ilmu pengetahuan sosial tetapi tertulis pendidikan pengetahuan sosial. Bagaimana prosedur revisi data nya ya? Terimakasih.

Coba di cek pada menu Prog. Pendidikan Profesi Guru apakan bisa dilakukan pembatalan.
Opsi lain menunggu penolakan dari LPMP lalu batalkan ajuan dan mendaftar ulang

Min apa berpengaruh apabila tidak masuk kimunitas kkg?

Seharusnya berpengaruh, sekarang setiap guru wajib terdaftar di SIM PKB untuk segala keperluan termasuk Diklat, PPG dan Info GTK

Setelah mendaftar dan mencetak bukti pendaftaran ,apa tahapan selanjutnya pak?

Tahapan pendaftaran peserta PPG 2018
Pemberitahuan melalui akun SIMPKB, melengkapi formulir ajuan, menentukan bidangstudi dan mengunggah file scan Ijazah asli S1/D4.
Serahkan bukti ajuan ke LPMP untuk diverifikasi apakah ditolak atau dijadikan calon peserta seleksi PPG 2018.
Jika diterima selanjutnya akan mengikuti ujian seleksi PPG mulai tanggal 25-30 Nopember (Jadwal sementara dan lokasi akan diberitahukan kemudian)
Jika lulus seleksi, kemudian GTK pilah untuk diundang mengikuti pelaksanaan PPG tahun 2018

Pak di sim PKB saya, ada pemberitahuan saya tidak diundang karena saya tidak memenuhi syarat. Padahal harusnya saya memenuhi syarat. Setelah di cek ada kesalahan data dan sudah diubah. Bagaimana kita tau data terbaru kita sudah tersinkron atau blum??

Saya mau tanya. Kenapa ketiga daftar gagal terus ya? Ada tulisan jurusan telah dihapus.
Mohon bantuannya.

Untuk pihak guru hanya bisa mengecek pada server dapodik, jika sukses singkros didapodik data harusnya sudah benar. Jika di dapodik sudah benar selebihnya menunggu pengambilan data oleh SIM PKB dan guru hanya cukup menunggu prosesnya dan mungkin perlu waktu beberapa hari. Kabarnya jangan sampai lewat tanggal 18 November Perbaikan dan singkronnya.

Usahagan ketikamendaftar menggunakan PC/Laptop lalu periksa jaringan internet, pastikan baik dan lancar. Periksa juga linearitas Ijazah dengan Mapel yang diajukan.

Mau tanya mas bagaimana kalau setelah daftar ada kesalahan penguplodan izasah apakah bisa dibatalkan dan kemudian mengajukan kembali.

Bisa saja, namun guna menghindari hal-hal tak terduga sebaiknya kornidasi dengan dinas/LPMPsetempat apakan boleh ajuan langsung di batalkan atau menunggu penolakan LPMP terlebih dahulu. Biasanya beda tempat bisa berbeda kebijakannya.

Makasih pak... Berarti bisa ke dinas setempat yaa pak

SOLUSI MASALAH JURUSAN TIDAK TERDAFTAR MATPEL YANG ADA DI DAPODIK MATEMTIKA, IJAZAH S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA MOHON SOLUSINYA

Saya mau tanya. Kenapa ketiga daftar gagal terus ya? Ada tulisan jurusan telah dihapus.
Mohon bantuannya.

Silahkan dibaca pada dokumen Liniaritas PPG di Atas

Dicoba dilain waktu, pastikan linearitas mapelnya sesuai panduan linearita PPG 2018.

Apakah guru bisa mengecek sendiri di server dapodik? Karena ops di sekolah saya kurang aktif dlm memberikan info.

Bisa, asal di kasih username dan password dapodik

Min pembukaan ppg ini hanya untuk guru yg sdah mengajar ya? Bagaimana jika yg baru lulus mau ikut daftar ppg????

Bagi guru-guru yang sudah memenuhi kriteria dan persyaratan seperti yang tercantum di atas. Bagi guru yang belum memenuhi persyaratan bisa menunggu PPG tahun selanjutnya.

Min, kenapa saya sudah coba berulangkali tapi di fase akhir "daftarkan" selalu yg muncul "sedang diproses, harap tunggu..." terus. Sementara data sudah pas, Upload Ijazah 750kb, jaringan kencang. Mohon bantuannya Min...

Dicoba dilain waktu disaat bukan jam sibuk, biasanya server kelebihan beban sehingga menyebabkan pendaftaran PPG tidak berjalan seperti seharusnya.

mohon bantuan, kemaren saya dapat undangan sertifikasi di akun gpo saya , tapi karna printer rumah rusak jadi nunggu ngeprint di sekolah .. sekarang mau d print sudah tidak ada pilihan untuk data yang akan di print tadi .. mohon gimana caranya soalnya data print outnya akan dikumpulkan

Coba dicek pada status ajuan, apakah sudah selesai pengajuannya? jika sudah selesai terdapat menu batalkan ajuan, periksa apakah ada juga menu cetak ulang ajuan.
Info dari LPMP surat ajuan tidak perlu dikirimkan, mungkin ibu bisa kordinasi dengan admin LPMP.

saya juga mengalami seperti yang dialami ibu mila. ketika saya buka lagi yang tertera "Ajuan anda telah disetujui sebagai calon peserta PPG 2017" tidak ada "cetak bukti" .

boleh pilih jenjang yg berbeda dg tempat ngajar kita sekarang min ? krn di jenjang sekrng tdk linear ijazah saya

Pengajuan ditolak karena ijazah tidak linier apakah bisa melakukan pengajuan ulang?

Ketika selesai melakukan pengajuan data akan masuk ke LPMP, sepertinya data Ibu sudah disetujui sebagai calon peserta PPG 2018. Selanjutnya menunggu jadawl dan tempat pretest. Info jadwal pretest akan di sam[aikan melalui sim pkb, selalu pantau update terbarunya

Sepertinya basis datanya sesuai dengan sekolah induk, jadi jam sekolah induklah yang harus linear dengan ijazah dan mapel PPG

Bisa, namun jika ijasah memang tidak linear nantinya akan ditolak kebali

Pak, kalau ada yang TIDAK TERUNDANG padahal kriteria memenuhi, kemudian ajukan pengaduan. Nah, setelah itu, file apa saja yang harus diupload di dapodiknya ??? Soalnya dimninta GAMBAR data perubahan dapodik.

Mas kapan sertifikasi PPG ini kemungkinan dimulainya ?

Periksa kesalahan didapodik, jika ada diperbaiki lalu singkronkan.
Gambarnya gambar peubagan data dari sebelum dengan sesudah diperbaiki

Jika sesuai jadwal, tanggal 25 sampai dengan 30 November akan dilakukan pretest. Bagi mereka yang lulus pretest akan mengikuti PPG tahun 2018. Jadwal dan waktunya ditentukan kemudian

Update, linearitas PPG 2018 adalah antara ijazah dengan prodi pada program PPG bukan dengan jam mengajar di sekolah

Udate info: linearitas untuk PPG bukan pada jam mengajar disekolah melainkan antara ijazah dengan mapel PPG. Pilihlah mapel PPG yang sesuai/linear dengan ijazah untuk mendaftar

Gimana cara mendaftar ulang jika ajuan ppg di tolak karena ijazah tidak linier

Linearitas PPG antara ijazah dengan prodi PPG, pilih prodi PPG yang liniear dengan ijazah yang dimiliki

Pak bila sudah mengikuti lolos ppg 2018 terus pindah sekolah bagaimana??

Jika ajuan sudah diterima, fokus dulu pada kegiatan pretest dan post test PPG 2018 akhir bulan ini dan awal bulan depan.

Mas admin kpan akan ada penjaringan lagi mas? Karena ijasah saya pgsd masih 6 bulan lagi keluar trimaksh

Saya tidak terundang padahal sdhsemua syarat sdh terpenuhi ternyata karena ada yg belum di upload di dapodik... Sdh di sinkronkan dgn benar dan kirim pengaduan tgl sinkron jg sdh masuk di info gtk... Tapi kenapa masih belum terundang ya.... Bagaimanakah solusinya mohon pencerahannya.. Trimakasih

Mas sy sdh sukses sinkron... Di info gtk jg sdh berubah yg di sinkron serta tercantum tgl sinkron 7 november... Knapa belum terundang ya mz.... Mohon pencerahannya

Kelompoktandemcity delete 11/14/2017 02:01:00 PM

Mohon info nya min,
saya tamatan prodi Sistem Informasi S1,, kemudian mapel yg saya ampu adalah TKJ, di pilihan prodi sim pkb utk prodi Sistem Informasi tidak ada,, yang harus saya lakukan gimna ya min,,

Bagi guru yang belum memenuhi persyaratan dapat mengukui pendaftaran PPG pada tahun berikutnya (2018)

JIka sudah diperbaiki dan sudah disingkronkan dan mengadukan ke pengaduan PPG tinggal menunggu proses, asal singkron dibawah tanggal 18 November mudah2an terundang

Guru harus memilih prodi PPG yang linear dengan ijazah yang dimiliki, banyak guru sekolah lagi demi memenuhi linearitas mapel dengan ijazah

Apakah sudah mengajukan pengaduan di Unip Pelayanan terpadu? jika belum segera adukan jika sudah tinggal menunggu proses

bagaimana cara mendaftar lagi setelah ditolak karena ijazah tidak linier?

Batalkan ajuan lalu ikuti langkah-langkah pendaftaran diatas, pastikan prodi PPG linear dengan ijazah yang dimiliki supaya tidak ditolak kembali

Pa, mau tanya saya guru mulok bahasa inggris di SD. saya diundang ppg 2018. menurut bapak admin saya mendaftar atau tidak karena jurusan saya tidak ada.tks

Pastikan ada prodi PPG dengan Ijazah linear, karena linear di PPG 2018 antara ijazah dengan Prodi PPG. Sebaiknya tetap mendaftar siapa tahu ada kebijakan baru

Pak mau tanya sy guru tik kemarin sdh daftar jenjang smp tik tapi ad penolakan krn tdk sesuai dng ppg dlm jabatan, trus sy ulang mendaftar untuk jenjang smp sdh g ad tik jdi gmn pak cara sy daftar kembali untuk jur. Tik jenjang smp?

JIka sudah mendaftar dan ditolak maka lakukan evaluasi penyebab ditolak supaya pengajuan diterima. Mungkin perlu membaca pedoman linearitas PPG 2018

mhn pencerahan,,bhw sy dftr sktr tgl 10an,,tp smpai saat ini blm ad konfirmasi diterima atau ditolak.
terus bila dlm kondisi ini sy batalkan ajuan utk mengganti mapelnya bs apa tdk ya pak.mksh

Jika sudah berhasil mendaftar, tunggu saja persetujuan dari LPMP. Jika dibatalkan lalu daftar lagi dengan mapel yang lain, pertanyaannya adalah mengapa memilih mapel lain? PPG mensyaratkan ijazah harus linear dengan mapel PPG.

pendidikan agama islam tidak ada dalam pemilihan bidang studi ppg,mohon solusinya

Untuk guru PAI, PPG dan sertifikasi mengikuti kebijakan PPG kemenag.

Unip pelayanan terpadu itu dmn ya pak... Ada nomer yg bs dihub???

ada bu, tingalkan email nanti saya kirimi

Jika S1 saya Teknologi Pertanian tetapi S2 Pendidikan Matematika, saya mengajar 2 mapel linear. Tetapi mapel matemata lbh banyak jumlah jamnya dari pertanian. Apakah bisa PPG berdasar ijasah S2?

Jika merujuk daftar linearitas mapel PPG ijazah yang di linearkan ijazah sarjana, (mungkin karena blm banyak yg S2). Sebaiknya langsung kordinasi dengan LPMP setempat agar pilihannya tidak menimbulkan kesalahan dikemudian hari

Min mau tanya saya baru lulus namun telat kmrin ketinggalan info hibah ppg, kira2 ada atau tidak ya ppg yg bayar sendiri, atau ada pndaftara ppg lg kapam ya min. Terimakasih

Apabila saat ini belum terundang, bisa mengikuti pendaftaran PPG tahun selanjutnya (PPG 2019).

Pak, mau tx, saya dapat undangan di sini PKB beberapa hari lalu.
Tapi lupa daftar.
Apa harus nunggu lagi tahun depan atau gmna pak?

Pendaftaran tahun ini sudah ditutup tanggal 20 Nopember, jika belum mendaftar sepertinya harus menunggu tahun depan. Selalu pantau akun sim pkb karena program terkai guru sering diinfokan melalui sim pkb

Yudista Witraguna delete 11/27/2017 12:59:00 PM

Admin, saya dapat undangan tapi ada kesalahan input di dapodik. TMT seharusnya 2016 tapi di dapodik TMT 2006. Apakah tetap boleh ikut seleksi?

Jika TMT 2016 maka tidak memenuhi syarat sebagai calon peserta PPG. Di atas ada syaratnya

bagaimana menghubungi LPMP, apa kiranya kebijakan kedepan untuk kualifikasi S2 namun belum bisa ikut PPG 2017 karena tidak terundang di sim pkb? sinkronisasi sudah terlambat karena operator sekolah sangat sibuk meladeni seluruh guru2 yang komplain..apakah ada program apresiasi seperti halnya PLPG angkatan terakhir kemarin y maz bekti?mengingat studi S2 lebih lama (2tahun) dan rumit dengan biaya yang sangat besar, berbeda dibandingkan guru baru yang TMTnya sama dengan saya,,mohon pencerahannya, suwun :)

Bagi yang tidak terundang PPG 2018 dapat menantikan program serupa tahun selanjutnya. Mereka yang terundang tentu karena memenuhi persyaratan seperti yang sudah disampaikan di atas.
Untuk konsultasi dengan LPMP bisa langsung ke LPMP. Jika berkenan tinggal kan email nanti saya kirim kontak LPMP

apakah kualifikasi S2 nantinya teta harus mengikuti PPGJ dan membayar secara mandiri? bagaimana jika operator tidak memberitahukan dan tidak mengijinkan untuk merubah data pada mengijinmkan

Info terkait PPG dan pendaftaran kan lewat akun sim pkb guru, tidak melibatkan operator. Terundang atau tidak kan yang tahu guru masing-masing karena akses sim pkb kan personal milik guru

Mas apakah kuota PPGJ 2018 ini kuotanya hanya untuk 20.000 an guru saja ? bagaimana dengan guru yang tidak lolos pretestnya ?

Guru yang terundang mengikuti seleksi calon peserta ppgj 2018 sekitar 500rb, sementara kuota peserta ppg-nya saya belum dengar kabar pastinya. Guru yang tidak lulus pretest mungkin akan pretest lagi tahun berikutnya

Assalamu'alaikum...Ajuan saya di tolak karena salah kirim scan ijazah...kebetulan saya tau informasinya mendadak dan hanya punya scan ijazah fotocopy yang telah berlegalisir...apakah saya masih bisa ikut PPG tahun ini??? Apakah bisa lapor langsung ke LPMP??? Terima kasih.

Saya dapat undangan untuk daftar peserta ppg. Saya daftar tgl 20 nov tapi seperti tidak terkonfirmasi dan saya tidak masuk peaerta ppg. Bagaimana kalo gtu ?

Pendaftaran ditutup tangal 20, bagi yang belum mendaftar sepertinya harus menunggu tahun pendaftaran PPG 2018/2019

Mungki sudah terlambat mendaftarnya, jadikan pengalaman bahwa dengan adanya sim pkb guru harus secara mandiri memeriksa data individunya, salah satunya terkait undangan PPG. Karena usulan mungkin terlambat maka dianggap tidak mendaftar atau ditolak pendaftarannya dan harus menunggu tahun selanjutnya

bagaimana jika diundang pretest PPG padahal saya sudah pindah sekolah, tentu status kepegawaian dan TMT saya berubah juga, dan saya sudah mengikuti pretest. bagaimana solusinya pak?

Tidak bagaimana bagaimana, nyatanya ajuan nya diterima oleh LPMP. Soal TMT sepertinya Tanggal Mulai Tugas sebagai guru pertama kali

Slmat malam pak. Mau tanya, adkah solusinya, saya menerima undangan di SIM PKB, tpi karena saya jarang membuka, akhirnya saya telat (keterlambatan informasi) dan saya tdk bisa mengajukan karena pendaftaran sudah di tutup bagaimana solusinya nggih, untuk mengikuti susulan. Terimakasih

Jika terlambat daftar bisa mendaftar pada PPG 2019 tahun depan jika mendapat undangan lagi.

Gmn yaa pak... Saya tidak mngikuti pretes ppg... Apakh saya otomatis tdk bisa ikut untuk ppg dalam jabatan

Pak..utk guru kualifikasi S2 bgmna pak, di pendaftaran tdk ada kualifikasi S2..mhon infonya pak.
Trims

Jika tidak ikut pretest sama dengan tidak mengerjakan soal. artinya tidak ada nilainya, kalau tidak ada nilai berarti tidak lulus pretest dan tidak akan diundang PPGJ 2018

Sepertinya untuk S2 sama saja. jika diundang kemudian mendaftar lalu ikut pretest. Jika lulus akan diundang PPGJ 2018

Pak, sebelumnya saya mengajar di jogja sampai 2017.lalu pindah ke lampung, dan kemarin dapat undangan pretest ternyata lolos. Disitu tapi data saya masih sekolah lama yang di jogja. Itu untuk pemberkasan berarti saya harus di jogja atau bandar lampung? Terima kasih atas jawabannya.

Izin bertany Pak.
Pada saat pendataan calon peserta pre test PPG tidak diwajibkan memiliki NUPTK. Kenapa setelah ada hasil pre test, untuk ikut PPG dalam jabatan harus ada NUPTK? jika sudah lulus, tapi belum memiliki NUPTK bagaimana? mengingat, untuk menerbitkan NUPTK saat ini prosesnya sangat lama.
Terimakasih

Mohon di bantu. Agar kami yg sudah S-1 bisa ikut mendaftar yg blm pernah mengajar di karenakan tdk ada peluang mengajar di sekolah-sekolah, terimakasih

LAngsung berkordinasi dengan dinas setempat saja atau ke LPMP

Memang begitu, bagi yang lulus akan diberikan NUPTK

Jika blm mengajar mendaftarnya melalui PPG Prajabatan ristekdikti, kalau PPG dalam jabatan khusus yang sudah mengajar

Learning everything delete 2/19/2018 03:12:00 PM

mohon dibantu min. izasah saya s1 bahasa inggris tp sekarang sedang mengikuti kuliah lagi agar linear karena saya mengajar jadi guru kelas di SD. apakah saya harus memilih jadi guru kelas atau guru b.inggris ya. soalnya ketika memilih guru kelas tidak ada pilihan pendidikan b.inggris. trmksh

Min, kalau saya ganti mapel karena mapel yang lama tidak linear bagaimana??
Apa saya harus merubah semua data mapel di dapodik dan gabung dengan mgmp yang akan saya pilih?

Jika masih kuliah lagi berarti blm punya ijazah, jika blm ada ijazahnya lalu apa yang mau diunggah sebagal bahan verifikasi oleh LPMP? Linearitas PPG antara prodi PPG dengan Ijazah sarjan. selengkapnya dapat dilihat pada linearitas mapel PPGJ

Mapel di dapodik adalah mapel yang diajarkan beda dengan mapel PPG. Mapel PPG tidak harus yang diajarkan namun harus linear. Jika di dapodik dirubah ke data yang bukan FAKTA berarti memalsukan data

saya ikut pretest tahun 2017 kemarin, dan diundang ikut pretest ulang, tapai pada saat mendaftar ulang kolom prodi tidak muncul, tapi saya simpan saja, setelah saya cetak bukti ajuan ada kesalahan pada data ijazasah yang dimiliki pada kolom prodi tertulis pendidikan bahasa dan sastra indonesia harusnya pendidikan bahasa inggris.. mohon saran apa yang harus saya lakukan untuk merubah data di kolom prodi

Jika belum diverifikasi LPML masih bisa di batalkan Ajuan. Lalu perbaiki ajuannya

Permisi mau tanya. Ijazah saya posisinya sdh landscape, apakah tetap landscape saja supaya mudah untuk dibaca atau di miringkan menjadi potrait? ? Terimakasih

perguruan tinggi ijazah tidak ada di referensi dikti pada pendaftaran program ppg

Tetap saja, intinya kalau dibuka file nya langsung bisa terbaca tulisannya.

Sebaiknya berkordinasi dengan LPMP setempat agar tidak salah

Min saya mau bertanya sim pkb saya terdaftar sebagai guru mtk. Tapi saya pindah mapel dskolah jadi biologi terus saya rubah sim pkb jd guru biologi hanya saya belum terdaftar di mgmp. Apakah berpengaruh utk ikut ajuan undangan ppg? Saya s1 biologi min. Makasih

udah-mudahan tidak, tapi secepatnya di urus ke komunitasnya. Minta ke ketua komunitas mtk ntuk mengeluarkan dari komunitasnya, jika sudah minta ke ketua komunitas biologi agar dimasukkan sebagai anggota komunitas

min, maksudnya upload ijasah harus portrait agar mudah dibaca itu gimana?
bukankah ijasah S1 itu layoutnya landscape, dan lebih mudah dibaca kalau landscape?
berbeda dg ijasah sd smp sma yg layoutnya portrait.

Disesuaikan dengan layout ijazah yang dimiliki, jika landscapa ya landscape. intinya ketika file dibuka tulisan pada ijazah langsung bisa dibaca. Kala LPMP jika tidak demikian verifikator LPMP harus miring-miringin kepala jadi aga ribet kalau harus miring2 meriksa ratusan bahkan ribuan ajuan.

apakah ada biaya jika mengikuti PPG? katanya yang gratis cuma mendaftarnya dan selanjutnya biaya sendir betul demikian?i. apakah

Kabarnya biaya transport, akomodasi ditanggung sendiri. Yang ditanggung biaya pendidikannya, itupun ada kuotanya.

Mohon bantuannya, saya belum cetak bukti pendaftaran PPG, bagaimana cara mencetaknya, karena pilihan untuk cetak bukti PPG sudah tidak ada lagi?

Jika sudah selesai mendaftar dan lupa cetak buktinya tidak masalah, bukti pendaftaran / ajuan otomatis sampai ke LPMP secara digital

halo pak.. suami saya ngajar Fisika SMA, ijazah Teknik elektro. kalau saya masukkan prodi PPG yg diajukan sesuai ijazah (linier prodi PPG dengan ijazah), apakah nanti suami saya bisa mengajukan sertifikasi, mengingat suami mengajar fisika (tidak linier dengan ijazah). Mohon pencerahannya. terima kasih.

Pendaftaran PPGJ harus linear dengan ijazah jika tidak akan ditolak permanen. jika ditolak permanen tidak bisa lagi ikut PPG.
Jika setelah menikuti PPGJ dan memiliki sertifikat pendidik agar mendapat tunjangan sertifikasi maka harus mengajar sesuai dgn sertifikat yg dimiliki (Linear sertifikat dgn mapel yg diajarkan).
Selengkapnya bisa dibaca pada Daftar Linearitas PPGJ dan sebaiknya mengajarlah sesuai ijazah yg dimiliki supaya tidak terjadi hal-hal yg tidak diinginkan dikemudian hari

Pak minta tlong, utk pembuatan sim pkb thu gmna?

Caranya sudah dipaparkan, silahkan dibaca pada artikel diatas ada kalimat Cara Registrasi/Login SIM PKB

Jika mendapat undangan ppg tapi saya masih kuliah blm ada ijaza s1 lalu bagaimana cara mendaftarnya?

Tidak perlu mendaftar, kan syaratnya sudah jelas sarjana

pa saya sudah mengajar di sd tetapi ijazah saya s1 bahasa inggris.sedangkan di sd tidak ada daftar guru b.inggris. apa saya harus memilih jenjangnya smp? bagaimana ya pa? mohon pencerahannya

Memang tidak ada bahasa inggris dalam struktur kurikulum SD, di SD hanya ada guru kelas, penjas dan PAI (beberapa daerah ada mulok). Jika ingin ikut PPG maka mendaftar sesuai ijazah sarjana yg dimiliki, karena jika tidak sesuai / linear nantinya akan ditolak.

berarti pa saya harus pindah sekolah dulu ke smp?

Sejauh pemahaman saya, Untuk daftar PPG tidak perlu pindah sekolah karena linearitas PPG antara Prodi PPG dengan ijazah sarjana yang dimiliki. Lain cerita dengan kelayakan mendapat tunjangan linearitasnya sertifikat pendidik dengan mapel yang diajarkan. Mungkin nanti jika lulus PPG dan bersertifikat pendidik bahasa inggris perlu mengajar di sekolah lain agar memenuhi persyaratan linearitas tunjangan profesi. Agar tidak salah jalan, sebaiknya ibu konsultasi dengan LPMP setempat.

Mas gimana ya solusi nya kemaren saya salah masukin linearitas ijazah dengan jurusan PPG, di akhir ada pemberitahuan di tolak permanen karena sebab ijazah tidak linear apakah itu tidak bisa di perbaiki ya mas.. kalo ada bagaimana ya cara nya

Info dari LPMP, jika ditolak permanen artinya tidak bisa lagi daftar PPG sampai ada aturan baru. Untuk kepastiannya silahkan berkordinasi dengan LPMP setempat.

Jika selama ini mengajar di jenjang SD tapi mendftar di PPG jenjang SMP apa boleh ya ? Beberapa teman mndftarnya bgitu.

Pendaftaran PPG boleh lintas jenjang asal linear dengan ijazah S1.

tapi mas ketika saya mau daftar saya pilih jenjangnya sd tp ga ada bahasa inggris jd saya bingung mau daftarnya.

Memang tidak ada, untuk lengkapnya bisa di baca linearitas PPG di atas.Lengkap sema jenjang

Maaf pak mau tanya. Kalau TMT januari 2016 tp mendapat undangan PPGJ dan lulus pretest PPGJ. Apakah nanti bisa terpanggil untuk mengikuti PPGJ ya pak ? Mengingat ada syarat TMT max. 31 Des 2015. Sedangkan lulus pretest tp tmt januari 2016.
Trimakasih sebelumnya pak.

Mohon Solusi bagi guru honorer di SMK negeri bagaimana? 8 tahun saya mengajar d SMK swasta. Tahun ini ialah tahun ke 2 saya mengajar di SMK negeri. Administrasi saat upload aman. Hanya kami para honorer sekolah negeri pesismis mengingat ada teman kami lolos seleksi ppg 2018 tahap 1 namun mentok saat kelengkapan SK kepala dinas pendidikan dalam hal ini Kepala dinas pendidikan provinsi. Terimakasih

Dalam Edaran Pendaftaran PPGJ memang disebutkan demikian, "Bagi Guru bukan PNS di Sekolah Negeri wajib dibuktikan dengan SK Kepala Daerah atau Kepala Dinas selama 5 tahun terakhir

TMT 31 Desember 2015 merupakan syarat administrasi PPGJ 2018 tahap 2, jika tidak memenuhi syarat administrasi besar kemungkinan akan terkendala nantinya

masih ada periode (2019) berikutnya tidak pak? kebetulan saya terlambat mendaftar.

Min,,sya sudah cetak bukti di hp,, trs hp sya hilang min,,, trs mau lihat lg di GPO kok gak bisa ya min?? Tolong buat pencerahannya

PPGJ Direncanakan hingga tahun 2022, nantinya semua guru harus lulus PPG

Menu cetak bukti ajuan akan hilang kalau sudah disetujui LPMP

Maaf pak. Kalau sudah ditolak permanen karena waktu mendaftar saya daftar mapel IPS. Dan saya mengajar juga IPS di SMP. Tapi ijazah Ekonomi Manajemen dengan akta 4.
Jadi bagaimana ya? Apa harus berhenti mengajar dan pindah cari di SMA atau bagaimana?

Kabarnya kalau sudah ditolak permanen tidak bisa lagi daftar pada tahap selanjutnya, mudah2an salah. Linearitas PPG kan antara mapel PPG dengan ijazah bukan jam mengajar dng ijazah

Mohon pencerahanya mas..
Saya tidak tahu terdaftar atau tidak untuk seleksi PPGJ 2018 kemarin karena saya tidak membuka akun GPO saya kemarin..
Saya baru membukanya tadi setelah teman2 saya mendapat undangan tes PPGJ 2018 dan setelah saya login memang untuk pendaftaran PPGJ 2018-2022 sudah ditutup..
Apakah saya harus menunggu lagi sampai tahun 2023??sedangkan saya sudah memenuhi persyaratan seperti teman2 saya??
Mohon penjelasanya
Terimakasih..

Tunggu pendaftaran selanjutnya, kemungkinan akhir tahun 2018 seperti tahap 1 tahun 2018 pendaftaran akhir tahun 2017

min, sy jurusan b. inggris ngajar di 2 sklh :di sd negeri dan di smp swasta. skolah induk sya yg d sd. jadi d dapodik ,saya terdaftar sbg guru kelas. karena mlalui skolah sdnya sy tdk bsa daftar ppg, mka sya masukkan lwt smp. terus waktu pilih status kepegawaian saya pilih GTY(guru tetap yayasan) dan sdh kluar surat pengantar ujian pre tesnya. apakah itu ga jdi mslh nnti min?

Jika nanti lulus pretest dan PPG maka akan memperoleh sertifikat PPG sesuai yang diajukkan pada ajuan PPG. Jika sudah dapat sertifikat profesi (B. Inggris) maka harus memenuhi jam 24 jam B. Inggris dan linearnya di SMP atau SMA sederajat agar bisa dapat tunjangan sertifikasi. Kurang lebih begitu gambarannya.

Saya sudah punya sertifikat pendidik tapi saya dapat panggilan PPG kembali, bolehkah saya abaikan? Atau perlu saya ikuti kembali?

Tunggu instruksi saja, beberapa waktu lalu memang diminta verval. entah kenapa lalu diminta di abaikan, sekarang blm ada instruksi lagi

maaf mau tanya,, saya kan ketinggalan informasi mengenai ppg krnah tahap 1 saya tidak mndapat undangan ternyata ada tahap 2 tenyata dapt undangan di simpkb, tpi pas buka pndaftaran sudah tutup apakah ada kesempatan mendaftar lgi di tahun depan 2019

Mudah-mudahan masih diundang, jangan sampai ketinggalan info lagi. Periksa secara berkala akun sim pkb nya

Mau tanya, saya kan ngajar di SMA tp kurang jam untuk memenuhi 24 jam. Yang mau saya tanyakan apabila lulus PPG nanti apakah boleh menambah jam ke SMP, sedangkan sekolah induk saya SMA mata pelajaran bahasa inggris?

Bisa saja selama masih linear, karena berbeda jenjang (Dikmen dan Dikdas) biasanya perlu waktu agar data dari dua sekolah jadi valid, kadang perlu juga pemberkasan manual untuk jam tambahan di luar jenjang agar

kalo sudah diterima pengajuan ppg, adakah persyaratan yang harus dipenuhi lg pak? atau tinggal menunggu pretest nanti?

Tunggu pretest, untuk pendaftaran tahun 2018 kemaren sudah bulan mei

Kalau tidak lulus2 jg pretes ppg sampai tahun 2022 selanjutnya bgmna y pak? Apkh bsa sekolah profesi dg biaya mandiri?

Jika begitu maka guru bersangkutan dinyatakan tidak layak mengajar, kabarnya begitu

Min, saya lulus pretes ppg yg semester 2 tahun 2017...baru tau kabarnya kmrn.cuma blm ada kabar dr skolah mengenai prosedur apa yg kemudian hrs saya penuhi..mohon infonya min...terimakasih

Jika tidak lulus tes PPG Mei 2018 apa masih ada tes PPG selanjutnya??

Saya guru sd mengajar pjok di sd tapi ijazah saya pgsd dan kemarin lulus pretes bulan mei.apakah untuk pemberkasan administrasi ada pengaruhnya antara mapel pelajaran dengan bidang studi ppg.dan untuk sk dinas dimulai dari tahun berapa pak? Mohon infonya

maaf mohon pencerahannya sy ngajar di SD dan smk namun karena ijasah tdk linear di sd dalam pengajuan pretes mengajukan sesuai ijazah yaitu MATEMATIKA jenjang smk ALHAMDULILLAH sdh lulus pretes, terus yg sy taxkan persyaratan berkas ikut yg negeri apa swasta? krn smk saya swasta
🙏

Saya mau tanya... Saya kan lulus pretest PPG yang Mei 2018.. Saya baru tau agustus ini. Karena pas cek2 awal agustus belum juga ketauan hasilnya. Kenapa tidak sesuai jadwal yg tertera.. Saya takit ketinggalan untuk daftar ulang. Apa skrg saya sudah tertinggal?

Min..berapa kali kesempatan mengikuti pretest?bagaimana klo sudah 2 x pretest tp g lulus..adakah kesempatan utk pretest lg?mksh

Maaf mau tanya pak. Saya jurusan bahasa inggris, ngajar bahasa inggris juga di sd. Kemarin dapat undangan ppgj tahap ke2, mei 2018. Nammun karena tidak ada mapel bahasa inggris, saya pilih guru kelas. Di dapodik saya juga di daftarkan sebagai guru kelas. Alhamdulillah kemarin saya lulus pretest. Saya baru tahu kalo kelinieran ppg adalah antara ijazah dengan bidang study ppg. Kalo saya sya tahu saya akan pilih bidang study bahasa inggris di jenjang smp. Mohon sarannya pak. Apakah saya bisa mengganti program study ppg saya? Bagaimana caranya?
Jika saya lulus ppg dengan bidang study guru kelas, padahal ijazah saya bahasa inggris, apakah tunjangan sertifikasi bisa saya dapatkan?

Dear admin..saya sudah lulus pretest ppg kimia jenjang sma agustus ini, tapi saya sudah pindah ke smk, apakah ini akan bermasalah nantinya?karna di smk tidak ada kimia umum..yg ada ada adalah kimia kejuruan misal kimia (teknologi dan rekayasa), ini yg saya masukkan pd saat perubaha stminkal kemaren..mohon pencerahannya..terima kasih

min kmrin thap satu sya sdah pernah terundang ppg dan mengikuti pretes namun tahap ke 2 saya ketinggalan mendaftar ulang,Apakah th berikutnya saya akan mndapatkan undangan lagi apa tidak?

Saya sudah 2 kali melakukan pretes ppg, tp blm lulus, terus apa kemungkinan saya di tahun depan di undang lg untuk pretes ppg lagi pak, mohon penjelasanya

Selamat malam.Isteri saya lulus pretest PPG thn 2018(Bln Mei) terus sudah pemberkasan ke dinas kab/kota tgl 30 juli 2018
Permasalahannya
Isteri sy terlambat registrasi dan tdk konfirmasi
Apakah isteri sy masih berpeluang untuk mengikuti PPG tahun berikutnya?mohon penjelasannya pak

Selamat malam.Isteri saya lulus pretest PPG thn 2018(Bln Mei) terus sudah pemberkasan ke dinas kab/kota tgl 30 juli 2018
Permasalahannya
Isteri sy terlambat registrasi dan tdk konfirmasi
Apakah isteri sy masih berpeluang untuk mengikuti PPG tahun berikutnya?mohon penjelasannya pak

saya th 2017 sdah pernah mndpat undgan ppg dan ikut pretes nmun lum lulus,th 2018 jga mndpat undgan lgi nmun saya telat mndaftar,apakah th berikutnya saya masih akan diundang lagi atau tidak karna kslahan telat mndaftar th 2018.apa itu berpengaruh...apa saya nantinya msih bisa mengikuti ppg lagi utk kedepannya?

Mohon pencerahannya untuk PPG yang lulus bulan Mei 2018 sudah ada undangan atau belum??

Maaf saya mau tanya klo dah lulus pretest Mei 2018 gmn LG kelanjutannya...

Pak, sy guru bahasa Inggris SD dan dinyatakan lulus pretest PPGJ 2018 mapel bahasa Inggris. Apakah saya bisa mengikuti PPGJ meskipun saat ini sy mengajar di SD? Maturnuwun

Assalamualaikum...
TMT Saya mengajar di SD tahun 2016 dan saya lulus pretes ppg ini tahpa selanjutnya pengumpulan berkas,apakah nantinya akan ditolak terkait dengan TMT saya di SD...sebelumnya saya juga mengajar di paud TMT 2013...itu solusinya bagaimana ya pak,apalah SK paud dilampirkan sekalian

Trimakasih

MGMP Bahasa Sunda SMPN 41 Kota Bekasi delete 10/16/2018 06:08:00 AM

Min mau tanya, saya lolos pretes ppg, di jenjang SMP negeri, tapi saya pindah sekolah ke SMK swasta,dengan mapel yang sama. Apakah saya masih bisa melanjutkan program ppg tersebut? Atau harus bagaimana?

min yg diundang ppg th 2019 nanti apakah hanya yg kmrin sdah mengikuti ppg th 2018 saja ataukah semua yg sudah memenuhi syarat,dalam arti yg baru mndafyar dan yg tertinggal telat mndaftar padahal sdah mndapat undangan?

Min saya lulusan pendidikan ekonomi 2015, tidak pernah mengajar sampai saat ini, kerja selama ini serabutan, apakah saya bisa daftar ppg? Bagaimana caranya? Apakah saya harus bekerja dulu sbg guru disekolah swasta? (Hal ini merujuk pada salah satu syarat ppg adl guru). Mohon pencerahannya min

Kmrn sy ditolak permanen Krn ijazah tdk linie. Skrg sy sdh menyelesaikan kuliah sy dan ijazah sy sdh linier, apakah sy msh bisa mendaftar ppg utk ke depannya?

Tidak menutup kemungkinan masih bisa jika data sudah linear sesuai dengan ijazah, namun keputusan kembali ke pemangku kebijakan

Min sa a mau bertanya saya lulus pretes mei ke. Arin kemudian ketahap pemberkasan nah saya belum punya NUPTK dan akhirnya status verivikasi dikembalikan kedinas nah untuk kelanjutanya apakah saya masih bosa melengkapi nuptk atau mengulang pretes lagi ya min?

Bukannya sekarang sudah tahap penempatan LPTK ya? harusnya dulu ketika statusnya dikembalikan ke dinas langsung ke dinas untuk mengurus penerbitan NUPTK, kan waktu itu diberi kesempatan untuk upload ulang berkas ajuan NUPTK di vervalptk. Kalau sekarang kurang paham apaka masih bisa atau sudah terlambat. Bisa langsung kordinasi dgn dinas setempat

Maaf min saya sudah 2 th mengajar. Saya mengajar di smk, ijasah s1 saya ekonomi syariah tp ijasah s2 saya olahraga. Tp saya ingin daftar ppg sebagai guru olahraga. Apakah bisa min? Apakah linier?

min saya sudah validasi data seleksi akedemk, jika mau merubah data bisa tidak? trimakasih

maaf, pak. saya lulus pretest th.2017. namun, selalu terlambat mengumpulkan pemberkasan, karena Yang saya buka tahun sebelumnya. saya belum terlalu paham mengenai sergur. Tahun ini pun sama saya salah paham soal tanggal, saya kira itu jadwal pretest. Berapa lama batas kelulusan saya? tahun depan masih bisa di undang atau saya harus dari awal pengajuan lagi?

Silahkan berkomentar terkait artikel di atas, biasakan membaca sebelum berkomentar. Komentar yang sama atau tidak terkait dengan artikel tidak disetujui