Permasalahan dan Solusi Dapodik Info GTK/PTK (Bagian Dua)

Info GTK merupakan bagian penting dari proses pemberian aneka tunjangan guru, pada layanan inilah guru dapat mengecek kevalid-an datanya guna keperluan penerbitan SKTP. Hanya saja seringkali kita mendapati bahwa data d Info GTK/PTK bermasalah, tentu rekan-rekan bertanya-tanya bagaimana mengatasi masalah info GTK seperti data kosong, data tidak lengkap, tugas tambahan belum diakui, validasi BKN, Terdapat Tanda Seru Kuning atau bahkan Tanda Silang Merah dan sebagainya.
Permasalahan Info GTK 2 dejarfa.com
Info GTK
Permasalahan ini sudah barangtentu menjadi perhatian yang serius karena permasalahan pada info PTK bisa berujung tertundanya aneka tunjangan guru, karenanya perlu bagi rekan-rekan mengetahui dan memahami berbagai permasalahan tersebut untuk dapat mengetahui solusinya.

Tulisan ini merupakan bagian kedua dari tulisan serupa tentang Permasalahan Info PTK yang dapat dibaca pada Permasalahan dan Solusi Dapodik Info GTK.

Semua tulisan ini hanyalah kumpulan permasalahan dan solusi yang dihimpun dari berbagai sumber berdasarkan pengalaman rekan-rekan operator sekolah.

Berikut Admin sampaika beberapa Permasalahan Dapodik Info GTK/PTK yang sering terjadi.

Cek Info GTK di SIM PKB Tidak Bisa Dibuka

Jika ini terjadi bukan karena server rusak atau overload kemudian maintenance. Namun untuk akses masuk memang kadang-kadang di tutup. Ini dilakukan karena sedang ada pengambilan data, sinkronisasi data serta Migrasi Data antara server Dapodik, SIM PKB (Info GTK), Kehadiran Guru DHGTK dengan SIM TUN.

Data Tidak Lengkap

Kadang ketika mengecek Info GTK hasilnya tampak mengecewakan karena data tidak lengkap. Jika data sudah lengkap di dapodik dan sukses singkron namun data tidak lengkap, bisa saja memang data belum masuk seluruhnya ke server tunjangan.

Hal ini dikarenakan proses Reflikasi data dari dapodik ke SIM TUN belum selesai. Karena proses replika ke server tunjangan belum selesai maka harus sabar.

Replikasi database sendiri merupakan seperangkat teknologi yang digunakan untuk menyalin kemudian mendistribusikan data dari satu database ke database lainnya, kemudian mensinkronisasikan antar kedua database untuk menjaga konsistensi data.

Keaktifan Belum Terverifikasi Oleh BKN (Data Tidak Cocok)

Periksa profil individu guru di BKN apakan sudah terbaru atau belum, apakah ada perbedaan data atau tidak. Misalnya dalam Hal Jabatan Fungsional, di BKN masih menggunkan referensi lama yaitu Golongan III/c Jabatan Fungsional Lama : Guru Dewasa Baru : Guru Muda

Silahkan cek pada layana profil PNS BKN https://apps.bkn.go.id/ProfilPns atau DI SINI.

Lihat pada SK pangkat terakhir pada kolom Jabatan Fungsional. Jika terjadi perbedaan maka harus menunggu berubah dengan sendirinya ketika sudah update menggunakan data baru bisa datang dan berkordinasi dengan pihak BKPSDM/BKN setempat tentang syarat-syarat untuk memperbaiki datanya, kadang setiap daerah memiliki persyaratan berbeda-beda.

Sekolah Induk Merah atau Kabupaten/Provinsi Masih Merah

Penyebabnya data belum sepenuhnya jadi sabar menunggu proses

Gagal Login Keterangan Data Tidak Ditemukan

Besar kemungkinan ini terkait pengisian referensi UKG di Dapodik, untuk mengatasinya hapus dulu data nilai test UKG yang sudah dientri kemudian input kembali lalu sinkron.

Gagal Keterangan User Id dan Pasword Tidak Boleh Kosong

Hal ini sering terjadi pada GTK yang belum memiliki NUPTK, guru dapat masuk ke SIM PKB namun susah masuk ke infogtk. Karenanya penting memasukkan data UKG sebagan nomor unik untuk mengidentifikasi data individu guru.

Info GTK terdapat Tanda Seru Tanda Seru Kuning atau Tanda Silang Merah

Bagi yang infogtk-nya terdapat tanda seru kuning (warning/perigatan) sementara masih aman statusnya sementara bagi yang tanda silang merah harus menunggu SOP penerbitan SKTP.

Tugas Tambahan Kepala Sekolah Defenitif Masih 0 Jam

Periksa pengisian pada aplikasi dapodik, pastikan Jenis PTK-nya sudah Kepala Sekolah kemudian pada data rinci tugas tambahan Kepala Sekolah. Jika sudah diisi dengan benar tinggal menunggu proses.

Demikian beberapa Permasalahan dan Solusi Dapodik Info GTK/PTK (bagian kedua), tulisan ini akan selalu diperbaharui mengikuti perkembangan informasi baru terkait validasi infogtk. Apabila permasalahan yang rekan-rekan tidak ada di sini mugkin tertarika membaca Permasalahan dan Solusi Dapodik dan Info PTK bagian pertama.

Jika rekan rekan mendapati permasalahan dan solusi lainnya silakan berkomentar agar dapat menjadi referensi bagi rekan lainnya. Semoga Bermanfaat

30 komentar

Apabila 1 orang guru mempunyai 2 tugas tambahan..misal sebagai pembina pramuka dan oembina eskul..apakah akan diakui jam nya?

Sebaiknya tugas tambahannya satu saja karena terasa dipaksakan jika dua seolah-olah di sekolah tidak ada guru lain. Untuk memenuhi jam selain tugas tambahan bisa juga menggunakan jam wajib tambahan, namun perlu diperhatikan pengisiannya agar tidak melebihi jam maksimal rombel

Jumlah Rombel Pada dapodik 10 rombel, tetapi ketika cek info GTK guru sertifikasi untuk wakil kepala sekolah cuma terbaca 1 karena rombel yang tertera cuma 8. mohon solusinya pak. Terimakasih.

Periksa kenormalan rombel pada info gtk, apakan semua rombel normal sesuai ketentuan pembagian anggota rombel. Biasanya ada kelas yang jml anggota rombelnya tidak sesuai ketentuan sehingga rombel tidak diakui

Jumlah rombel yang warning ada 4 pak, itu pun di kelas XII (KTSP). Sementara jumlah rombel ada 10. Yang terbaca di info GTK ada 8 rombel. Jika memang 4 kelas itu tidak normal, seharusnya yang terbaca hanya 6 rombel pak. Mohon solusinya kembali pak. Terimakasih.

Periksa rombel mana yang tidak terbaca, pertama periksa di server dapodik jika diserver jumlah rombel dan siswa sesuai kondisi disekolah maka permasalahan ada pada validasi di sim tun. Periksa rombel mana yng bermasalah, Pastikan mengikuti aturan pembagian rombel, utamanya ketika membuat rombel paralel harus memenuhi syarat minimal jumlah siswa untuk rombel paralel. Aturan jumlah anggota rombel dapat dilihat di juknis PPDB.

Jika guru memiliki jabatan bukan guru pada data BKN bagaimana solusinya ya pak? Terima kasih pak....

Periksa profil PNS di di data BKN, jika terdapat data serupa atau data tidak update silahkan berkordinasi dengan pihak BKD setempat untuk melakukan perbaikan

Di info gtk saya jabatan diBKN bukan guru,padahal perbaikan di data BKN sudah guru,sehingga validitas tunjangan profesi saya sampai sekarang masih tanda x merah,padahal di BKN perbaikannya krg lebih sudah 1 bln,mohon solusinya.

Ibu bisa kordinasikan kembali ke BKD setempat, karena yang bisa melakukan perbaikan pihak BKD

Jam linear di kelas XI ipa terhitung nol padahal yang di kelas X dan XII jjm linearnya sudah betul, kenapa bisa seperti itu? Setelah dilihat keterangan rombel ternyata jumlah siswa yang terdapat di kelas tersebut juga tidak sesuai dengan yang di inputkan oleh operator, kurang dari 20. Kemudian di cek lagi pada maping siswa ternyata banyak siswa yang di daftarkan di rombel ipa malah terdaftar di rombel ips, padahal operator tidak melakukan maping siswa, mohon petunjuk dan solusinya.

Mapping rombel asalnya dari dapodik, jadi periksa dapodiknya. adapun jika di rombel tertentu sudah ada guru yang terbit sktpnya kemungkinan JJM sudah dikunci. periksa di info gtk apakah jjm dikunci pada bagian cek kuncian rombel. jika terkunci maka ajukan pembukaan kuncian rombel ke admin simtun. biasanya syaratnya sk pembagian tugas, surat pertanggungjawaban mutlak. Agar pasti syaratnya bisa langsung menghubungi admin sim tun setempat, karena beda tempat bisa berbeda syaratnya

Dapodik udah benar diisikan oleh operator dari awal, buktinya kawan guru yang lain sudah benar data nya. Hanya di kelas XI ipa saja yang bermasalah data siswanya...nampaknya server mengambil data yang lama, soalnya operator waktu merubah rombel dari kelas X ke kelas XI hanya mengganti nama rombel saja, tanpa menghapus rombel yang lama. Berarti saya harus ke operator simtun ya pk..kira2 perbaikan data masih di akomodir tidak? Sampai kapan batas waktunya pk? terimakasih

Ke operator simtun jika jjm terkunci oleh guru lain. jika jjm tidak terkunci ya tidak ke sim tun karena ke admin sim tun kan tujuannya membuka kuncian rombel.
Sebenarnya tidak pelu menghapus romlel lama dan mengganti nama rombel. prosedurnya kan mapping siswa menggunakan fitur naik kelas atau lanjut semester bukan menghapus rombel.

Data saya bpk di sim pkb,tunjangan profesi belum ditampilkan.apa masalahnya ya?

Bisa jadi server sedang maintenance, bisa juga karena data belum diproses dan lain sebagainya. Pastikan data sudah diisi dengan tepat dan benar, baik itu data diri PTK sampai data pembelajaran. Kedepannya usahakan dapodik selesai sebelum data ditarik oleh server tunjangan, hal ini dapat meminimalisir terjadinya eror atau terlambatnya sktp.

1. Pd silang merah ada pada jjm tidak linier ( mengampu 32 jp 16 rombel)
Kemudian disusul silang merah pada "kelulusan sertifikasi dinyatakan tidak memenuhi syarat oleh dinas". Setelah disesuaikan akhirnya jjm sudah linier dan berubah hijau ( Kelulusan sertifikasi masih tetap merah ). Mohon petunjuk untuk masalah tersebut.

2. Apabila masalah terjadi selama 2 triwulan apakah masih mungkin tunjangan dicairkan (jika sudah berubah hijau semua) ?

Jika sudah perbaikan yang bisa dilakukan hanya menunggu, kedepannya sebelum proses penerbitan sktp periksa dan pastikan data sudah valid. Pastikan juga pada awal dapodik keluar, berikan data2 pendukung secara lengkap ke ops agar data yang di input sesuai kondisi terbaru.

Nama Ptk masih muncul di DHGTK, padahal di dapodik sudah dikeluarkan. Bagimana penyelesaiannya pak?

Jika sudah di keluarkan tunggu prosesnya

Silang merah ket. NUPTK tidak valid, silang merah ket. Pngkt golongan tidak diisi, dan silang merah masa kerja tdk diisi.. Bgmna solusiY yaa

Mohon maaf numpang bertanya, info ptk di apps sim pkb saya tidak bisa dibuka, bagaimana solusi mengatasi permasalahan tersebut?

Saat ini memang ifo gtk belum maksimal, proses sedang berjalan. jika menemukan data eror maka cukup periksa didapodik apakah sudah benar. jika didapodik sudah benar tungu saja

Tidak perlu bingung, akses info ptk setiap tahun kalau aksesnya padat selalu sulit dibuka. itulah kenapa dulu oerator sekolah demi bisa ngasih lembar info ptk rela begadang ngecek info ptk. Carilah saat tidak ramai penguna seperti ditengah malam atau habis subuh. Jika tidak banyak yg pengguna biasanya lancar

Maaf mas mau nanya, itu gaji pokok di info gtk berbeda dengan gaji pokok di dapodik serta update data syncron di info gtk berbeda dengan di progress pengiriman dapodik. Solusinya bagaimana?

JIka sudah disingkronkan dan di server dapodik sudah sesuai dengan aslinya maka tinggal tunggu data masuk ke P2TK, untuk tahun 2018 kabarnya jika SKTP sudah terbit gaji pokok sudah tidak bisa diperbaiki. Mudah-mudahan masih bisa berubah

Maaf mau bertanya Pak, data saya tidak valid dengan keterangan bukan bukan guru pada BKN, sudah verifikasi di BKD dan sudah terupdate pada data PROFIL PNS dan SAPK BKN sebagai guru kelas sd. Sudah lebih satu bulan info gtk belum juga valid dan sekarang tercatat dalam daftar gtk yg belum terbit sktp dengan status edit data (menunggu proses berikutnya). Apa yang harus kami lakukan, apakah masih ada kemungkinan diterbitkan sktpnya. Mohon pencerahannya Pak.. terimakasih

Jika sudah diperbaiki tunggu saja perubahannya.

SKTP di infogtk blm terbiy,
kendala terdeteksi: JJM PTK tidak normal, kemudian kita perbaruhi di dapodik dan kita singkron, apakah SKTP bisa terbit? Trims

Kalau perbaikannya saat ini tidak ada jaminan, mungkin sudah terlambat (semoga tetep bisa terbit)

Silahkan berkomentar terkait artikel di atas, biasakan membaca sebelum berkomentar. Komentar yang sama atau tidak terkait dengan artikel tidak disetujui