-->

Cara Input Nilai Raport, US dan USBN di Dapodik 2019

Dejarfa.com – Mengisi / Input nilai Rapor dan nilai US/USBN ke dalam aplikasi dapodik 2018b merupakan tugas bersama antara operator sekolah dengan guru mata pelajaran. Operator sekolah mertugas akun guru matapelajaran, memilih mata pelajaran evaluasi dan nomor urutnya, sementara guru mata pelajaran memiliki tugas untuk mengisi nilai kedalam aplikasi dapodik, baik itu nilai rapot, US maupun USBN, guru juga bertanggungjawab secara penuh terhadap kelengkapan dan kebenaran nilai lalu kemudian melakukan penguncian data nilai yang telah di entri.
Download Panduan Input Nilai Raport di Dapodik.pdf
Input Nilai Raport Dapodik 2018b
Input Nilai Raport Dapodik
Secara tupoksi memang guru memiliki tugas yang lebih banyak dalam penginputan nilai ini, namun tanpa di bantu oleh operator sekolah tetntu saja banyak guru yang akan mengalami kesulita dalam melaksanakan tupoksinya ini. Bahkan tidak menutup kemungkinan jika tidak di dampingi oleh operator sekolah bisa jadi nanti justru salah entri, jika itu yang terjadi akhirnya operator sekolah harus memperbaikinya karena jika salah entri bukan tidak mungkin justru nanti akan sulit di singkronkan.

Biarpun dalam penginputan nilai ini melibatkan guru dan operator sekolah, namun peran kepala sekolah juga tidak kalah penting. Hal ini tidak lain untuk memastikan semua melaksanakan tupoksinya secara maksimal, jika operator sekolah yang mengentri tentu KS dapat membuat kebijakan yang menguntungkan kedua belah pihak. Jangan sampai pada kenyataan semua dilaksanakan oleh operator sekolah tanpa diperhatikan jam kerjanya.

Untuk dapat menginput nilai pada aplikasi dapodik versi 2018b ini, maka siapkan panduannya yang dapat diunduh langsung ke web dapodikdasmen, jika mengalami kesulitan ikuti tutorial berikut ini;

A. Cara Install Aplikasi Dapodik Versi 2018b

Tepat sehari dirilis namun banyak sekali operator sekolah yang mengeluh dengan gagalnya proses instalasi dapodik terbaru, akibatnya menu entri nilai tidak muncul. Untuk menginstalnya sebenarnya cukup mudah yaitu manual menggunakan patch versi terbaru, tempatkan prefill rapot pada folder prefill_dapodik  letaknya di C:\prefill_dapodik kemudian konfirmasi data prefill nilai melalui fitur konfirmasi prefill nilai di menu pengaturan dengan memasukkan kode registrasi sekolah beserta user name dan password dapodik. Selesai?? Ternyata banyak yang gagal.

Kemungkinan yang sering terjadi adalah aplikasi dapodik pada laptor atau PC sesungguhnya sudah tidak berjalan dengan baik 100%, baik itu karena malware, virus ataupun permasalahan teknis lainnya. Karenanya sebelum menginstal nilai rapor kedalam dapodik pastikan dapodik tidak eror terlebih dahulu.

Untuk memastikan dapodik dalam keadaan prima maka sebaiknya lakukan intal ulang dapodik sengan fresh instaler dapodik 2018b. Setelah dapodik sudah pada versi terbaru, tempatkan prefill dapodik terbaru dan prefill nilai raport di folder prefiil dapodik di drive C. Lakukan registrasi dapodik seperti biasa lalu login ke aplikasi dapodik maka menu entri nilai telah muncul pada tempatnya. selanjutnya lakukan konfig prefill nilai rapot pada menu pengaturan, isikan user, pasword dan kode registrasi sekolah.

Bila masih terjadi permasalahan mungkin tertarik membaca Cara Instal Dapodik 2018 yang Baik dan Benar

B. Cara Membuat Akun PTK/Guru

Akun Guru menjadi sangat penting jika operator sekolah ingin melibatkan semua guru mata pelajaran untuk menginput secara mandiri. Karenanya setiap guru dapat kita buatkan akun untuk login ke dapodik sebagai guru. Caranya cukup mudah, ikuti langkahnya berikut ini.
  1. Pilih nama salah satu guru pada menu gtk
  2. Pilih menu penugasan, maka akan tampil sub menu penugasan ptk
  3. Pilih menu buat / ubah akun ptk pada daftar menu di bagian bawah dan akan tampil sub menu baru dengan judul akun ptk dengan kuncian pada user name ptk, email yang menjadi username ptk adalah email yang di entri pada data rinci ptk dan pastikan email ini masih aktif.
  4. Isikan pasword, pasword ini sebaiknya di buat sendiri oleh ptk agar mudah diingat oleh mereka
  5. Terakgir tekan tombol simpan, akun ptk telah dibuat dan siap digunakan. Lakukan perilaku yang sama terhadap guru-guru yang lainnya.
Sebelum meminta guru menginput nilai, tentu operator sekolah harus menyiapkan terlebih dahulu mapel evaluasi nya. Untuk itu, lakukan hal berikut ini.

  1. Pilih fitur raport pada menu nilai, maka akan muncul tabel mata evaluasi raport.
  2. Pilih tahun pelajaran dan semester yang akan di inputkan (Prioritas input nilai adalah semester ganjil tahun ajaran 2017/2018)
  3. Pilih kelas dan rombel yang akan di buat lalu tekan tombol Tambah maka akan muncul menu tambah mata evaluasi.
  4. Pilih mata pelajaran evaluasi, selanjutnya isikan nomor urutnya pada bagian bawah. Untuk nomor urut sesuaikan saja dengan nomor urut sesuai struktur kurikulum atau sesuai rapot siswa.
  5. Tekan tombol simpan dan tutup, selanjutnya nama mata pelajaran akan tersimpan dan tampil pada fitur raport.
  6. Langkan selanjutnya pilih fitur US/USBN
  7. Pilih kelas dan rombel yang akan dibuat mata pelajarannya seperti cara membuat mata pelajaran pada fitur raport di atas, hanya saja pada menu ini tidak ada pilihan semester.
Lakukan hal yang sama untuk mata pelajaran-mata pelajaran yang lainnya. Untuk mengaktifkan menu input nilai cukup tekan 2 kali pada salah satu mata pelajaran yang telah dibuat tadi. Ingat, operator sekolah tidak berwenang merubah daftar nilai, cukup melihat dan mengunduk rekapitulasi nilai.

Sampai tahap ini tugas operator sekolah telah selesai, kemudian akan bekerja lagi ketika data telah dientri yaitu melakukan singkronisasi dapodik. Disarankan untuk melakukan singkronisasi secara bertahap tanpa menunggu nilai selesai diinput seluruhnya, hal ini dilakukan guna mengatisipasi kesulitan singkronisasi.

D. Memasukkan Nilai Raport dan US / USBN

Seperti penjelasan di atas, bahwasannya input nilai ini tupoksinya guru mata pelajaran. Maka persilakan guru mata pelajaran untuk login ke dapodik menggunakan akun ptk masing-masing yang telah dibuat oleh operator sekolah. Setelah berhasil masuk ke dasboard ptk, maka input nilai siap dilakukan.
  1. Pilih menu nilai pada sebelah kiri menu beranda ptk, selanjutnya klik fitur raport
  2. Pilih semester yang akan di isi beserta kelas dan rombelnya maka akan tampil daftar mata pelajarannya
  3. Pilih salah satu mata pelajaran dengan mengklik 2 kali sehingga data siswa akan aktif pada kolom sebelah kanan, pada kolom inilah guru melakukan input nilai. Input nilai pada kolam yang telah disediakan lalutekan tombol simpan.
Lakukan hal yang pada fitur input nilai US/USBN. Perbedaan mendasar pada menu US/USBN adalah tanpa memilih semester, jadi langsung memilih kelas dan rombelnya lalu akan mucul daftar mata pelajaran yang akan diisi nilainya.

E. Cara Menginput Nilai Rapot Secara Bersamaan

Untuk menginput nilai secara bersamaan dan diwaktu yang sama (biar cepat selesai) maka setelah semua akun ptk sudah dibuat silakan hubungkan laptop ops yang telah terinstal dapodik 2018b pada jaringan wifi atau local area network (LAN) yang tersedia di sekolah. Hubungkan juga laptop ptk ke jaringan yang sama sebagai client.
Buatlah koneksi adhoc dari laptop/PC yang terinstall aplikasi Dapodik dan E-Raport, US/USBN. Pengisian data pada aplikasi E-Raport dapat menggunakan laptop/PC server “milik ops yang terinstal dapodik” yang terkoneksi dengan jaringan/internet. Penggunaan internet yang sama antara laptop/PC server dengan client “laptop PTK yang tidak terinstal dapodik”, sehingga dapat mengakses aplikasi dapodik tanpa harus menginstallnya. Caranya sebagai berikut;
  1. Pastikan jaringan/internet yang digunakan adalah jaringan/internet yang sama antara laptop/PC server dan client. Koneksi ini dapat menggunakan Wifi Router, maupun AP (Access Point) Router dari smartphone pengguna.
  2. Cek IP yang pada laptop/PC server melaui CMD : Klik Start - search -  lalu ketikkan CMD. Lalu akan muncul jendela terminal windows lalu ketikan “ipconfig” dan tekan Enter lalu akan muncul Windows IP Configuration cari dan catat IPv4 Address yang tertera pada jendela CMD misalnya 192.168.43.175
  3. Cara lain mengecek IP server yaitu pada network connections, sambungkan laptop ke wifi, setelah tersambung klink kanan wifi tersebut lalu open network and sharing center selanjutnya klik wifi id nya dan pilih details.
    Network Properties
  4. Ketik alamat IP (IPv4 address) yang sudah didapat pada laptop/PC server pada web browser laptop/PC client dengan menambahkan port 5774 misal 192.168.43.195:5774
  5. Silahkan login dengan akun PTK yang telah dibuat di login ops
  6. Jangan lupa untuk mematikan Firewall
Download Panduan Pengaturan Jaringan Untuk Input Nilai Secara Bersama-sama.pdf
Jika sudah terhubung pada masing-masing laptop ptk silakan masuk sebagai ptk dengan mengisi user dan password ptk masing-masing yang telah dibuat. Dengan demikian penginputan nilai ini dapat dikerjakan sesuai dengan tupoksinya dan dapat terselesaikan dengan lebih cepat.

Data yang sudah benar dan lengkap dapat dilakukan penguncian, harap diperhatikan bahwa data yang telak dikunci tidak dapat diubah kembali. Maka hati-hati melakukan penguncian data tersebut.

F. Kumpulan Tips

Pertama, Untuk meninput nilai raport pastikan login menggunakan akun PTK, karena akun ops bukan untuk mengisi nilai tapi untuk memantai pengisian oleh ptk. pada akun ptk lah nilai dimasukkan dan dikunci.

Kedua, bagi rekan rekan ops yang juga berperan sebagau guru mata pelajaran dan mengalami kesulitan login sebagai ptk dikarenakan emai dapodik sama dengan email ptk maka untuk dapat login sebagai ptk harus merubah email pada data rinci ptk, email inilah yang nantinya akan digunakan sebagai user akun ptk. caranya cukup edit email ptk pada menu edit data ptk, pastikan email ini bukan email yang sama dengan email dapodik. lalu simpan dan buat akun ptk pada penugasan seperti penjelasan pembuatan akun prk di atas.

G. FAQ (Pertanyaan Terkait Input Nilai Raport, US/USBN pada Aplikasi Dapodik)

Kapan batas akhir entri nilai raport, US dan USBN?
Batas akhir entri nilai di dapodik adalah tanggal Belum Ada Infonya.

Apa yang harus dilakukan jika mengalami kegagalan atau Link URL nya error pada saat melakukan genarate prefill raport dapodik?
Lakukan generete prefill raport dapodik pada alamat berikut ini:
Generate Prefill

Apa yang harus dilakukan operator sekolah jika sudah melakukan update aplikasi dapodik ke versi terbaru namun menu raport masih belum tampil, padal sudah menekan tombol CTRL+F5?
Bersihkan cache browser (chrome : Pilih tanda titik tiga pada bagian atas sebelah kanan – pilih history – pilih clear browsing data – pada menu dropdown pilih the biginning of time lalu tekan tombol clear browsing data) kemudian lanjutkan dengan menekan tombol CTRL+F5. Opsi lain yaitu dengan mengakses dapodik menggunakan browser yang lain.

Bagaimana cara menampilkan tahun pelajaran sebelumnya?
Lakukan entri nilai pada tahun pelajaran yang telah tersedia. Untuk tahun pelajaran yang lain/yang belum tampil update aplikasi 2018b dan bersihkan chace browser.

Bagaimana cara mengisi nilai raport bagi siswa yang jenis pendaftarannya Mutasi?
Lakukan koordinasi dengan Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, agar nilai peserta didik dimaksud tetap dapat dilakukan entri di aplikasi Dapodik

Bagaimana cara mengisi nilai raport jika guru mapel statusnya meninggal dunia, mutasi dan atau pensiun (PTK sudah masuk tab PTK non aktif)?
Pengisian nilai dapat dilakukan oleh Wali Kelas. ini adalah fitur tambaha Dapodik 2018b

Bagaimana cara mengisi mapel lintas minat karena di kelas teori tidak ada atau tidak muncul?
Update dapodik 2018b. Pada mata evaluasi, pilih rombongan belajar lintas minat siswa, lalu tambahkan mata evaluasi untuk mata pelajaran yang diikuti.

Apa yang harus dilakukan jika saat konfigurasi (memasukkan) prefill raport ke dapodik, muncul peringatan "maaf beberapa data tidak masuk"?
Download ulang prefill raport, pastikan jaringan baik lalu registrasi kembali prefil nilai ke dapodik
Download Panduan Lengkap Input Nilai Raprot di Dapodik.pdf
Update Pembaruan Dapodik 2018b

Datangnya pembaruan dapodik 2018b ini ibarat hujan dimusim kemarau, seperti yang sudah dikeluhkan oleh rekan-rekan ops se tanah air bahwa ada banyak sekali kendala/masalah yang dialami ketika melakukan entrian nilai ke dapodik. Dengan dirilisnya pembaruan ini menunjukkan bahwa tim manajemen dapodik sangat tanggap merespon keluhan kita para pejuang data. Harapannya pembarauan ini dapat memudahkan ops dan guru dalam melaksanakan tupoksi mereka terkait penginputan nilai ke dapodik.

Keluhan Operator Sekolah Yang Telah Diakomodir Pada Dapodik 2018b

Perbaikan Menu Input Nilai Untuk Kurikulum KTSP

Perbaikan format nilai pada aplikasi raport ini sangat signifikan dirasakan oleh operator sekolah, pada aplikasi sebelumnya baik itu kurikulum ktsp maupun kurikulum 13 menunya sama saja sehingga sekolah yang melaksanakan kurikulum ktsp mengalami kesulitan dalam mengentri nilai.

Penambahan Fitur Ekport Import Nilai Menggunakan Excel

Fitur ini juga tidak kalah keren, dengan menu baru ini maka proses penginputan nilai dapat dilakukan dengan lebih mudah dan prosesnya bisa lebih cepat. Ya, dengan fitur import nilai menggunakan file excel ini maka ops dapat mengunduh formatnya kemudian diisi dengan data base nilai yang dimiliki sekolah “aplikasi nilai raport excel yang biasa digunakan”. Kita cukup copy paste nilai dari file nilai raport dari sekolah kedalam format dari dapodik lalu meng import ke dapodik. Untuk menggunakan fitur ini harap mengikuti Tata Cara dan Panduan Import Nilai di Dapodik.

Pembukaan Input Nilai Bagi SD dan SDLB

Pembukaan kunci ini menjawab keresahan operator sekolah dasar yang selama ini masih belum bisa melakukan pengisian nilai karena belum diakomodir. Dengan diakomodirnya jenjang sekolah dasar maka telah resmi operator sekolah dapat mengisi ilai raport di dapodik.

Penambahan Referensi Login 6 Semester

Hal ini dilakukan guna mengakomodir keluhan tidak munculnya salah satu mapel pada semester 1, 2, dan 3 (tahun pelajaran 2014/2015 dst). Selama ini beberapa sekolah dikarenakan satu dan lain hal terdapat mapel yang belum terisi pembelajarannya pada semester tersebut sehingga tidak bisa melakukan input nilai mapel dimaksud. Dengan dibukanya login 6 semester ini maka kita dapat login dan memperbaiki jjm pada semester bersangkutan guna menampilkan mapel evaluasi. Sebagai catatan, untuk menampilkan login ini maka terlebih dahulu harus melakukan singkronisasi dapodik.

Penambahan Peran Wali Kelas Dalam Penginputan Nilai

Dalam perjalanan sekolah tentu ada guru non aktif, baik itu dikarenakan mutasi maupun pensiun. Dengan data guru yang non aktif maka tidak bisa input nilai mengunakan akun ptk bersangkutan, karenanya huna mengakomodir hal tersebut maka peran wali kelas ditambahkan. Fungsinya untuk mengambil alih input nilai dari ptk yang non aktif ke ptk yang berstatus wali kelas. Jadi pengisian nilai bagi ptk yang telah non aktif menjadi tanggungjawab wai kelas.

Demikian cara input nilai raport, nilai us dan nilai usbn pada aplikasi dapodik 2018c. Operator sekolah dan guru sebaiknya bekerjasama dalam penginputan nilai ini, sehingga kerjasama ini mampu mewujudkan data yang benar, valid dan berkualitas. Semoga bermanfaat.

210 komentar

«Terlama   ‹Lebih tua   1 – 200 dari 210   Lebih baru›   Terbaru»

Itu semua kolom harus diisi ya min?nilai pengetahuan,keterampilan dan sikap?ada pengaruhnya gk kalo cuma diisi nilai pengetahuan?

Jika K13 format rapotnya kan memang begitu, tp jika ktsp belum ada info lebih lanjut mengenai hal tersebut

saya sdh input nilai raport untuk satu mata pelajaran tapi di tekan tombol simpan kenapa ga tersimpan ya??? mhn petunjuknya

Bagaimana klo ada tambahan mapel yang belum di input di dapodik,misal mapel Mulok 2?

mohon PENJELASA, nilai rapor SMP yg diisi adalah nilai rapor peserta UN saja atau nilai raporseluruh siswa kelas 7,8 dan 9?

Masa? entri nilai menggunakan akun ptk guru masing-masing. bukan menggunakan akun ops

Saat ini diprioritaskan siswa kelas ahir semester ganjil tahunpelajaran 2016/2017. jika itu sudah baru entri yang lain, lengkapi hingga 6 semester untuk kelas ahir.

untuk entri nilai tentu mapelnya harus sudah diisi, pertanyaannya kenapa selama ini tidak diisi??. cara mengatasinya login ke dapodik menngunakan akun ops pilih semester yg akan diisi mapelnya lalu isikan dan simpan. sayangnya di dapodik hanya ada 3 semester terakhir, jadi untuk semester yg lainnya harus menunggu solusi dari tim dapodik pusat.

bagaimana cara memperbaiki pembelajaran pada tabel 2014/2015. pada aplikasi dapodik 2017b hanya bisa login 3 smester terakir 2015/2016 genap, 2016/2017 ganjil genap

saya sudah melakukan enterian nilai tetapi tombol kolom kuncian nilai tidak muncul mohon solusinya

maksudnya? pembuatan mapel evaluasi tidak perlu login pada semester masing-masing, login pada semester bejalan lalu buat mapel evaluasi untuk semua semsester

Pastikam menginput nilai rapot, us / usbn pada login ptk bukan login ops, karena yang bisa menyimpan nilai dan menguncinya hanya ptk

Tdk bisa bro. Kan pada tapel 2014/2015 ada pembelajaran yg perlu di perbaiki. Jd ada mata evaluasi pd tapel tsb yg tdk bisa di tambah. Untuk perbaiki pembelajaran kan harus login tiap tapel tiap semester

kalo dulu belum di entri ya sekarang memang tidak akan muncul, dulu duikiranya tidak dientri tidak masalah dan sekarang baru ketahuan kalo bermasalah. untuk sementara entri yang bisa dulu sambil nunggu siapa tau ada perbaikan dari tim manajemen dapodik pusat, karena memang banyak sekolah yang senasib begitu dan belum ada solusinya

BAGAIMANA CARANYA LOGIN PTK

masukkan email dan kata sandi yang sudah anda buat untuk ptk,login nya sama persis seperti login ops

kok ip nya masih blm bisa konek ke server oprator nya,sudah sesuai petunjuk.

mohon bantuan min, didapodik saya pada menu tambah untuK T.P 2016/2017 semester ganjil, mata pelajarannya tidak lengkap,yaitu: b.inggris, sejarah indonesia dan ekonomi tidak ada, hanya semester 5 saja yg tidak ada. mohon bantuannya pak, buk. trims sebelumnya

nanya bro, kan kalau sma mulai ktsp mulai dari semester 3, jadi kita rubah kah tapelnya itu sesuai waktu semester 3 atau gimana ?

Betull, cara buat akunnya ada di atas

logout dan login kembali pada semester 5 lalu cek pengisian jjm nya

Isikan saja sesuai tabel nilai rapot, kayaknya format nilai di dapodik sama saja menggunakan format nilai k13 walaupun ktsp, bedanya kalo k13 diisi lengkap sedangkan ktsp diisi sesuai rapot ktspnya

sudah pak, tapi masih tetap seperti itu.

sudah saya update tutor nya silakan dibaca lai

jjm di semster 5 sudah diisi? jika sudah mungkin pada waktu konfigurasi prefil dapodik tidak masuk 100% datanya kemaren teman ops juga seperti itu setelah dikonfigurasi ulang muncul mapelnya. sebelum konfigurasi ulang sebaiknya di backup dahulu dapodiknya

Mohon bantuan min, saya sudah input nilai dan sudah bisa simpan, tapi ada satu siswa nilainya tidak bisa tersimpan.

Untuk sementara biarkan saja dulu, sambil nunggu info selanjutnya dari tim dapodik. lanjutkan input mapel yang lainnya dulu

Sama kasusunya dengan punya saya seperti itu

SMP MUHAMMADIYAH REMBANG delete 4/27/2017 10:24:00 AM

saya sdh input mata evaluasi, tapi untuk Penjaskes lupa memasukkan. Untuk memasukkannya(penjaskes) no urut 9. Padahal no 9 sudah terisi TIK. gimana cara menedit/menghapusnya? Terimakasih

pas ke menu raport ad pesan (penginputan jenjang SD/SLB belum d akomodir) ....ap jenjang SD belum bisa input?

bgmna cara membuat akun ptk yg sudah mutasi....? mhon bntuannya min...

Itu gampang bro. no.urut TIK di ubah dulu ke no yg blm terpakai. abis itu penjas baru bisa di ubah menjadi no.urut 9. Stlah penjas berhasil no.urut 9, untuk TIK silakan ubah lagi ke no.urut yg seharusnya

Login akun operator pilih tapel semester saat ptk tsb msh aktif. Atau jika terpaksa ptk tsb di aktifkan lagi, lalu input nilainya dg akun ptk tsb, lalu mutasikan lg. Mohon maaf jika salah

SD sederajat sementara ini belum bisa intri nilai, memang dari tim pengembang yang belum mengaktifkan menu ini

Terjadi penggandaan nama siswa di daftar nilai....bagaimana cara menghapus salah satu nama siswa yg ganda..terimakasih

Malam min...sy baru namabah mapel dan sudah di sinkron 2 hr lalu..tp pas generate prefill raport mengapa mapel tidak muncul di menu raport siswa...mohon solusinya

Ptk yang mutasi statusnya sudah tidak aktif sehingga tidak memungkinkan di buat akunnya. jika ingin membuat akun ptk nya berarti harus diaktifkan kembali, setelah input nilai jgn lupa dinonaktifkan seperti sediakala

di ata sudah dijelaskan cara membuat mata evaluasi pelajaran dengan langkah-langkahnya.

sampai saat ini blm ada solusi pasti terkait hal tersebut, sementara input saja nilai pada salah satu siswa yang ganda kmudian cek daftar nilainya di login ops untuk memastikan nilai berhasil di input sambil menunggu info selanjutnya

subuh min, kenapa 1 orang siswa saya tidak bisa disimpan nilai nya, stiap saya entry nilai tidak ada mslah, tp saat saya pilih save, nilai nya hilang, kenapa min, dan hanya 1 siswa yg tidak bisa.

Untuk sementara lewatkan dulu siswa tersebut, lanjutkan input nilai siswa dan mapel yang lain dulu sambil menunggu perbaikan dari pusat

Ada beberapa Ptk saya buka akunnya sendiri, tapi ketika cek gtk namanya tidak muncul dan rombelnya juga tidak muncul, mohon solusinya

ok makasih pak, bbrti bukan kslahan didapodik aku ya pak

Iya, banyak kawan ops yg juga mengalaminya. mudah-mudahan segera ada perbaikan

Saya gagal paham dengan pertanyaan nya, pertama ops buat mata evaluasinya jika sudah buat akun ptknya selanjutnya login dapodik menggunakan akun ptk masing-masing dan entri nilai nya

Ptk saya udah berhasil login di akun ptk,tetapi rombelnya tidak ada, sesuai dgn intruksi jjm dipembelajaran udah saya input, yg kedua jika diklik gtk di akun ptk nama guru yg bersangkutan tidak ada, sementara guru yg berhasil login ada kelihatan namanya di akun tersebut, mohon bantuannya mas

Sesuai dgn instruksi mata evaluasinya udah lengkap saya buat mas, dan yg kedua jika ptk saya klik gtk di akun ptk namanya tidak muncul sementara guru yg lain muncul memamg waktu instal data prefill nilai ada tulisan beberapa data tdk berhasil di input, bagaimana solusinya mas, sementara nilai sudah banyak yg masuk

charisaimoet.com delete 5/01/2017 05:47:00 AM

kenapa saat entri nilai semester 2015/2016 genap, pas udah double klik di ptk mengajar, data peserta didik tidak ditemukan, padahal saat entri nilai US/USBN DAN SEMESTER 2016/2017 baik-baik saja...mohon pencerahannya

Sebaiknya jika menginstal aplikasi ada peringatan eror jgn dulu dikerjakan, selesaikan erornya. karena bisa saja kerja kita mengentri pada aplikasi yg eror tersebut sia-sia. seperti kasus ini kan membuat dilema sendiri, disatu sisi sudah entri beberapa nilai namun pada bagian tertentu tidak bisa "efek dari peringatan data tidak masuk seluruhnya". karena permasalahan diduga disebabkan hal tersebut maka solusinya adalah melakukan konfoggurasi ulang prefill rapot, download prefill baru. pastikan jarinagn internet baik, setelah itu kofigurasi ulang prefil ke dapodik. saat ini nasi sudah menjadi bubur, jadi resiko tindakannya adalah data yang sudah diinput bisa saja hilang. untuk mengantisipasi hilangnya data yang sudah diinput sebaiknya singkronkan dulu dapodiknya atau backup lokal juga bisa.

Mungkin penyebabnya pada saat konfigurasi prefil rapor terjadi eror seperti kasus diatas

ada permasalahan,misalkan guru A mengajar bahasa Indonesia di kelas 7a-c dan si B mengajar bahasa indonesia dikelas 7d-f, dan ketika membuat mata pelajaran evaluasi yang muncul pada setiap kelas guru A, mohon pencerahannya. dan satu lagi pertanyaan apakah penginputan nilai ini berpengaruh pada jam mengajar PTK untuk jumlah jam mengajar pada info GTK untuk tunjangan sertifikasi, trims

Periksakembali pada saat membuat mata evaluasi, jika guru mapel ada dua orang biasanya mapelnya ada dua juga, mapel a dng guru a dan mapel a dengan guru b.
sejauh ini belum ada referensi yg menyebutkan input nilai terkait dengan tunjangan, input nilai terkai dengan ujian, seperti yang tercantum dalam POS Ujian 2017

Bagaimana cara instal kembali prefill nilai raport mas

Gimana cara entri nilai rapor di Tahun ajaran 2014/2015, waktu tekan tombol tambah tidak ada daftar nama guru dan mata pelajaranya, atas jawabannya kami ucapkan terima kasih :)

Jika sudah singkron atau backup lokal, instal ulang prefil sama caranya dengan instal perama kali. letakkan prefill di C:\prefill_dapodik kemudian konfirmasi prefill di menu pengaturan dapodik. Pengalaman kawan kemaren cara ini dapat mengatasi mapel yang tidak muncul pada semester tertentu. mudah-mudahan jg bisa menjadi solusi buat wita

Jika tidak ada mapelnya mungkin prefil raport tidak sempurna, bisa di coba cara diatas pada komen wita allagan

tidak bisa gan,sy sudah instal aplikasi baru, patching versi a kemudaian b n taruh prefill di C, tapi tetap saja tidak bisa gan,, harap pencerahan nya

gan maaf mau tanya kenapa ya untuk yang semester 1,2,3 tidak bisa d entry d mata evaluasi rapor padahal yang semester 4,5,6 bisa semua, mohon solusinya serta pencerahannya
terima kasih sebelumnya gan

SMP Negeri 6 Haruai delete 5/02/2017 08:43:00 PM

Masih kesulitan untuk penguncian nilai raport. Walaupun sudah masuk ke akun PTK masing2 guru

Mas bekti saya udah pusing, aku udah instal ulang data prefill nilai tetapi selalu saja muncul kata2 "Maaf beberapa data tidak muncul" gimana ini mas??!!

Mungkin Prefill raport nya tidak sempurna, coba generate prefil lagi menggunakan jaringan yang bagus. BIsa pakai jaringan GSM coz banyak teman ops gagal generate prefill menggunakan speedy walaupun speednya kenceng

Saya juga mempunyai masalah yang sama, salah menempatkan nomor urut. Misalkan matematika, no.urut 1 padahal seharusnya no.4. Tapi waktu saya klik di mapel nya trus klik ubah, yg bisa terubah hanya nama mapel, yang no urut nya tdk bisa terubah. Bagaimana solusinya?

Maaf mas Kembali nanya, Saya unduh data prefill pake android, dan udah saya pindahkan ke dapodik sesuai petunjuk tetapi setelah saya buka dapodik jadinya "data tidak ditemukan

Mau bertanya,, untuk SMA K13 bagaimna cara memasukkan pelajaran lintas minat pada evaluasi mapel.. Terima Kasih

min gimana caramenegmbalikan mata pelajaran yang terhapus di mata evaluasinya atau salah no urut
mohon solusinya

Pak maaf, sy mau tanya..dimenu pengaturan konfirmasi prefill rapor sudah muncul registrasi prefill rapor selesai, tapi pd waktu login kedapodik tidak muncul pilihan semster ganjil 2014/2015,ganjil 2015/2016,mohon solusinya..terimakasih

ya itu sdh bnr. emg cm mapelnya yg berubah. abis itu tekan tab pada keyboard untuk pindah cell ke no.urut. selanjutnya seperti penjelasan di atas

cek pastikan rombel sudah terisi anggota dalam hal ini peserta didik

2014/2015, smt 123 emg sdh di kunci,hak akses operator dibatasi. bahkan tdk ada option login tapel smt itu. kl bisa pasti utak atik script sendiri. saya jg modify script sdh bisa login tapel smt itu. tambah mapel muncul optin guru tp gk muncul opsi mapel. masi saya pelajari skrip dapodik

2014/2015, smt 123 emg sdh di kunci,hak akses operator dibatasi. bahkan tdk ada option login tapel smt itu. kl bisa pasti utak atik script sendiri. saya jg modify script sdh bisa login tapel smt itu. tambah mapel muncul optin guru tp gk muncul opsi mapel. masi saya pelajari skrip dapodik

saya kurang paham pertanyaanya. masukan pada kelas teori

ya tambah lagi. jika males ya klik aja button salin template. ubah no.urut sdh dijelaskan. liat atas.

saya jg gagal paham. guru tsb terdaftar sejak kapan. misal terdaftar sejak tapel 2016/2017 maka jika guru tersebut login tapel seblum terdaftar tidak akan muncul, misal dia login tapel 2015/2016.

set ptk tsb sbg guru mapel dan pastikan semua detail terisi dgn bnr,pendidikan formal,penugasan,dll.

pastikan email/user tiap ptk berbeda



input teknik adhoc tdk perlu internet bro. set ip server menjadi ip statik. ping ip server dari client jika reply bearti konek. jika time out maka ip client samakan dg ip server tp beda angka belakanya.

kl mau pake internet mau di akses dari mana aja ya tinggal forward ip lokal server ke ip publik jika punya. jika langganan internet biasaya boleh minta ip publik.

forward ke ip publik bisa pake mikrotik atau router os selera masing"

Mantab gan tambahan tips nya, memang tidak perlu internet. ane juga kagak pake inet cuma pake HH no kuota hehehee. tips agan bisa diterapkan buat ops yang sudah expert.

Jika sudah ketemu wangsitnya bisa di share dimari gan, supaya dapat membantu banyak ops yang punya masalah yang sama... lanjutkan semedinya gan hehehee

Ptk yg bersangkutan terdaftar sejak 2010 dan 2013 mas, masih jamannya PAS SMA, dan rombel serta jjmnya sudah lengkap kebetulan ptk tsbt juga wali kelas. Ptk bisa masuk ke akunnya cuma rombelnya yg tidak ada

clear cookies from begining time. reload dan coba login kembali

jangan" itu bukan jaringan tp standalone, masing" pc instal dapodik. kl bnr itu yg terjadi sampe kpn pun gak konek. yg anda perbaiki data pc anda sbg server sdg ptk login pd pc sendiri dg app sendiri.

Gan, bgmna dgn nilai yang tidak bisa dikunci padahal sudah login dgn akun ptk? Mohon bantuannya

sekedar tambahan bro. jika sama sekali tidak punya peralatan jaringan. untuk koneksi/APN bisa di buat dari laptop server yaitu dgn mode adhoc (computer to computer/peer to peer)

caranya untuk mengunci nilai yg sudah dientri gimana ya

Mengapa setelah entri nilai Rapor semester genap tp 2016/2017 dan entri US/USBN nama Mata Evaluasinya Hilang/terhapus padahal saya sudah save ?????

Maaf mas supersuper aku kurang paham maksudnya, ptk yg bersangkutan bisa login di akun ptk, cuma rombelnya tidak ditemukan, sementara ptk yg lainnya kok bisa login di rombel yg sama dgn ptkku yg bermasalah, dapodiknya aku share ke laptop masing2 guru

yg siswa tidak terdaftar pada raport? padahal ada di dapodikmen dan ada pada rombl. tpi di raport rombel tsb tidak ada namanya. solusinya gmna ? thanks

pada mata evaluasi raport hapus matapelajaran dimaksud... dan tambahkan kembali sesuai no urut.,.

wita... registrasi prefill raport sukses tidak,,,

perbahrui app dapodiknya Gen... Versi 2017c suda di rilis sekarang

Silakan update pembaruan dapodik 2017c, banyak bugs dan keluhan operator yang sudah diakomodir di aplikasi yang baru. mudah-mudahan keluhan rekan-rekan dapat terselesaikan termasuk untuk jenjang sd sekarang sudah diakomodir. jangan lupa baca panduannya dan ikuti langkah-langkahnya

sdh updste 2017c. opsi login cuma ada 5 smt. 2014/2015 ganjil gak muncul. dah instal ulang sama aja. blm telusuri lbh jauh lg. tp mgkn temen" ada yg tau atau mengalami hal yg sama

mohon solusi, mengapa guru mapel agama pada nilai raport semester ganjil terbaca oleh guru mapel lain mohon solusinya??

Mas arif memang pertama waktu registrasi tidak sukses, ada kata beberapa data tidak berhasil diambil, tapi aku buka nilai aku entri mata evaluasinya, maklum masih belum faham saat itu, dan beberapa ptk saya udah entri nilainya di akun mereka, justru setelah ptk saya yg bermasalah baru kutau bahwa 3 orang ptk saya tidak menemukan rombel di akunnya, sesuai instruksi mas fajar subekti, dapodik saya sinkron dulu, setelah itu saya ambil kembali data prefill raport dan saya instal ulang lagi, tapi tetap aja ada kata kata "maaf beberapa data tidak dapat ditemukan"
Kenapa ptk yg kebetulan rombelnya sama dgn ptkku yg bermasalah kok bisa login dan rombelnya juga ada? Tolonglah mas bantuannya...

Saya tadi coba perbaharui dapodik ke 2017c, dgn kondisi internet online, updater berhasil, tapi giliran proses pembaharuan lama sekali dan hampir 30 menit belum juga berhasil kemudian muncul kata kata terputus dengan server, ini gimana ya mas?

jika internet lelet lebih baik via updater aja mbak

2017b emg gk bisa entry nilai kelas teory, hanya isa kelas utama. 2017c semua kelas muncul utama maupun teory. ptk itu mengajar di kelas jenis apa

Unuk saat ini blm bisa mengunci nilai, pastikan saja semua sudah di entri dan disingkronkan. mungkin menu kunci nilai blm diaktifkan untuk meminimalisir kesalahan karena jika ptk sudah terlanjur mengunci nilai maka tidak bisa di edit lagi

Update ke versi terbaru, unduh prefill baru beberapa kali. biasanya ukuran prefil berbeda-beda jadi jika generate prefill saya sarankan lebih dari sekali. pilh prefill dengan ukuran yang paling besar

Sementara biarkan saja tanpa dikunci, sampai ada info lebih lanjut

Kalau masih blm muncul mungkin bisa pakai cara ini gan, kemaren fix sy pake cara ini di leppi kawan ops; Instal ulang dapodik ke versi 2017b 'belum nyoba kalo langsung ke 2017c' kemudian lakukan registrasi online, setelah berhasil langsung muncul 6 semesternya, klo sudah muncul baru update ke 2017c

login pada semester dimaksud sebagai ops, periksa pengisian jjm pada rombel tersebut

Lebih direkomdasikan unduh updaternya. Jaringan memang sering menjadi kendala, TKP saya juga gitu. mereka yang pakai speedy banyak yang ngeluh susah "mungkin bandwidth nya kecil", saran ane pakai jaringan 3G/4G GSM biasanya lebih lancar.

sdh dicoba tmn sy. sm aja tep enggak isa. hanya ada option 5 semester

mas fajar, mungkin kalo dibaca dari awal agak gagal paham,karena terlalu banyaknya pertanyaan !!
mohon petunjung sy ops SD, untuk menambahkan mapel evaluasi kita login di ops apa di akun PTK??

Untuk membuat mata evauasi menggunakan akun operator, jika ingin inpun nilai mengunakan akun ptk. jika ingin memanfaatkan fitur import nilai biar inputnya cepat selesai bisa disini caranya http://www.dejarfa.com/2017/05/cara-import-nilai-di-dapodik.html

boeh tidak pasword ptk sama semua?

boleh saja tapi kurang safety.

http://114.30.81.87:5774/

punyaku itu gak muncul pilihan login 2014/2015 ganjil. sdh install ulang berbagai cara,sdh sinkron,sdh clear cookies, tetap gak muncul

mau tanya donk, saya udh ista prefil rapor dan sudah di ke dapodik , tapi menu untuk input rapornya masih abu2 , gak bisa di klik ,, kira2 apa yang salah ya ? terimakasih...

punyaku sudah 2017c tp masalahnya pd TP. 2014/2015 pake k13, trus mulai TP. 2015/2016 kembali pake KTSP. trus ngisi nilai k13 di tp. 2014/2015 gmn? trima kasih

jika sesuai panduan, pasword yg membuat ptk. kenyataannya semuan di handel ops jadi jika disamakan boleh saja, asal jangan emailnya yang sama. saya juga paswordnya tak buat sama semua.

iya sih, kalo tidak passwordnya ttp ptk masing-masing jg bisa biar g lupa

Mantab gan IP Public nya...
Ane belum nemu pasien lagi yang begitu jadi g bisa praktek buat nyari solusinya..

yang di klik bukan pada menu raportnya tapi mata evaluasinya

Cek pada beranda aplikasi sekolah maka akan terlihat sekolah diizinkan menggunakan kurikulum 2013 atau tidak. pengalaman input nilai tahun sebelumnya 'bkn dapodik' nilai k13 kan di konversi dulu ke ktsp bagi sekolah yang sempat melaksanakan K13. kordinasikan dengan waka kurikulum dan ks untuk lebih pastinya

Mohon Solusi!! bagaimana masuk sebagai wali kelas atw guru mapel jika guru bersangkutan sekaligus sebagai operator dan emailnya sudah digunakan pada aplikasih dapodik..

Buat email baru/berbeda dengan email dapodik lalu input email baru ke data rinci ptk, buat akun ptknya lalu login mengunakan email baru tersebut

Mau tanya, bagaimana entri nilai mapel agama pada kelas yang lebih dari satu agama.

Nanya bro Nilai yang masuk di dapodik t.p 2014/2015 apakah yang sudah lulus dimasukkan di dapodik

Saya sih tidak, kita login di semester tsbt kan mau input nilai siswa kelas 9 yang waktu itu masih kelas 1

Mohon solusinya pak...bagaimana jika nama wali kelasnya tidak sesuai pada pengisian nilai rapor (tambah mata evaluasi/pembelajaran)sedangkan pada data rombel sudah benar...bagaimana cara mengubah nama guru mata pelajarannya?

Login pada semester bersangkutan, periksa wali kelasnya dan guru mapelnya. guru dan wali kelas ini adalah guru dan wali pada tahun pelajaran dimaksud, jika t.p 2014/2015 maka harus terisi guru dan wali kelas tahun tersebut. jika tidak sama silakan di perbaiki.

Mas super super, aku udah perbaharui 2017c, Dan sukses diperbaharui dan udah sinkron,
1. tetap aja ptkku rombelnya tidak ditemukan di TA 2015 s/d 2017, tapi di 2014/2015 ada rombelnya cuma data siswa tidak ada.
2.Satu orang ptkku tahun 2015/2016 tidak muncul namanya di GTK, tapi di pembelajaran dia ada, ketika mau input di pembelajaran dirombel yg sama namanya tidak ditemukan kebetulan ada mapel wajib tambahan, tapi di 2014/2015 dan 2016/2017 gtk tsb ada cuma ketika buka akun ptk rombelnya tetap tidak ditemukan, perlu saya beritahukan bahwa ptk tsb ketika mutasi ke sekolah saya namanya saya entri manual dan berhasil tetapi ketika versi 2016 saya install nama ptk hilang dan sudah sistim tarik ptk, dan 2016 ptk tsb berhasil masuk dapodik saya lewat tarik ptk dan sampai sekarang.

Saya pikir solusi terbaik, paswordnya buat nama ptk itu sendiri tapi harus diberitahukan dulu sama ptknya masing masing

pada semester 3 dan 4 nama siswa nya tidak sesuai dengan nama siswa di semester 5 dan 6, mohon solusinya pak..

mohon bantuannya. kalau menambahkan mulok pada mata evaluasi rapor gimana ya ?
sekolah ada 2 mulok, yg tidak bisa masuk. btq dan b.inggris. kalau yg ditambahkan mulok btq, mulok b.inggris tidak muncul pada pilihan (tidak bisa ditambahkan). dan sebaliknya, jika mulok b.inggris yg ditambahkan, mulok btq yg tidak muncul pada pilihan. lalu bagaimana solusinya ?
makasih

Pada Nilai US/USBN Hanya Matapelajaran Mulok yang tidak muncul. padahal suda diinput sejak awal di dapodik .solusinya.

Mohon bantuannya.
Wali kelas sudah menginput semua nilai raport di setiap mata pelajaran melalui import nilai dan berhasil. Tetapi telah di lakukan pindah template ke nilai US/USBN dan semua nilai pada mapel sebelumnya hilang. Bagaimana cara mengembalikannya? karena dengan menginput manual lagi pada pelajaran yang sama di raport tidak berhasil di simpan.

periksa angota rombel pada semester bersangkutan, periksa juga pemilihan semester pada saat membuat mata evaluasi

Periksa jjm pada rombel dimaksud, pastikan sudah di input muloknya.

Mulok tersebut apakan di us kan? jika iya periksa di jjm rombel apakah sudah diisi mapel muloknya

patikan pada saat mengimport nilai terdapat popup import nilai berhasil sejumlah siswa, jangan sampai terdapat data yg dilewati

boleh minta contoh, untuk mengisi jjm mapel b.ing sama btq caranya bagaimana?
karna di rombel sudah ada. apa masuk matpel wajib atau mapel tambahan?
max jjm 0
padahal 2 mulok itu masuk di nilai US..

Isikan sama persis dengan isian pada jjm rombel

input nilai login smt trakir aja, login akun ptk kl emg ptk mau input sendiri. perbaikan pembelajaran, login smt yg ingin di perbaiki

pada rombel kelas utama jumlah jam yang sudah max sesuai aturan k13,jika dipaksa tambah mapel lagi ya bisa saja tapi saat sinkron akan invalid. kondisi seperti itu sebaiknya mapel tersebut di buatkan kelas/rombel sendiri yaitu kelas teori namun jangan lupa memasukan anggota rombel pada kelas teori.

mohon bantuannya min, data mapel di form nilai rapot tidak mnuncul semua, hanya muncul prakarya dan seni budaya, padahal dalam rombangan belajar semua mapel sudah ditambahkan dalam pembelajaran

kasus yg saya alami, utk penguncian nilai tidak bisa, padahal sudah log in pakai akun PTK. bagaimana solusinya? terima kasih....

Untuk saat ini sepertinya belum bisa mengunci nilai, namun itu tidak menghalangi singkronisasi. mungkin sengaja belum diaktifkan menu ini untuk meminimalisir keluhan kesalahan input nilai karena jika sudah dikunci tidak dapat lagi di ubah.

Mungkin Intsal dapodik dan raport nya tidak sempurna, khusus prefill pastikan unduh menggunakan jaringan yang baik, sebaiknya download prefill beberapa kali karena biasanya ukuranyya akan berbeda.

aidil uchiha pratama delete 5/19/2017 04:23:00 PM

PAK nanya untuk sd nilai rapor ktsp b.indonsia ada nilai sikap spriritual...itu harus di isi apa kalo tidak di isi tidak apa apa..thanks

Memang Bahasa Indonesia ada nilai sikapnya. Sebaiknya di isi saja, mintakan nilai ke guru bersangkutan.

mohon info apakah rombel pengisian nilai untuk setiap semesternya harus sama. soalnya saya di dapodik setiap tahun siswanya diacak ulang. apakah siswa tersebut di setiap semsternya di kembalikan sesuai dengan rombela kelas ix uang tertera di DNT ujian? karena untuk export exel pasti tidak sama setiap semsternya dimana siswanya teracak

mohon solusi untuk siswa pindahan yang masuk 9, bagaimana cara pengisian di nilainya untuk kelas 7 dan kelas 8 bagi siswa tersebut sementara siswa itu belum masuk dapodik di kelas 7 dan kela 8?

Yang ngisi nilai sekolah sebelumnya

Tidak ada acuan mengenai rombel yang acak. mungkin tim pengembang dapodik tidak mengetahui bahwa masih ada sekolah yang siswanya di acah-acak hehehehe

Maaf saya mau tanya...
apabila kita login menggunakan 2016/2017 genap, apakah nilai yg dimasukkan nilai 2016/2017 genap atau nilai 2016/2017 ganjil ??
Di tab semester pada menu nilai raport itu apabila kita login 2016/2017 genap tab semester akan terisi 2016/2017 ganjil
apabila login 2016/2017 ganjil tab semester akan terisi 2015/2016 genap. dst

Input nilai tidak harus login di masing-masing semester, cukup pada bagian nilai pilih semester yang akan diisi

min. bagaimana cara memasukan mata pelajaran seperti penjas dan agama untuk pengisian raport SD ? yang tampil di urutan hanya mata pelajaran wajib walikelas kurikulum KTSP .. mohon pencerahan

Mapel evaluasi asalnya dari mapping jjm pada rombel, jadi periksa pengisian jjm pada rombel semester bersangkutan

o iya data yg di kirim mulai dari semester berapa ya min?

SD dan SDLB K-2006 Semester 7 sampai dengan semester 12, K-2013 Semester 9 sampai dengan semester 12
SMP dan SMPLB K-2006 Semester 1 sampai dengan semester 6, K-2013 Semester 1 sampai dengan semester 6
SMA, SMK, dan SMALB K-2006 Semester 3 sampai dengan semester 6, K-2013 Semester 1 sampai dengan semester 6

haduh, baru join dapodik 2015/2016 jadi data 2014/2015 kosong total

mau tambah guru, tapi fitur dikunci
ada solusi?

males ke dinas, karena cukup jauh dan mengantri

Daniel Lumban Gaol delete 5/23/2017 04:50:00 PM

Bisa ga Pa, dikirimkan file contoh cara pengisian nilai B.Indonesia Versi Kur 13? Soalnya sem 7 kami Kur 13, tetapi Sem 8-12 KTSP. Makasih: lumbangaoldaniel@gmail.com

pada saat menyimpan nilai selalu muncul kalimat "objek pembelajaran tidak ditemukan",,,sehingga nilai tdk tersimpan,,mohon solusi nya

Tambah PTK baru harus di dinas, aturannya begitu.

Memang begitu kan? dulu memang sekolah menerapkan k 13 lalu beberapa dikembalikan ke KTSP. isi saja sesuai kolom inputan

Bisa begitu ya? coba ikuti langkah-langkah penginputan nilai raport. jangan ada yang terlewatkan "bisa baca panduannya".
Saya input nilai dengan fitur import nilai jadi tidak perlu menyimpan karena setelah import nilai otomatis tersimpan

mohon solusi untuk siswa pindah masuk kls 9, bagaimana cara mengisi nilainya untuk kelas 7 dan kelas 8 sementara siswa itu belum masuk dapodik di kelas 7 dan kela 8?

Isikan saja yang ada, siswa pada kls itu kan terdaftar di sekolah sebelumnya jadi yang input sekolah sebelumnya

mohon bantuan/SOLUSI semua,
untuk SD t.p 2014/2015 semester 7 dan 8 tidak ada mata pelajaran yg muncul untuk di pilih ketika mengisi rapor..

Login pada semester 14/15 periksa mapping rombelnya. jika baik2 saja mungkin prefillnya tidak sempurna, biasanya penyebab utama nilai raport terjadi eror sana-sini karena generate prefill yang kurang sempurna.

Di nilai raport K13 kok per mapel y munculnya??bukankah K13 mapelnya jadi per tema,apa memang sprti ini dibuat per mapel sprti KTSP??

Setau saya raport fisik K13 pun per mapel

sekolah kami sekolah muhammadiyah, jadi ada mapel kemuhammadiyahan. tapi tidak tercantum di pilihan menu pembelajaran min. mohon infonya.

Mlm min,, saya mau tanya pada TA 2014/2015 genap rombelx tidak ditemukan, pdahal yg dganjil ada gmna carany min..(utk SMP)
Satu ge nilai US/USBN yg diinput mapel USBN aj atau mapel USBN n Mapel UN???

KMD kan bukan JJM wajib kurikulum jadi harus ditambahkan, biasanya dimasukkan ke jam tambahan wajib. perhatikan struktur kurikulum sekolah, karena pengisian JJM ada rombel harus sesuai dengan struktur kurikulum dan tidak boleh melebihi JJM maksimal. di atas ada truktur nya silakan dipahami

Nilai US dan USBN

pada pengisian raport untuk mapel produktif di SMK apakah hrz per kompetensi ataukah bs seperti US/USBN di jadikan satu "KOMPETENSI KEAHLIAN"

Nilai US & USBN yg diinput apakah harus diatas rata2 min???
Rata2 nilai 7.00 tp nilai siswa byk yg dbwah rata2..

Input saja nilai dari guru mapel, kan ada KKM nya. Kalo ada siswa nilainya dibawah KKM berarti tidak lulus kan?

Saya kurang paham,
Kalo saya hanya ngisi sesuai data riil di sekolah

Nilai US n USBN dr pusat min..

mapel semester VII - SEMESTER IX TDAK ADA GIMANA SOLUSI

Mohon solusi, pada semester genap ada kepsek baru namun untuk semester ganjil sebelumnya kok malah kepsek yang baru sudah mengganti kepsek yg lama ya?

Bukannya US dikoreksi sendiri ya? Yg dari pusat kan UN

Silakan baca-baca komen di atas

Periksa pengisian TMT kepala sekolah

Memasukan nilai yang seharusnya diisikan oleh guru mapel tapi diisikan langsung oleh wali kelas pake akun wali klas apa tidak apa apa?

Tidak masalah, memang salah satu tambahan fitur di dapodik 2017c adalah penambahan peran wali kelas untuk input nilai. Kenapa tidak memakai import nilai saja? dengan cara import nilai jadi lebih cepat dan mudah

data nama siswa ntuk tp 15/16 tidak muncul di menu raport ? mhn solisinya

Oke pak terima kasih. Disini sebagian besar guru/wali kelas masih belum menguasai IT dan rekap nilai masih ditulis dikertas pak

Lebih mudah dengan import nilai, cukup login ops saja bisa langsung import nilai semua mapel. http://www.dejarfa.com/2017/05/cara-import-nilai-di-dapodik.html

Pertanyaan yg sejenis sudah ditanyakan di atas, silakan dibaca-baca

siswa baru tahun ajaran 2017 namanya muncul di tahun ajaran yang 2014, jd blm ada kelasnya. apakah aman jika nama siswa ini sy hapus. adakah solusinya

apakah untuk semester genap 2016/2017 nilai harus diinput jg sebelum tgl 31 mei 2017 ?? help mee

Fokus saja dengan inputan nilai

Dengan Import nilai ngisi nilai raport jadi sangat cepat, satu mapel cukup 1-2 menit selesai

ada nggak format exel untuk mempermudah pengisian nilai didapodik???

Silakan baca cara mudah import nilai di dapodik, di atas ada

Kemaren saat saya mensinkron dapodik, pengiriman data di tengah jalan gagal sebagian saja yg terkirim... Lalu saya sinkron lagi dan berhasil mengirim tp berhenti lagi di tengah jalan .. Lalu saya sinkron lagi gak bisa" ktrangannya karna server sibuk ... Apa memang hari ini server pusat lagi Down?? Pdahal masih ada data nilai raport yg belum terkirim ...

Maklum menjelang deadline jadi server pasti overload, sesungguhnya sudah disampaikan di panduan untuk singkron secara bertahap tanpa nunggu selesai input semua gunamenghindari gagal sigkron karena data terlalu banyak

Ya udah deh semoga diperpanjang tenggang waktunya 😁

Mudah-mudahan begitu, karena dilapangan masih banyak yang belum selesai input nilai dan singkronisasi

Kalau mau input mapel PLH di 2016/2017 kategori mapel apa ya dlm pembelajaran? Muatan lokal kah? Utk jenjang SD.

Sesuaikan saja dengan struktur kurikulum sekolahnya

MIN,kalau misal telat sinkron utk nilai smster gnjil,TP 2016/2017.
apa ada pengaruhnya ya ?

Mudah-mudahan tidak ada,
untuk melihat hasil inputan nilai raport silakan cek di
http://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/usr/in/ops

mohon solusinya..ada yang mau input raport kelas 4 tetapi di dapodik muncul kelas..sehingga nama siswa yg di kelas 4 dan 5 sama..

«Terlama   ‹Lebih tua   1 – 200 dari 210   Lebih baru›   Terbaru»
Komentar baru tidak diizinkan.