Cara Install Dapodik 2018 dengan Baik dan Benar

Setelah menunggu dengan gelisah akhirnya tim manajemen dapodik kemdikbud merilis dapodik versi terbarunya yakni dapodik versi 2018. Setelah merampungkan  masa pengujian atau testing, tim manajemen dapodikdasmen kemdikbud telah resmi meluncurkan aplikasi yang sudah seperti pasangan tak terpisahkan buat operator sekolah yang satu ini. Karena baru maka diperlukan Panduan Cara Install Dapodik 2018 dengan Baik dan Benar.
Panduan Aplikasi Dapodik 2018 dejarfa.com
Panduan Aplikasi Dapodik 2018
Pada aplikasi terbaru ini, terdapat beberapa hal yang perlu menjadi perhatian. Meskipun secara tampilan dan navigasi aplikasi dapodik versi 2018 didesain sama dengan aplikasi generasi sebelumnya. Hal ini bertujuan memudahkan proses penginputan data di satuan pendidikan. Dari segi tampilan hal yang tampak berbeda adalah konfigurasi warna yang berbeda pada login dan registrsi sehingga memberi kesan lebih segar.

Dari sisi system, aplikasi dapodik 2018 dirancang  untuk dapat menghasilkan kualitas data yang lebih baik. Struktur database telah mengalami pembaruan sesuai dengan kebutuhan pemanfaatan data. Dengan ditanamkannya  aturan validasi  yang baru  diharapkan dapat mengurangi kekeliruan penginputan data serta dapat  meningkatkan kebenaran dan kelengkapan data.

Aplikasi Dapodik 2018 bersifat installer, artinya aplikasi dapodik versi sebelumnya yakni dapodik 2017c tidak bisa di upgrade ke Dapodik 2018, melainkan harus melakukan install ulang aplikasi dapodik 2017.

Pembaruan yang paling menonjol dari Aplikasi Dapodik 2018 adalah dikembangkannya fitur baru yaitu "Jadwal dan Ekstrakurikuler". Menu ini terbilang baru hadir pada aplikasi yang baru saja di rilis tanggal 4 Agustur 2018.

Daftar Perubahan Penting Pada Dapodik 2018

Penambahan Menu Jadwal Pelajaran
Jadwal pembelajaran pada aplikasi Dapodik 2018 mencakup pemetaan jumlah jam mengajar guru di kelas sesuai dengan hari maupun urutan jam pembelajaran diselenggarakan. Untuk lebih jelasnya silakan baca Cara Mudah Mengisi Jadwal Pelajaran Dapodik 2018.

Penambahan kolom anak ke-berapa pada data Peserta Didik
Pengisian kolom anak ke-berapa ini mengacu / berdasarkan urutan pada kartu keluarga

Isian secara otomatis untuk sarana yang berada dalam prasarana jenis Ruang Kelas/Teori
Sarana yang  seharusnya  tersedia pada aplikasi dapodik ditandai dengan warna merah pada tabel sarana. untuk mengisi data sarana tersebut lakukan langkah sebagai berikut: pilih simpan, maka semua sarana yang berwarna merah akan tersimpan.

Isi data jumlah dan kelaikan sarana apabila terdapat sarana yang belum dimiliki, hapus data sarana tersebut, maka sarana tersebut akan kembali ditandai merah. Hal ini menunjukkan bahwa sarana tersebut seharusnya tersedia namun belum dimiliki oleh sekolah.

Penambahan tombol pada blockgrant untuk pemetaan dengan prasarana
Pada aplikasi dapodik versi 2018 operator sekolah dapat melakukan mapping penggunaan dana blokcgrant untuk Prasarana, jika isian mapping di lakukan pada menu isian blockgrant operator tidak perlu melakukan pengisian kembal i pada sarpras dihasi lkan blockgrant

Penambahan sheet baru untuk rekap jadwal pada unduhan profil sekolah
Aplikasi dapodikdasmen memfasilitasi sekolah yang ingin melihat hasil input data dapodik dalam bentuk profil yang dapat diunduh pada aplikasi dapodik secara offline. Pada aplikasi dapodik versi 2018 terdapat penambahan sheet baru yakni rekap jadwal hasil pengerjaan aplikasi dapodik.

Penambahan referensi Pengurus Komite Sekolah
Pada data rinci sekolah jenis satuah tugas di Kepanitian Sekolah terdapat referensi untuk mengisi data komite sekolah yang tergabung dalam kepanitiaan sekolah. Menu Kepanitiaan Sekolah di dalamnya mencakup data Komite Sekolah dan juga Data Penyelenggara Sekolah Aman.

Penambahan referensi Kepala Sekolah menjadi tugas utama
Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 19 Tahun 2017, mulai awal tahun ajaran baru 2017/2018 kepala sekolah memiliki  beban kerja sepenuhnya untuk melaksanakan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan, dan supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan.

Maka, pada aplikasi dapodik terbaru versi 2018 mengakomodir hal tersebut dengan adanya jenis PTK Kepala Sekolah.

Penambahan referensi UKG untuk data rincian Nilai/Test pada PTK
Penambahan referensi UKG pada nilai test untuk guru yang mengikuti Uji Kompetensi Guru. Referensi ini ditambahkan  untuk mengakomodir kelengkapan data guru dalam proses pemanfaatan data di direktorat teknis.

Penambahan referensi jenis rombel Ekstrakurikuler pada menu Rombongan Belajar
Pada aplikasi versi 2018 ini menu rombongan belajar dibagi menjadi dua yaitu jenis rombel regular dan jenis rombel ekstrakurikuler. Hal ini dilakukan untuk memudahkan dalam pengisian rombel regular dan ekskul.

Penambahan tabulasi rincian Ekstrakurikuler pada menu Sekolah
Dengan terakomodirnya mata pelajaran dan program ekstrakurikuler pada tabel rombongan belajar, maka pengisian ini juga ditambahkan pada menu rincian sekolah untuk mengelompokan jenis ekstrakurikuler yang terdaftar di sekolah berdasarkan rombel ekskul yang sudah ditambahkan. Penjelasan terkait rombel ekskul dapat di baca pada Cara Membuat Rombel Ekskul Dapodik 2018.

Perubahan tampilan pada menu Peserta Didik
Jika yatim dan atau piatu maka baris data akan berwarna. Pembaruan ini dibuat untuk memudahkan dalam mencari peserta didik yang memiliki kriteria khusus yaitu: Peserta didik yang tinggal di panti asuhan atau Peserta didik yatim piatu yang ayah dan atau ibunya sudah meninggal (diisi pada kolom pekerjaan ayah atau ibu)

Penambahan validasi jika terdeteksi guru yang mengajar ganda pada jadwal
Validasi untuk mendeteksi guru yang mengajar pada jadwal yang sama di rombongan belajar yang berbeda pada jadwal mengajar.

Penambahan validasi ketika masih ada pembelajaran yang belum dipetakan ke dalam jadwal.
Akumulasi jam yang belum dipetakan dalam jadwal mengajar akan terkena  validasi secara otomatis pada aplikasi dapodik. Dimaksudkan untuk mengingatkan terdapat perbedaan antara jam yang di input pada pembelajaran dengan data maping jadwal mengajar.

Pengisian data pada no rekeing bagi peserta didik pemegang KIP oleh pusat
Isian pada no rekening bagi peserta didik yang memiliki KIP, dilakukan oleh tim pusat berdasarkan data pemegang KIP di sekolah.

Selain Perubahan dan pembaruan di atas juga terdapat pembaruan minor lainnya yang dapat di secara lebih rinci dipahami pada file Panduan Dapodik 2018 berbentuk pdf pada tautan di bawah.
Download Panduan Dapodik 2018.pdf
Kumpulan Formulir Dapodik 2018.rar

Mempersiapkan Laptop/PC

Sebelum melakukan instalasi Dapodik 2018 ada baiknya diperhatikan hal-hal berikut ini.
Pertama, Pastikan laptop yang adan digunakan terbebas dari masalah, baik itu masalah yang disebabkan karena virus, malware maupun masalah lainnya.

Kedua, Bagi yang laptopnya baru dilakukan install ulang harap kembali dipastikan bahwa pengaturan waktu sudah sesuai dengan waktu Indonesia dengan memilih zona waktu UTC+07:00 Bangkok, Hanoi, Jakarta.

Ketiga, Jika terpasang deep freeze maka harus dinonaktifkan terlebih dahulu.

Keempat, Disarankan untuk menonaktifkan firewall jika ingin menggunakan entri data dengan menggunakan jaringan dan juga direkomendasikan untuk menonaktifkan dan atau menghapus antivirus avast, avira, symantec, antivir dan menggunakan antivirus windows defender atau microsoft essentials. Ini bersifat opsional, bagi yang aplikasi dapodiknya tidak berjalan sebagaimana seharusnya sebaiknya mengikuti rekomendasi ini.

Kelima, Jika ops menggunakan sistem operasi windows 8 ke atas sebaiknya fitur smartscreennya di nonaktifkan karena pada beberapa kasus fitur ini mencegah proses instalasi aplikasi. Caranya masuk ke kontrol panel lalu pilih Action Center (W8/8.1) dan Security and Maintenance (Windows 10). Pada menu selanjutnya pilih Change Windows Smartscreen Setting lalu non-aktifkan.

Download Installer Daposik

Setelah laptop siap, maka selanjutnya tinggal mengunduh aplikasi dapodik 2018. Untuk mengunduh aplikasinya silakan berkunjung ke laman dapodikdasmen kemdikbud pada menu unduhan (http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/laman/unduh). Jika satu dan lain hal rekan-rekan mengalami kesulitan mengunduhnya maka admin sediakan unduhan di bawah ini. File ini adalah file hasil unduhan dari laman kemdikbud yang telah di upload ulang
Download Installer Dapodik 2018

Install Dapodik dengan Baik dan Benar

Bagian sangat penting dari urutan pengerjaan dapodik adalah proses instalasi dapodik, hal ini sering menjadi awal dari permasalahan dan eror yang terjadi dalam pengisian maupun pengiriman/singkronisasi. Karenanya Admin perlu mengingatkan kembali cara install dapodik yang baik.

Jalankan Installer melalui Run as Administrator. Caranya klik kanan pada file dapodik lalu pilih fitur Ran as Administrator. Kenapa demikian? Fitur ini bertujuan memberi akses maksimal kepada aplikasi dapodik untuk menggunakan sumberdaya yang diperlukan agar aplikasi dapodik berjalan secara maksimal. Fitur ini berlaku bagi pengguna Windows 7, 8, 8.1 dan 10.

Selanjutnya lakukan proses install seperti biasa hingga selesai, selesainya proses instalasi ditandai munculnya ikon Dapodik pada dekstop laptop/PC

Memasukkan Prefill dan Registrasi Dapodik

Sebelum memasukkan prefill (registrasi) dapodik tentu harus mengunduhprefillnya terlebih dulu pada laman generate prefill (http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/laman/unduh). Masukkan jenis jenjang, username, password dan kede registrasi sekolah pada kolom yang disediakan lalu tekan tombol Generate. Tunggu proses pengambilan database hingga tuntas.

Download prefill tersebut kemudian letakkan di folder prefill_dapodik pada drive C:/. Jangan menggunakan prefill kadaluarsa lalu pastikan ketika mengunduh prefill ukurannya tidak 0 kb, ukuran file sangat dipengaruhi dengan jumlah data artinya semakin besar data sekolah maka semakin besar pula prefillnya.

Berdasarkan pengalaman, generate prefill tak semudah seperti seharusnya. Seringkali ketika ingin generate prefill justru gagal dan gagal lagi. Sebagai saran sebaiknya lakukan generate pada jam-jam tidak sibuk seperti pada pagi hari.

Bagi yang memiliki jaringan internet lancar jaya, bisa juga melakukan registrasi secara online dengan memilih tipe registrasi menjadi OnLine. Lengkapi kolom isian dengan data yang diperlukan lalu registrasikan secara on line.

Setelah registrasi selesai dilakukan (Offline maupun Online), lakukan refresh browser dengan menekan tombol refresh atau tombol F5. Pada Kasus tertentu perlu juga dilakukan pembersihan histori browser dan cache agar dapodik berjalan sesuai dengan harapan.

Jika pada tahap ini telah berhasil masa admin ucapkan selamat bekerja, ingat kesehatan jangan terlalu dipikirkan. Kerja santai tapi terukur mungkin lebih baik, hindari mengerjakan menjelang batas akhir pengiriman karena nantinya akan membuat singkronisasi terkendala karena beban server yang overload.

Guna meningkatkan kualitas data dapodik, mungkin rekan-rekan operator sekolah tertarik untuk mengetahui Panduan Pengisian Sanitasi Sekolah Versi Dapodik dan Panduan Mengisi Kerusakan Bangunan Versi Dapodik.

Demikian sekilas tentang Panduan Cara Install Dapodik 2018 dengan Baik dan Benar, jika mengalami kendala terkait dapodik dan info PTK mungkin tertarik membaca Permasalahan dan Solusi Dapodik dan Info PTK. Semoga Bermanfaat.

11 Komentar "Cara Install Dapodik 2018 dengan Baik dan Benar"

  1. mohon bantuannya... Pada saat pengisian PTK.. saya tidak menemukan Tab Kompetensi, namun... ketika saya unduh table itu ke excel muncul kompetensi.. .ada yang tau cara mengatasi hal ini. karena sampe sekarang jadinya Invalid.

    BalasHapus
  2. Untuk mengisi kompetensi GTK terletak pada data rinci GTK, caranya dengan menekan tombol tambah maka secara otomatis akan mencari kompetensi gtk dimaksud. setelah terbaca oleh sistem tingal disesuaikan yang kurang pas, semisal guru mengajar tidak linear dengan ijazah maka pada bagian bidang studi harus disesuaikan dengan mata pelajaran yang di ajar.

    BalasHapus
  3. Mohon bantuan. Di info PTK jjm tugas tambahan kepala sekolah saya tidak muncul. padahal sudah di entri di dapodik. Bagaimana solusinya

    BalasHapus
  4. Maaf salah. Maksud saya di dapodikdas jjm kepsek tidak muncul dan di info gtk tugas tambahan tidak muncul. mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mengisi tugas tambahan kepala sekolah letaknya ada pada data rinci PTK, pada bagian bawah pilih tugas tambahan. jika masih kossong pilih tombol tambah lalu isikan data tugas tambahan dimaksud. untuk kolom TST dikosongkan, karena TST di isi ketika sudah purna tugas sebagai kepala sekolah. jika kolom ini diisi padahal mash menjabat maka PTK dianggap sudah bukan kepala sekolah lagi, sehingga tugas tambahan tidak muncul

      Hapus
  5. Entri tugas tambahan kepseknya sudah sesuai petunjuk. di profil juga muncul tugas tambahan dgn jjm 18 jp. Tp kalau lihat hasil sinkronisasi di web dapo.dikdasmen.kemdikbud itu jjm tugas tambahannya tidak muncul. dan di info ptk lebih parah tugas tambahannya tidak muncul.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika sudah di entri dengan benar lalu di web dapodikdasmen data tidak muncul mungkin pada waktu singkronisasi terdapat data yang tidak berhasil terkirim. pada menu singkronisasi ada menu update versi, pastikan tombol tersebut sudah di pilih sebelum proses singkronisasi di lakukan. setelah selesai singkronisasi periksa kembali, pastikan data terkirim seluruhnya. jika tetap saja coba generate prefil baru, instal ulang dapodiknya, registrasi seperti biasa, cek kembali datanya dan singkronkan

      Hapus
  6. Cara itu juga semua sudah dilakukan. di web dapodikdasmen tetap saja tugas tambahan kepseknya 0 jam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prinsip kerjanya jika di dapodik data sudah di entri namun di server data belum masuk mungkin ada kendala pada saat singkronisasi, jika singkronisasi berhasil 100 % maka data akan sama dengan di dapodik. data di server pusat seharusnya tidak berbeda dengan data di lokal kecuali data lokal tidak terkirim seluruhnya. jika merasa sudah sukses terkirim seluruhnya maka cara mengeceknya dengan melakukan instak ulang dapodik menggunakan prefil terbaru. jika setelah instal ulang dengan prefil baru tugas tambahan kepala sekolah sudah terisi berarti data telah terkirim. namun jika setelah di instal ulah data tugas tambahan belun terisi berarti data belum sukses terkirim

      Hapus
  7. Balasan
    1. Mudah-mudahan bermanfaat ubtuk rekan-rekan operator sekolah

      Hapus

Silahkan berkomentar terkait artikel di atas, biasakan membaca sebelum berkomentar.