-->

Cara Mudah Membuat Rombel Ekskul di Dapodik 2019

Aplikasi Dapodik telah menjadi trending saai ini, setelah dinanti-nanti akhirnya dirilis dengan tambahan fitur jadwal pelajaran dan rombel ekstrakurikuler. Pengisian fitur baru ini tentu belum familiar bagi para operator sekolah karenanya perlu sebuah panduan guna memberikan pemahaman tentang Cara Membuat Rombel Ekskul Dapodik 2019.
Cara Membuat Rombel Ekskul Dapodik dejarfa.com
Rombel Ekskul Dapodik
Penambahan Rombel ekstrakurikuler di aplikasi dapodik 2019 ditujukan kepada sekolah yang melaksanan program ekstrakurikuler dengan maksud dan tujuan agar pemakai data dapat dengan mudah melihat serta melakukan analisis kegiatan ekskul (ekstrakurikuler) baik data ditingkat sekolah, kabupaten/kota maupun propinsi.

Untuk meminimalisasi eror atau kesalahan yang bisa saja terjadi, sebaiknya rekan-rekan operator sekolah membaca dengan seksama panduan dapodik khususnya pada poin mengisi rombel ekskul. Berikut admin rangkumkan langkah dan cara mengisi robel ekstrakurikuler dapodik 2019.

Mempersiapkan Dokumen Pendukung

Dokumen pendukun disini digunakan sebagai dasar pengisian rombel ekskul sehingga kita sebagai operator sekolah sifatnya hanya mengisi dokumen pendukun ke dalam dapodik. Ini juga memudhkan dalam pengerjaan dapodik karena data yg akan diinput sudahlah lengkap. Untuk data terkait ekskul silakan unduh lalu cetak formulir ekskul dapodik sesuai denga tingkatannya.

Membuat Rombel Ekskul

Setelah formulir diisi dengan lengkap oleh pehak terkait (KS / WKS / pihak lain yang diberi kewenangan mengisi oleh KS) maka masuk ke tahap membuat rombek ekskul. Pembuatan rombel ini sebagai syarat agar sekolah bisa mengisi program ekskul yang ada di sekolah ke dapodik.

Untuk membuat rombongan belajar jenis ekskul dengan memilih pada menu Rombongan Belajar lalu pilih Ekskul. Setelah masuk ke menu Ekskul, pilih tombol tambah untuk kemdian mengisi dengan lengkap setiap kolom yang tersedia yakni Jenis Rombel, Nama Ekskul, Nama Pembina, Prasarana digunakan dan seterusnya hingga lengkap.

Lengkapi data ekstrakurikuler kemudian lakukan mapping anggota ekstrakurikuler (peserta didik), caranya sama seperti pengisian anggota rombel di menu pembelajaran.

Memilih Jenis Ekskul

Setelah proses pembuatan rombel ekskul selesai dilakukan, maka selanjutnya memapingkan ekstrakuler tersebut kedalam jenis ekskul sekolah yang terletak pada menu sekolah.

Pada menu sekolah silakan menuju ke bagian data rinci sekolah, cari dan temukan fitur Ekstrakulikuler, jika mencari di deretan tab biasanya ada dialing kanan atau di bagian bawah jika memilih tombol ilihan fitur. Jika sudah ditemuhan, pilih tombol tambah, lalu pada kolom Rombongan Belajar akan menampilkan data Nama Rombongan Belajar. Data ini berdasarkan data yang telah diisi padatahap sebelumnya di poin pertama.

Setelah rombel dipilih selanjutnya pada kolom jenis ekstrakurikuler akan tampil pilihlah jenis ekstrakurikuler yang ada sesuai dengan rombongan belajar tersebut. Lengkapi data isian pada tiap-tiap kolom yang tersedia lalu pilih tombol simpan.

Sampai di tahap ini proses mapping jenis eksul untuk setiap rombongan belajar telah selesai dilakukan.
Download Panduan Pengisian Rombel Ekskul Dapodik
Demikian tentang Cara Membuat Rombel Ekskul Dapodik 2018, Jika anda operator sekolah mungkin tertarik untuk mengetahui Cara Instal Dapodik dengan Baik dan Benar ataupun Cara Mengisi Jadwal Pelajaran Dapodik. Semoga Bermanfaat.

Silahkan berkomentar terkait artikel di atas, biasakan membaca sebelum berkomentar. Komentar yang sama atau tidak terkait dengan artikel tidak disetujui