Cara Registrasi / Login SIM Guru Pembelajar 2017 (SIM PKB Guru)

SIM Guru Pembelajar 2017 (SIM PKB Guru) telah mengalami peningkatan akses bagi semua guru baik yang telah mengikuti UKG 2015 maupun belum. Karenanya simak baik-baik cara registrasi dan loginnya pada uraian ini.

SIM PKB Guru (Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) merupakan program lanjutan SIM Guru Pembelajar (GPO) yang dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kompetensi pendidik sehingga mampu menjadi faktor pendorong peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah. Program ini ditujukan bagi pendidik bersertifikat maupun belum dengan capaian minimal nilai UKG rata-rata nasional sebesar 70.

Seluruh peserta dapat login dan mengakses akun SIM Guru Pembelajar (SIM PKB Guru) mengguna-kan Username dan Password pada Lembar Akun masing-masing, yang didapatkan melalui beberapa metode sebagai berikut:

  1. Menerima dari Operator P4TK naungannya.
  2. Menerima dari Admin Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota tempatnya tercatat sebagai Guru Pembelajar.
  3. Menerima dari Ketua Komunitas GTK tempatnya terdaftar sebagai Anggota Komunitas.
  4. Melakukan Registrasi Akun secara mandiri di laman SIM Guru Pembelajar (SIM PKB Guru).
Dari ke-empat metode di atas mimin akan mennyajikan metode terakhir dimana registrasi akun dila-kukan secara mandiri oleh guru, dengan langkah-langkah sebagai berikut:

Cara Registrasi SIM Guru Pembelajar 2017 (SIM PKB Guru) dejarfa.com
SIM Guru Pembelajar 2017

1. Masuk ke Portal Resmi Guru Pembelajar

Untuk mengakses layanan guru pembelajar silakan pilih tautan berikut https://sim.gurupembelajar.id atau https://app.simpkb.id/akun/registrasi. Pilih menu Registrasi, selanjutnya muncul tampilan registrasi akun guru pembelajar. Bagi peserta UKG 2015 dapat langsung melakukan registrasi dengan memasukkan nomor peserta serta tanggal lahir sesuai format yang disediakan lalu dapat langsung melanjutkan tahap 3. Jika lupa nomor peserta atau belum mengikuti UKG 2015 ikuti proses tahap 2 untuk mencarinya.

2. Pilih Menu Cari No. UKG

Setelah menekan menu Cari No. UKG maka tampil menu Pencarian Data GTK. Pilih propinsi dan kabupaten/kota satmikal lalu ketiklah nama PTK. Terakhir pilih tombol Cari GTK. Tunggu beberapa saat maka pencarian menampilkan hasil berupa Nama PTK, Instansi dan Nomor UKG.

Jika nomor peserta diawali angka 2015 menandakan GTK tersebut sudah melakukan UKG tahun 2015. Namun jika diawali angka 2016 berarti GTK tersebut belum melakukan UKG. Rencananya akan diadakan Pretest terlebih dahulu.

3. Registrasikan No. UKG

Setelah mengetahui nomor peserta selanjutnya kembali ke menu registrasi akun, masukan nomor peserta UKG yang sudah di catat sebelumnya, masukan tanggal lahir PTK lalu centang kotak bertuliskan Saya bukan robot, selanjutnya klik tombol Register akan tampil menu persetujuan.

Klik setuju maka otomatis mengunduh Surat Pemberitahuan Akses Layanan SIM GPO, di dalam surat tersebut sudah terdapat user name dan pasword sebagai user untuk login.

4. Login Guru Pembelajar

Setelah berhasil tersimpan, kemudian buka file akun PTK tersebut kemudian lakukan login. Sesuaikan data PTK dengan kondisi saat ini. Pilih tombol Simpan maka tampil profil PTK. Bagi yang belum mengikuti UKG akan muncul peringatan berisi:
Anda Wajib Mengikuti Pretest.
Pretest adalah syarat untuk mengikuti Diklat Mapel yang Anda pilih. Pastikan Anda telah bergabung dengan Komunitas. Selanjutnya hubungi Dinas untuk mengikuti Pretest.
Langkah terakhir, Pastikan PTK tersebut terdaftar di Komunitas KKG/MGMP. Lakukan penambahan anggota oleh ketua KKG/MGMP pada akun Komunitasnya. Untuk alur pendaftarannya silakan baca Panduan Pendaftaran Komunitas Ke SIM PKB.

Setelah login SIM Guru Pembelajar, anda dapat melihat hasil nilai UKG 2015, terdapat sepuluh poin yang harus terpenuhi, jika masih banyak nilai merah / belum terpenuhi, anda harus memenuhi nilai tersebut.
Download Panduan Registrasi / Login SIM Guru Pembelajar 2017.pdf

5. Validasi data Mapel dan Satmikal

SIM Guru Pembelajar 2017 (SIM PKB Guru) saat ini mewajibkan PTK melakukan validasi data PTK-nya pada saat pertama kali login pada akun masing-masing dengan melakukan hal-hal berikut ini:
  • Kunjungi laman SIM PKB Guru di https://sim.gurupembelajar.id, memasukkan User beserta Passwordnya
  • Jika login berhasil, maka langsung muncul menu Edit Sekolah Induk dan Mapel dimana akan terlihat data mapel dan satmikal PTK pada sistem.
  • Jika data yang disajikan telah sesuai dengan data PTK maka langsung saja pilih tombol Simpan untuk memvervalnya.
  • Finis, data PTK telah berhasil divalidasi.

6. Validasi Perubahan Data Satmikal dan Mapel

Jika data PTK mengalami perubahan, baik itu perubahan satminkal maupun mapel, maka harus melakukan hal berikut ini:
  • Sesuaikan data PTK dengan kondisi saat ini, jika ingin mengganti satmikal, tekan tombol Pilih Instansi.
  • Pada kotak dialog, pilih satmikal yang sesuai. Untuk mempermudah pencarian manfaatkan fitur pencarian. Jika sudah ditemukan pilih nama instansi.
  • Setelah memilih satminkal, tekan tombol Simpan kemudian cetak surat ajuan perubahan data untuk kemudian diserahkan ke admin dinas setempat agar disetujui.
  • Jika ingin mengganti data mapel, pilih ikon pensil pada kolom mapel untuk memperbaharui mapel.
  • Pada kotak dialog, pilih mata pelajaran yang sesuai kemudian tekan tombol Pilih, lalu Simpan.
Perlu Diperhatikan
  • Jika PTK terdaftar pada komunitas mapel (KKG/MGMP) maka perubahan satmikal dan mapel masih relevan dengan komunitasnya, maka perubahan otomatis disetujui. Namun jika satmikal dan mapel tidak relevan (mapel, jenjang,wilayah tidak sesuai) maka PTK harus menghubungi ketua komunitas untuk mengeluarkan PTK dari komunitasnya terlebih dahulu.
  • Setelah perubahan data, PTK menghubungi ketua komunitas tujuan untuk memasukan PTK ke dalam komunitasnya.
  • Setelah PTK dimasukan kedalam komunitas, maka perubahan data berstatus disetujui dengan kata lain PTKK wajib menghubungi Ketua Komunitas tujuan agar perubahan data profilnya disetujui.
Bagi PTK yang belum pernah melakukan edit mapel dan satminkal, maka bisa mengubah satmikal dan mapelnya satu kali saja untuk proses verval. Tapi bila PTK pernah melakukan edit data ataupun edit profil, maka ketika ingin mengedit satmikal dan mapelnya harus melalui persetujuan Dinas, hal ini juga berlaku bagi PTK yang melakukan perubahan satminkal maupun mapelnya. Berikut alur singkat untuk ubah data satmikal maupun mapelnya sekaligus:
  • Pada Beranda, pilih menu Profilku lalu akan tampil halaman Kelola Profilku. Pilih ikon pensil untuk mengubah profil.
  • Silahkan sesuaikan data dengan kondisi saat ini, jika akan mengganti satmikal atau mapel, pilih tombol pensil di kolom Satminkal dan Mata Pelajaran. Jika sudah sesuai, pilih tombol Simpan.
  • Data perubahan berhasil disimpan, silakan cetak bukti ajuan pada tombol Cetak.
  • Serahkan Surat Pengajuan Perubahan Data PTK tersebut ke admin Disdik Kab./Kota/Provinsi.
  • Finis, tunggu persetujuan perubahan data profil dari admin Disdik.
Download Panduan Tata Kelola Komunitas GTK.pdf
Download Panduan Verifikasi dan Validasi Data PTK di SIM PKB 1.0.pdf
Download Panduan Verifikasi dan Validasi Data Guru di SIM PKB Guru 2.0.pdf
Demikan panduan Cara Registrasi / Login SIM Guru Pembelajar 2017 (SIM PKB Guru), jika rekan-rekan telah selesai membaca artikel ini mungkin tertarik juga untuk membaca Buku Saku SIM PKB Guru dan Juknis SIM Guru Pembelajar 2017 (SIM PKB Guru). Semoga bermanfaat.

65 Komentar "Cara Registrasi / Login SIM Guru Pembelajar 2017 (SIM PKB Guru)"

  1. ID Dan Pasword nya baru juga, ya? Daring on line yg th 2016, sudah tidak bisa di buka dan paswordnya juga sudah lupa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika Lupa dapat minta reset ke admin Komunitasnya

      Hapus
  2. Bagaimana Jika nama lembaga kita tak terdaftar di SIM GPO.... Dan admin dinas tidak bisa ngasi solusi, masak ketika di tanya jawab nya berarti gak usah ikut....

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh, kalau itu harus ditelusuri kenapa lembaganya bisa tidak terdaftar. yang paham tentu pengelola pendataan sekolah bersangkutan

      Hapus
  3. kenapa Portal Resmi Guru Pembelajarnya tidak mau terbuka ya...??? tulisanya not found

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kok, mungki waktu itu maintenance. baru saja saya cek normal dan lancar jaya

      Hapus
  4. Kalo untuk yg beluk UKG harus melakukan pencarian no UKG namun setalah dilakukan GTK tidak ditemukan itu artinya bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin belum terdaftar di komunitasnya (KKG/MGMP}, silakan hubungi ketua komunitasnya untuk memastikan PTK telah menjadi anggota komunitas,jika blm bisa ditambahka sebagai anggota oleh ketua KKG/MGMP.

      Hapus
  5. apa Maksudnya Data satus pegawai "Belum diset" pada data kepegawainnya..mkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba lakukan pendaftaran dan verivikasi secara berurutan, pastikan semua data yang diperlukan sudah dipilih

      Hapus
  6. Punten admin.. kalo hasil capaian kompetensi 2017 itu hasilnya dari mana yaaa. Kita kan belum UKG 2017 :DAN

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari Tes Akhir, Nilai tes akhir akan menjadi nilai UKG tahun 2017 dan digunakan sebagai salah satu komponen nilai akhir peserta

      Hapus
  7. Saya lupa username sama paswordnya gmn yah?
    😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika lupa user atau password bisa melakukan reset password melalui Admin guru pembelajar Disdik atau Ketua Komunitas KKG/MGMP atau Admin P4TK naungannya.
      sebenarnya pada halaman login ada tombol Lupa Password, cara kerjanya kita diminta memasukkan email yang terdaftar di akun kita lalu melakukan reset, selanjutnya akan dikirim tautan reset akun ke email. sayangnya fitur ini belum berfungsi secara maksinmal jadi opsi pertama saat ini adalah opsi terbaik

      Hapus
  8. mengapa nomor ukg diawali 2016..padahal sudah ikut ukg 2015 dan gpo 2016.kemana sy harus mengurusnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya jika PTK melakukan perubahan mapel data akan ter-reset, misal dulu ukg mapel A tp sekarang mapelnya B. Jika tidak melakukan perubahan mapel mungkin bisa kordinasikan dengan admin komunitasnya (KKG/MGMP/P4TK) atau admin disdik

      Hapus
  9. Untuk yg baru dan belum ikut ukg 2015, apakah setelah melakukan registrasi, login, dan menentukan mapel, perlu juga mengumpulkan berkas data mapel dan satmikal ke dinas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya tidak perlu, lapor kedinas biasanya bagi mereka yang pernah verifikasi data mapel dan satmikal dan sekarang akan melakukan perubahan data dan atau perubahan profil. Tapi penting juga berkomunikasi dengan admin komunitasnya untuk memastikan kita telah terdaftar di komunitas.

      Hapus
    2. Terima kasih tanggapannya pak, namun bagaimana ya cara kita tahu siapa admin komunitas suatu mapel pada suatu daerah? Karena saya baru, jadi saya belum terlalu paham. Mohon pencerahan pak...

      Hapus
    3. Komunitas kan sering kumpul bareng, kalau belum pernah ikut kumpul mungkin bisa tanya2 ke guru dengan komunitas yang sama disekolah lain.

      Hapus
  10. Apa sih tujuannya semua ini, kok kesannya hanya ngerepoti guru aje

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di atas kan jelas ada tujuannya, silakan di baca

      Hapus
  11. pak, jika kepala sekolah bagaimana ? dan guru pai pakai simpkb juga ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kepala Sekoah ikut SIM PKB Kepala Sekolah, proses dan prosedut tak jauh berbeda. Untuk guru PAI sementara blm ada perlakuan khusus guru PAI, silakan baca juknisnya untuk lebih jelasnya

      Hapus
  12. ass. pak, ketika saya reg ulang. muncul notif 'akun anda terdeteksi sudah pernah diaktifkan. pertanyaan saya
    1. apakah saya harus reset ulang pasword
    2. saya bisa masuk akun ukg 2015. tapi tidak tersedia tombol print/save. hanya bisa merubah profil dan data satminkal.
    sebelumnya trima kash atas pencerahanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Registrasi hanya sekali, jika lupa user dan paswordnya baru minta reset akun jika ingat ya tinggal login saja.
      Silakan di verval mapel dan satmikalnya

      Hapus
  13. min.. mau tanya..
    saya mau edit mata pelajaran yang diajar di sim pkb, namun, setelah mau edit mata pelajaran yang diajar, mata pelajaran yang saya ajar tidak ada di menunya, saya ngajar PAI min, itu gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampai hari ini belum ada info khusus mape PAI, jika nanti ada info secepatnya saya informasikan

      Hapus
  14. selamat malam pak...
    untuk mata pelajaran bahasa inggris juga tidak ada di menu... solusi dari mata pelajaran tidak ada di menu bagaimana ya? terimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jenjang SD pak... bagaimana ya pak?

      Hapus
    2. Apakah Mapel Bahasa Inggris sebagai mulok diwilayah ibu sudah mendapat SK penetapan dari pihak terkait? karena dalam struktur kurikulum SD tidak ada mapel bahasa inggris.

      Hapus
  15. Assalamu'alaikum .. ijin tanya pak.
    pak saya ngajar kimia di sekolah A dan ngajar PKWU di sekolah B. sekolah induk saya di sekolah B.
    yg saya tanyakan, saya harus memasukan instasni/sekolah yg mana di SIM PKB, pak? terimakasih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pilih mapel sesuai dengan sekolah induk, saran saya pilihlah sekolah induk yang jam mengajarnya linear dengan pendidikannya.

      Hapus
  16. Pak saya mau tanya, waktu tahun 2016 saya sudah mengikuti pelatihan calon IN.
    karna nilai ukg saya hanya ada 2 KK yg merah.
    tetapi ketika saya buka hari ini, saya sungguh kaget. KK yg tidak tuntas malah jadi 8 KK.
    kebalikan tahun 2015 kmaren.
    itu gmna solusi ny pak?
    Bisakah jawab ke email saya pak?
    heru_wijanarko90@yahoo.com
    Saya ucapkan terimakasih banyak kiranya bapak bersedia menjawab pertanyaan saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu terjadi karena Kriteria Capaian Minimal (KCM) saat ini naik dari 65 pada tahun sebelumnya menjadi 70 saat ini. Jadi bagi PTK dengan nilai ketuntasan 70 ke bawah akan berubah jadi merah. Untuk lebih jelasnya silakan baca juknis SIM PKB Guru 2017 di atas

      Hapus
    2. Terimakasih banyak atas informasinya pak.
      berarti saya masih perlu banyak belajar lagi.

      Hapus
    3. Semangat Pak, rencananya pada periode berikutnya akan dinaikkan lagi menjadi 75 dan terakhir pada periode sejanjutnya lagi akan meningkat menjadi 80. Kita sama-sama belajar demi anak didik kita

      Hapus
  17. untuk ketua MGMP, bagaimana cara untuk menambah anggota pak, kok saya coba tidak bisa, padahal ada teman yng belum dimasukkan, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara menambahkan anggota komunitas oleh ketua komunitas:
      Log in ke https://app.simpkb.id
      Pada Beranda, Pilih modul Anggota Komunitasku
      Selanjutnya akan tampil laman Kelola Anggota Komunitasku dan ditampilkan daftar anggota komunitas yang pernah ditambahkan. Jika ingin menambah anggota komunitas baru, pilih tombol Tambah “+”
      Pilih nama PTK yang tampil pada daftar anggota komunitas untuk menambahkan
      Pada dialog konfirmasi, pilih YA.
      Untuk panduan lengkap ada pada unduhan di atas "Panduan Tata Kelola Komunitas GTK.pdf"

      Hapus
  18. Assalamualaikum Pak
    saya mau menanyakan Mengapa pada pada saat menekan tombol setuju lalu yang keluar tanda peringatan dan harus menghubungi ketua MGMP Terima kasih Pak Mohon jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa isi peringatannya, lengkap yaa

      Hapus
  19. Saya sdh mengubah satminkal. karena pindah wilayh tugas antar kabupaten. sudah sya simpan .tertera disitu pak login sdh sesuai dengan tempt tugas yg baru. namun pada bagian pojok kiri nama saya yg ada gambar orangx. nama instansinya masih asal sekolah yang lama. wktu perubahan satminkal tdak ada surat pengajuan yg muncul untuk ke dinas kabupaten yg dituju. sy tanyakan di dinas kabupten asal. nama saya sd berhasil verval. jadi bagaimana itu pak nama instansix belum berubah. mohon jawabanx.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin Bapak dapat menhubungi admin kominitas yang dulu agar dikeluarkan dari anggota komunitas sebelumnya. jika sudah dikeluarkan dari komunitas yang lama lalu menghubungi admin komunitas yang baru agar dimasukkan sebagai anggota komunitas di tempat dan satmikal yang baru

      Hapus
  20. di tempat sekolah yang lama belum pernah masuk pada komunitas. kalau tempat tugas yg baru sdh masuk di komunitas. dan itu sdh terdaftar sebagai anggota. yag sy ragukan sj pak nama instansi di pojok kiri masih instansi lama. tapi login sdh di skolah induk yg baru. jd yg berbeda pak skolah induk tdk sama dengan nama instansix.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pantas saja tidak muncul surat pengajuan karena baru pertama kali verval mapel dan satmikal.Surat ajuan perubahan data hanya tampil ketika PTK melakukan edit data lebih dari sekali.
      Adapun saat ini di profil masih tertera satmikal induk yang lama ada kemungkinan sistemnya perlu waktu untuk bekerja, pastikan selalu berkomunikasi dengan admin komunitanya untuk memastikan perubahan data selesai dilakukan.

      Hapus
  21. Menu Cari No. UKG tidak muncul provinsi, kabupaten ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Pak, sepertinya saat ini sedang perawatan / maintenance. mungkin bisa di cek lagi dilain waktu setelah maintenance selesai

      Hapus
  22. Tahun 2016 jadi pengampu, apakah sekarang tetap harus registrasi ulang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jka sudah punya akun silakan login logout, jika ada perubahan data satmikal atau mapel silakan di verval datanya. Jangan lupa baca buku saku sim pkb yaaa..

      Hapus
  23. Sampai saat ini mau login az pun susah..ap memang msh dlm pemeliharaan y admin.thank

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah normal sekarang, silakan di coba

      Hapus
  24. Bagaimana caranya untuk pindah dari guru mapel ke kepala sekolah dari MGMP ke MKKS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagu guru yang beralih fungsi menjadi Kepala Sekolah bisa memilih masuk ke dalam komunitas KKG / MGMP atau ke komunitas MKKS/K3S. jika ingin pindah ke komunitas baru (dari KKG/MGMP ke K3S/MKKS) silahkan hubungi ketua komunitas bersangkutan

      Hapus
  25. bagaimana cara untuk mengubah jenjang sekolah, saya sudah coba cara yg diberikan admin provinsi untuk ubah satminkal terus ubah dan cetak ajuan perubahan data tapi gak bisa2 untuk dicetak. slalu tertera ptk masih komunitas mgmp smp, padhal saya smk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika terjadi perubahan jenjang atau mapel maka harus melakukan verval. pesan yang menyatakan ptk masih di mgmp smp artinya sebelum melakukan perubahan mapel/jenjang tpk harus dikeluarkan dari komunitas sebelumnya terlebih dahulu. silakan di baca lagi tulisan di atas, sudah dijalaskan mengeai hal tersebut

      Hapus
  26. Pak saya lulusan S-1 b.indonesia. ditempat satminkal saya mengajar geografi. Sudah pernah ikut UKG 2015 mapel geografi. Dikemudian hari adakah kendala besar???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan terkendalanya besar. Jika mengajar tidak linear dengan pendidikannya berarti mengurangi kemungkinan ikut sertifikasi guru, karena sertifikasi guru mensyaratkan JJM linear dengan Ijazah terakhirnya. Saat ini linearitas JJM dengan Ijazah terakhir sangatlah penting, usahakan mencari sekolah yg bisa menerima Ibu sebagai guru bahasa indoneasi kemudian Satmikal disesuaikan dengan sekolah yang mengajar bahasa indonesia

      Hapus
    2. Lalu masalah sim pkb saya bagaimana pak, disitu tertera mapel geografi. Bagaimana untuk komunitas dan info gtknya nanti. Mohon pencerahannya pak karena di t4 kami banyak guru honor mengajar tidak linear. Kami bingung apakah mapel harus diganti sesuai ijazah dan berarti ikut ukg ulang.

      Hapus
    3. Silakan diverval sesuai dengan kondisi data anda saat ini. Jika kenyataannya tidak linear ya tidak ada yang bisa dilakukan selain menjalaninnya, sambil berusaha mencari sekolah yang mau menerima mengajar sesuai dengan ijazah (linear)

      Hapus
  27. Mau tanya pak,,
    Saya berstatus sebagai guru baru tahun ajaran 2017/2018
    Apakah juga bisa mengikuti simpkb ini?
    Tetapi belum pernah ukg dan data pendidik juga belum tercantum di simpkb

    Trima ksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertama harus terdaftar di dapodik, selanjutnya harus menjadi anggota komunitas baik itu KKG maupun MGMP. Jika sudah menjadi anggota komunitas bisa registrasi SIM PKB selanjutnya akan dilakukan pretest dan sebagainya. silakan berkordinasi dengan ketua komunitasnya

      Hapus
  28. ass admin?? saya sudah rigistrasi sim GPO tahun 2016 dengan no ukg 2015, tapi sekarang udah gak bisa buka lagi, sudah saya ke op dinas dicek ternyata nama saya tidak ditemukan.. mohon solusinya....terimaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakan sudah mencoba mencari datanya di menu pencarian sim pkb? kalau belum tidak ada salahnya dicari dulu

      Hapus
  29. Admin,,, saya lupa password,, karena MGMP kita Belum terdaftar di propinsi, maka tdk bisa. Terus solusinya agar tau password nya bagaimana,, apakah klo SMK tetap menghubungi dinas kabupaten atau propinsi? Terus menghubungi bagian apa yang menangani. Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di atas kan sudah disebutkan, monggo di baca..

      Hapus

Silahkan bertanya dan berkomentar terkait artikel di atas... Biasakan membaca terlebihdahulu sebelum bertanya. Bagi rekan-rekan ops yang bisa menjawab silakan dimoderasi....