-->

Cara Registrasi / Login SIM PKB (Guru Pembelajar 2018)

SIM PKB (Guru Pembelajar 2017) telah mengalami peningkatan akses bagi semua guru baik yang telah mengikuti UKG 2015 maupun belum. Karenanya simak baik-baik cara registrasi dan loginnya pada uraian ini.

SIM PKB Guru (Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) merupakan program lanjutan SIM Guru Pembelajar (GPO) yang dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kompetensi pendidik sehingga mampu menjadi faktor pendorong peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah. Program ini ditujukan bagi pendidik bersertifikat maupun belum dengan capaian minimal nilai UKG rata-rata nasional sebesar 70.

Seluruh peserta dapat login dan mengakses akun SIM Guru Pembelajar (SIM PKB Guru) mengguna-kan Username dan Password pada Lembar Akun masing-masing, yang didapatkan melalui beberapa metode sebagai berikut:
  1. Menerima dari Operator P4TK naungannya.
  2. Menerima dari Admin Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota tempatnya tercatat sebagai Guru Pembelajar.
  3. Menerima dari Ketua Komunitas GTK tempatnya terdaftar sebagai Anggota Komunitas.
  4. Melakukan Registrasi Akun secara mandiri di laman SIM Guru Pembelajar (SIM PKB Guru).
Dari ke-empat metode di atas mimin akan mennyajikan metode terakhir dimana registrasi akun dila-kukan secara mandiri oleh guru, dengan langkah-langkah sebagai berikut:

Cara Registrasi SIM Guru Pembelajar 2017 (SIM PKB Guru) dejarfa.com
SIM Guru Pembelajar 2017

1. Masuk ke Portal Resmi Guru Pembelajar

Untuk mengakses layanan guru pembelajar silakan pilih tautan berikut SIMPKB atau app.simpkb.id/akun/registrasi. Pilih menu Registrasi, selanjutnya muncul tampilan registrasi akun guru pembelajar. Bagi peserta UKG 2015 dapat langsung melakukan registrasi dengan memasukkan nomor peserta serta tanggal lahir sesuai format yang disediakan lalu dapat langsung melanjutkan tahap 3. Jika lupa nomor peserta atau belum mengikuti UKG 2015 ikuti proses tahap 2 untuk mencarinya.

2. Pilih Menu Cari No. UKG

Setelah menekan menu Cari No. UKG maka tampil menu Pencarian Data GTK. Pilih propinsi dan kabupaten/kota satmikal lalu ketiklah nama PTK. Terakhir pilih tombol Cari GTK. Tunggu beberapa saat maka pencarian menampilkan hasil berupa Nama PTK, Instansi dan Nomor UKG.

Jika nomor peserta diawali angka 2015 menandakan GTK tersebut sudah melakukan UKG tahun 2015. Namun jika diawali angka 2016 berarti GTK tersebut belum melakukan UKG. Rencananya akan diadakan Pretest terlebih dahulu. Sebagai bahan menjelang pretest berikut Jadwal dan Kisi-Kisi Soal Latihan Pretest.

3. Registrasikan No. UKG

Setelah mengetahui nomor peserta selanjutnya kembali ke menu registrasi akun, masukan nomor peserta UKG yang sudah di catat sebelumnya, masukan tanggal lahir PTK lalu centang kotak bertuliskan Saya bukan robot, selanjutnya klik tombol Register akan tampil menu persetujuan.

Klik setuju maka otomatis mengunduh Surat Pemberitahuan Akses Layanan SIM GPO, di dalam surat tersebut sudah terdapat user name dan pasword sebagai user untuk login.

4. Login Guru Pembelajar

Setelah berhasil tersimpan, kemudian buka file akun PTK tersebut kemudian lakukan login. Sesuaikan data PTK dengan kondisi saat ini. Pilih tombol Simpan maka tampil profil PTK. Bagi yang belum mengikuti UKG akan muncul peringatan berisi:
Anda Wajib Mengikuti Pretest.
Pretest adalah syarat untuk mengikuti Diklat Mapel yang Anda pilih. Pastikan Anda telah bergabung dengan Komunitas. Selanjutnya hubungi Dinas untuk mengikuti Pretest.
Langkah terakhir, Pastikan PTK tersebut terdaftar di Komunitas KKG/MGMP. Lakukan penambahan anggota oleh ketua KKG/MGMP pada akun Komunitasnya. Untuk alur pendaftarannya silakan baca Panduan Pendaftaran Komunitas Ke SIM PKB.

Setelah login SIM Guru Pembelajar, anda dapat melihat hasil nilai UKG 2015, terdapat sepuluh poin yang harus terpenuhi, jika masih banyak nilai merah / belum terpenuhi, anda harus memenuhi nilai tersebut. Untuk memudahkan, admin sediakan tutorial bergambar lengkap yang bisa di unduh di bawah ini.
Download Panduan Registrasi / Login SIM PKB Guru.pdf

5. Validasi data Mapel dan Satmikal

SIM Guru Pembelajar 2017 (SIM PKB Guru) saat ini mewajibkan PTK melakukan validasi data PTK-nya pada saat pertama kali login pada akun masing-masing dengan melakukan hal-hal berikut ini:
  • Kunjungi laman SIM PKB Guru di https://sim.gurupembelajar.id, memasukkan User beserta Passwordnya
  • Jika login berhasil, maka langsung muncul menu Edit Sekolah Induk dan Mapel dimana akan terlihat data mapel dan satmikal PTK pada sistem.
  • Jika data yang disajikan telah sesuai dengan data PTK maka langsung saja pilih tombol Simpan untuk memvervalnya.
  • Finis, data PTK telah berhasil divalidasi.

6. Validasi Perubahan Data Satmikal dan Mapel

Jika data PTK mengalami perubahan, baik itu perubahan satminkal maupun mapel, maka harus melakukan hal berikut ini:
  • Sesuaikan data PTK dengan kondisi saat ini, jika ingin mengganti satmikal, tekan tombol Pilih Instansi.
  • Pada kotak dialog, pilih satmikal yang sesuai. Untuk mempermudah pencarian manfaatkan fitur pencarian. Jika sudah ditemukan pilih nama instansi.
  • Setelah memilih satminkal, tekan tombol Simpan kemudian cetak surat ajuan perubahan data untuk kemudian diserahkan ke admin dinas setempat agar disetujui.
  • Jika ingin mengganti data mapel, pilih ikon pensil pada kolom mapel untuk memperbaharui mapel.
  • Pada kotak dialog, pilih mata pelajaran yang sesuai kemudian tekan tombol Pilih, lalu Simpan.
Perlu Diperhatikan
  • Jika PTK terdaftar pada komunitas mapel (KKG/MGMP) maka perubahan satmikal dan mapel masih relevan dengan komunitasnya, maka perubahan otomatis disetujui. Namun jika satmikal dan mapel tidak relevan (mapel, jenjang,wilayah tidak sesuai) maka PTK harus menghubungi ketua komunitas untuk mengeluarkan PTK dari komunitasnya terlebih dahulu.
  • Setelah perubahan data, PTK menghubungi ketua komunitas tujuan untuk memasukan PTK ke dalam komunitasnya.
  • Setelah PTK dimasukan kedalam komunitas, maka perubahan data berstatus disetujui dengan kata lain PTKK wajib menghubungi Ketua Komunitas tujuan agar perubahan data profilnya disetujui.
Bagi PTK yang belum pernah melakukan edit mapel dan satminkal, maka bisa mengubah satmikal dan mapelnya satu kali saja untuk proses verval. Tapi bila PTK pernah melakukan edit data ataupun edit profil, maka ketika ingin mengedit satmikal dan mapelnya harus melalui persetujuan Dinas, hal ini juga berlaku bagi PTK yang melakukan perubahan satminkal maupun mapelnya. Berikut alur singkat untuk ubah data satmikal maupun mapelnya sekaligus:
  • Pada Beranda, pilih menu Profilku lalu akan tampil halaman Kelola Profilku. Pilih ikon pensil untuk mengubah profil.
  • Silahkan sesuaikan data dengan kondisi saat ini, jika akan mengganti satmikal atau mapel, pilih tombol pensil di kolom Satminkal dan Mata Pelajaran. Jika sudah sesuai, pilih tombol Simpan.
  • Data perubahan berhasil disimpan, silakan cetak bukti ajuan pada tombol Cetak.
  • Serahkan Surat Pengajuan Perubahan Data PTK tersebut ke admin Disdik Kab./Kota/Provinsi.
  • Finis, tunggu persetujuan perubahan data profil dari admin Disdik.
Panduan Verval dan Tata Kelola SIM PKB lengkap dengan gambar, admin berikan pada tautab di bawah, silakan.
Download Panduan Tata Kelola Komunitas GTK.pdf
Download Panduan Verifikasi dan Validasi Data PTK di SIM PKB Guru 2.0.pdf
Download Paparan Bimtek SIM PKB Guru.pdf
Demikan panduan Cara Registrasi / Login SIM Guru Pembelajar 2017 (SIM PKB Guru), jika rekan-rekan telah selesai membaca artikel ini mungkin tertarik juga untuk membaca Buku Saku SIM PKB Guru, Modul SIM PKB Guru SD Kelas Atas/Bawah, dan Modul PKB SMP Lengkap. Semoga bermanfaat.

184 komentar

ID Dan Pasword nya baru juga, ya? Daring on line yg th 2016, sudah tidak bisa di buka dan paswordnya juga sudah lupa.

Jika Lupa dapat minta reset ke admin Komunitasnya

Bagaimana Jika nama lembaga kita tak terdaftar di SIM GPO.... Dan admin dinas tidak bisa ngasi solusi, masak ketika di tanya jawab nya berarti gak usah ikut....

kenapa Portal Resmi Guru Pembelajarnya tidak mau terbuka ya...??? tulisanya not found

wahh, kalau itu harus ditelusuri kenapa lembaganya bisa tidak terdaftar. yang paham tentu pengelola pendataan sekolah bersangkutan

Bisa kok, mungki waktu itu maintenance. baru saja saya cek normal dan lancar jaya

Kalo untuk yg beluk UKG harus melakukan pencarian no UKG namun setalah dilakukan GTK tidak ditemukan itu artinya bagaimana?

Mungkin belum terdaftar di komunitasnya (KKG/MGMP}, silakan hubungi ketua komunitasnya untuk memastikan PTK telah menjadi anggota komunitas,jika blm bisa ditambahka sebagai anggota oleh ketua KKG/MGMP.

apa Maksudnya Data satus pegawai "Belum diset" pada data kepegawainnya..mkasih

Coba lakukan pendaftaran dan verivikasi secara berurutan, pastikan semua data yang diperlukan sudah dipilih

Punten admin.. kalo hasil capaian kompetensi 2017 itu hasilnya dari mana yaaa. Kita kan belum UKG 2017 :DAN

nuruljulianar@gmail.com delete 6/09/2017 02:54:00 PM

Saya lupa username sama paswordnya gmn yah?
😊

Dari Tes Akhir, Nilai tes akhir akan menjadi nilai UKG tahun 2017 dan digunakan sebagai salah satu komponen nilai akhir peserta

Jika lupa user atau password bisa melakukan reset password melalui Admin guru pembelajar Disdik atau Ketua Komunitas KKG/MGMP atau Admin P4TK naungannya.
sebenarnya pada halaman login ada tombol Lupa Password, cara kerjanya kita diminta memasukkan email yang terdaftar di akun kita lalu melakukan reset, selanjutnya akan dikirim tautan reset akun ke email. sayangnya fitur ini belum berfungsi secara maksinmal jadi opsi pertama saat ini adalah opsi terbaik

mengapa nomor ukg diawali 2016..padahal sudah ikut ukg 2015 dan gpo 2016.kemana sy harus mengurusnya

Untuk yg baru dan belum ikut ukg 2015, apakah setelah melakukan registrasi, login, dan menentukan mapel, perlu juga mengumpulkan berkas data mapel dan satmikal ke dinas?

Biasanya jika PTK melakukan perubahan mapel data akan ter-reset, misal dulu ukg mapel A tp sekarang mapelnya B. Jika tidak melakukan perubahan mapel mungkin bisa kordinasikan dengan admin komunitasnya (KKG/MGMP/P4TK) atau admin disdik

Sepertinya tidak perlu, lapor kedinas biasanya bagi mereka yang pernah verifikasi data mapel dan satmikal dan sekarang akan melakukan perubahan data dan atau perubahan profil. Tapi penting juga berkomunikasi dengan admin komunitasnya untuk memastikan kita telah terdaftar di komunitas.

Apa sih tujuannya semua ini, kok kesannya hanya ngerepoti guru aje

pak, jika kepala sekolah bagaimana ? dan guru pai pakai simpkb juga ?

ass. pak, ketika saya reg ulang. muncul notif 'akun anda terdeteksi sudah pernah diaktifkan. pertanyaan saya
1. apakah saya harus reset ulang pasword
2. saya bisa masuk akun ukg 2015. tapi tidak tersedia tombol print/save. hanya bisa merubah profil dan data satminkal.
sebelumnya trima kash atas pencerahanya.

Terima kasih tanggapannya pak, namun bagaimana ya cara kita tahu siapa admin komunitas suatu mapel pada suatu daerah? Karena saya baru, jadi saya belum terlalu paham. Mohon pencerahan pak...

Di atas kan jelas ada tujuannya, silakan di baca

Kepala Sekoah ikut SIM PKB Kepala Sekolah, proses dan prosedut tak jauh berbeda. Untuk guru PAI sementara blm ada perlakuan khusus guru PAI, silakan baca juknisnya untuk lebih jelasnya

Komunitas kan sering kumpul bareng, kalau belum pernah ikut kumpul mungkin bisa tanya2 ke guru dengan komunitas yang sama disekolah lain.

Registrasi hanya sekali, jika lupa user dan paswordnya baru minta reset akun jika ingat ya tinggal login saja.
Silakan di verval mapel dan satmikalnya

ahmad fajri aulia delete 6/11/2017 11:33:00 AM

min.. mau tanya..
saya mau edit mata pelajaran yang diajar di sim pkb, namun, setelah mau edit mata pelajaran yang diajar, mata pelajaran yang saya ajar tidak ada di menunya, saya ngajar PAI min, itu gimana ya?

Sampai hari ini belum ada info khusus mape PAI, jika nanti ada info secepatnya saya informasikan

selamat malam pak...
untuk mata pelajaran bahasa inggris juga tidak ada di menu... solusi dari mata pelajaran tidak ada di menu bagaimana ya? terimakasih...

Jenjang SD pak... bagaimana ya pak?

Apakah Mapel Bahasa Inggris sebagai mulok diwilayah ibu sudah mendapat SK penetapan dari pihak terkait? karena dalam struktur kurikulum SD tidak ada mapel bahasa inggris.

Assalamu'alaikum .. ijin tanya pak.
pak saya ngajar kimia di sekolah A dan ngajar PKWU di sekolah B. sekolah induk saya di sekolah B.
yg saya tanyakan, saya harus memasukan instasni/sekolah yg mana di SIM PKB, pak? terimakasih....

Pilih mapel sesuai dengan sekolah induk, saran saya pilihlah sekolah induk yang jam mengajarnya linear dengan pendidikannya.

Pak saya mau tanya, waktu tahun 2016 saya sudah mengikuti pelatihan calon IN.
karna nilai ukg saya hanya ada 2 KK yg merah.
tetapi ketika saya buka hari ini, saya sungguh kaget. KK yg tidak tuntas malah jadi 8 KK.
kebalikan tahun 2015 kmaren.
itu gmna solusi ny pak?
Bisakah jawab ke email saya pak?
heru_wijanarko90@yahoo.com
Saya ucapkan terimakasih banyak kiranya bapak bersedia menjawab pertanyaan saya.

Itu terjadi karena Kriteria Capaian Minimal (KCM) saat ini naik dari 65 pada tahun sebelumnya menjadi 70 saat ini. Jadi bagi PTK dengan nilai ketuntasan 70 ke bawah akan berubah jadi merah. Untuk lebih jelasnya silakan baca juknis SIM PKB Guru 2017 di atas

Terimakasih banyak atas informasinya pak.
berarti saya masih perlu banyak belajar lagi.

Semangat Pak, rencananya pada periode berikutnya akan dinaikkan lagi menjadi 75 dan terakhir pada periode sejanjutnya lagi akan meningkat menjadi 80. Kita sama-sama belajar demi anak didik kita

untuk ketua MGMP, bagaimana cara untuk menambah anggota pak, kok saya coba tidak bisa, padahal ada teman yng belum dimasukkan, terimakasih

Cara menambahkan anggota komunitas oleh ketua komunitas:
Log in ke https://app.simpkb.id
Pada Beranda, Pilih modul Anggota Komunitasku
Selanjutnya akan tampil laman Kelola Anggota Komunitasku dan ditampilkan daftar anggota komunitas yang pernah ditambahkan. Jika ingin menambah anggota komunitas baru, pilih tombol Tambah “+”
Pilih nama PTK yang tampil pada daftar anggota komunitas untuk menambahkan
Pada dialog konfirmasi, pilih YA.
Untuk panduan lengkap ada pada unduhan di atas "Panduan Tata Kelola Komunitas GTK.pdf"

Assalamualaikum Pak
saya mau menanyakan Mengapa pada pada saat menekan tombol setuju lalu yang keluar tanda peringatan dan harus menghubungi ketua MGMP Terima kasih Pak Mohon jawabannya

Apa isi peringatannya, lengkap yaa

Saya sdh mengubah satminkal. karena pindah wilayh tugas antar kabupaten. sudah sya simpan .tertera disitu pak login sdh sesuai dengan tempt tugas yg baru. namun pada bagian pojok kiri nama saya yg ada gambar orangx. nama instansinya masih asal sekolah yang lama. wktu perubahan satminkal tdak ada surat pengajuan yg muncul untuk ke dinas kabupaten yg dituju. sy tanyakan di dinas kabupten asal. nama saya sd berhasil verval. jadi bagaimana itu pak nama instansix belum berubah. mohon jawabanx.

Mungkin Bapak dapat menhubungi admin kominitas yang dulu agar dikeluarkan dari anggota komunitas sebelumnya. jika sudah dikeluarkan dari komunitas yang lama lalu menghubungi admin komunitas yang baru agar dimasukkan sebagai anggota komunitas di tempat dan satmikal yang baru

di tempat sekolah yang lama belum pernah masuk pada komunitas. kalau tempat tugas yg baru sdh masuk di komunitas. dan itu sdh terdaftar sebagai anggota. yag sy ragukan sj pak nama instansi di pojok kiri masih instansi lama. tapi login sdh di skolah induk yg baru. jd yg berbeda pak skolah induk tdk sama dengan nama instansix.

Pantas saja tidak muncul surat pengajuan karena baru pertama kali verval mapel dan satmikal.Surat ajuan perubahan data hanya tampil ketika PTK melakukan edit data lebih dari sekali.
Adapun saat ini di profil masih tertera satmikal induk yang lama ada kemungkinan sistemnya perlu waktu untuk bekerja, pastikan selalu berkomunikasi dengan admin komunitanya untuk memastikan perubahan data selesai dilakukan.

Menu Cari No. UKG tidak muncul provinsi, kabupaten ?

Iya Pak, sepertinya saat ini sedang perawatan / maintenance. mungkin bisa di cek lagi dilain waktu setelah maintenance selesai

Aldi Febriansyah Klk delete 6/18/2017 10:58:00 PM

Tahun 2016 jadi pengampu, apakah sekarang tetap harus registrasi ulang.

Jka sudah punya akun silakan login logout, jika ada perubahan data satmikal atau mapel silakan di verval datanya. Jangan lupa baca buku saku sim pkb yaaa..

Sampai saat ini mau login az pun susah..ap memang msh dlm pemeliharaan y admin.thank

Sudah normal sekarang, silakan di coba

WMM DAN SDM SMKN 2 SALATIGA delete 6/20/2017 07:40:00 AM

Bagaimana caranya untuk pindah dari guru mapel ke kepala sekolah dari MGMP ke MKKS

Bagu guru yang beralih fungsi menjadi Kepala Sekolah bisa memilih masuk ke dalam komunitas KKG / MGMP atau ke komunitas MKKS/K3S. jika ingin pindah ke komunitas baru (dari KKG/MGMP ke K3S/MKKS) silahkan hubungi ketua komunitas bersangkutan

bagaimana cara untuk mengubah jenjang sekolah, saya sudah coba cara yg diberikan admin provinsi untuk ubah satminkal terus ubah dan cetak ajuan perubahan data tapi gak bisa2 untuk dicetak. slalu tertera ptk masih komunitas mgmp smp, padhal saya smk

Jika terjadi perubahan jenjang atau mapel maka harus melakukan verval. pesan yang menyatakan ptk masih di mgmp smp artinya sebelum melakukan perubahan mapel/jenjang tpk harus dikeluarkan dari komunitas sebelumnya terlebih dahulu. silakan di baca lagi tulisan di atas, sudah dijalaskan mengeai hal tersebut

Pak saya lulusan S-1 b.indonesia. ditempat satminkal saya mengajar geografi. Sudah pernah ikut UKG 2015 mapel geografi. Dikemudian hari adakah kendala besar???

Kemungkinan terkendalanya besar. Jika mengajar tidak linear dengan pendidikannya berarti mengurangi kemungkinan ikut sertifikasi guru, karena sertifikasi guru mensyaratkan JJM linear dengan Ijazah terakhirnya. Saat ini linearitas JJM dengan Ijazah terakhir sangatlah penting, usahakan mencari sekolah yg bisa menerima Ibu sebagai guru bahasa indoneasi kemudian Satmikal disesuaikan dengan sekolah yang mengajar bahasa indonesia

Lalu masalah sim pkb saya bagaimana pak, disitu tertera mapel geografi. Bagaimana untuk komunitas dan info gtknya nanti. Mohon pencerahannya pak karena di t4 kami banyak guru honor mengajar tidak linear. Kami bingung apakah mapel harus diganti sesuai ijazah dan berarti ikut ukg ulang.

Silakan diverval sesuai dengan kondisi data anda saat ini. Jika kenyataannya tidak linear ya tidak ada yang bisa dilakukan selain menjalaninnya, sambil berusaha mencari sekolah yang mau menerima mengajar sesuai dengan ijazah (linear)

Pertama harus terdaftar di dapodik, selanjutnya harus menjadi anggota komunitas baik itu KKG maupun MGMP. Jika sudah menjadi anggota komunitas bisa registrasi SIM PKB selanjutnya akan dilakukan pretest dan sebagainya. silakan berkordinasi dengan ketua komunitasnya

ass admin?? saya sudah rigistrasi sim GPO tahun 2016 dengan no ukg 2015, tapi sekarang udah gak bisa buka lagi, sudah saya ke op dinas dicek ternyata nama saya tidak ditemukan.. mohon solusinya....terimaksih

Admin,,, saya lupa password,, karena MGMP kita Belum terdaftar di propinsi, maka tdk bisa. Terus solusinya agar tau password nya bagaimana,, apakah klo SMK tetap menghubungi dinas kabupaten atau propinsi? Terus menghubungi bagian apa yang menangani. Terimakasih.

Di atas kan sudah disebutkan, monggo di baca..

Apakan sudah mencoba mencari datanya di menu pencarian sim pkb? kalau belum tidak ada salahnya dicari dulu

di kota saya Sampang MGMP Prakarya baru terbentuk memang, nah masalahnya di pilihan mapel tidak ada mapel prakarya. ini solusi bagaimana ya?waktunya sudah mepet sekali. Mohon petunjuknya min

Alhamdulillah, terimakasih informasinya bapak.

Silakan koordinasikan dengan ketua komunitasnya untuk memastikan bahwa komunitas prakarya telah berhasih di daftarkan ke sim pkb, jika komunitasnya blm terdaftar kemungkinan tidak terbaca oleh sistem

Sama-sama, semoga bermanfaat

Setelah selesai registrasi namun data pdfnya tidak muncul.bagaimana itu pak. Mohon solusinya pak. Terimakasih

Tidak muncul bagaimana? Apakah yang dimaksud .pdf akun sim pkb ? Coba gunakan chrome

maaf. bisa bantu carikan pasword untuk no UKG berikut 201503227778@guruku.id. karena ditanyakan kedinas tidak kunjung ditindaklanjuti sampai sekarang dan berhubung kantor baru buka tanggal 3 Juli

Tidak bisa, akses reset akun ada pada admin/ketua komunitas, admin dinas dan P4TK. Cara paling mudah hubungi ketua/admin komunitas dimana PTK terdaftar

Mhn infonya, saat memasukkan/menambah anggota komunitas gugus TK, ada beberapa guru DATA TIDAK DITEMUKAN. tetapi saat saya cari di pencarian informasi mengenai data GTK nama guru tsb ada. Bagaimana solusinya spy nama guru tsb bisa ditambahkan ke komunitas ? mksh.

Secara Default, untuk menambah anggota komunitas baru dengan memilih atombol tambah dan memilih nama PTK dalam daftar yang ada, tidak dijelaskan tentang data yang tidak tercantum di daftar tersebut. coba periksa kembali apakan PTK telah terdaftar pada komunitas lain, jika iya maka harus di keluarkan dari komunitas lain tersebut.

saya mengikuti UKG 1 Kali yaitu ditahun 2015, setelahnya tidak pernah ikut lagi. namun kenapa ketika saya validasi data PTK saya, saya memiliki rapot yang berbeda dengan rapot asli saya...ketika saya chek di riwayat capaian kok ada 2 rapot, dan kenapa hasil rapot terbaru lebih jelek? padahal tidak pernah saya ikuti? Nilai UKG asli saya 7,2... dengan 2 point merah. Mengapa demikian? apa solusinya?

Terakhir UKG memang tahun 2015, karenanya bagi yang blm UKG 2015 ketika mendaftar di sim pkb harus ikut pretest dulu. Kalau nilai itu kan ada beberapa komponen tidak hanya satu, kalaupun nilai merahnya bertambah kemungkinan karena PKB saat ini KCM nya meningkat dari tahun 2016 yang 65 ke 70 pada tahun 2017

OK, trims info dan pencerahannya

Saya mau tanya apa ini program lanjutan dari Guru pembelajar 2016? Saya kan sudah punya user dan password 2016, apakah masih berlaku untuk 2017? Atau harus registrasi akun baru?

Betul, Ini program lanjutan dari GPO 2016. Bagi yang sudah punya akun silakan logn dan cek datatnya. jika ada perubahan verval jika tidak cukup login logout. untuk hal lain dapat di baca pada artikel ini dan artikel lain tentang Buku Saku SI PKB Guru di atas

rame" nya nih sim pkb...saya pernah meregistrasikan beberapa guru untuk account nya dan mereka menginginkan ganti password..tapi sekarang passwordnya malah ngga bisa di pake login...:X

Solusinya ada pada ketua komunitas masing-masing guru

mau tanya,
adakah cara untuk mengetahui komunitas tempat saya terdaftar sebab saya belum pernah mendaftar di komunitas manapun??
saya juga tidak bisa login,

Untuk bisa login harus registrasi terlebih dahulu, untuk registrasi silakan baca dengan seksama panduan di atas

jadi saat registrasi dinyatakan sudah akunnya sudah aktif/diregistrasi tapi tidak bisa login melalui alamat yang sudah dicetak,
kemudian tidak bisa ditambahkan ke dalam komunitas karena disebutkan telah terdaftar di komunitas lain sementara saya belum pernah mendaftar.

Mohon bantuan solusinya.

Ada kemungkinan memang statusnya sudah aktif, silakan hubungi komunitas KKG/MGMP naungan Bapak

Mohon penjelasan di GPO tertulis data telah permanen maksudnya bagaimana?
kemudian mengapa saya belum masuk komunitas yang ada di Gugus

Mohon bantuan

Mungkin maksudnya perubahan data apapun itu telah disetujui, kemudian untuk urusan menjadi anggota komunitas itu kewenangan ketua komunitas karena merekalah yang menambahkan PTK menjadi anggota komunitas melalui akun ketua komunitas

mohon penjelasan, saya sudah registrasi tapi user dan password tidak tersimpan, malah muncul print dokumen, sedangkan laptop saya tidak terhubung ke printer, jadi bagaimana cara mengetahui user dan password?

saya mengajar di SMA dan pernah mengikuti UKG akan tetapi saya juga mengajar di MTs dan sudah sertifikasi namun di MTs belum pernah mengikuti UKG. yang ingin saya tanyakan pada saat login dan memilih satminkal, mana yang harus saya pilih ya pak?apakah SMA tempat saya terdaftar di GP atau di MTs tempat saya sertifikasi? mohon pencerahannya, terima kasih sebelumnya

Coba gunakan browser google chrome, biasanya ada pilihanprint dokumen kedalam file pdf. jadi tak perlu terhubung dengan printer

SIM PKB Guru berlaku pada sekolah induk. Karenanya didalamnya ada verifikasi sekolah induk/Satmikal. Untuk lebih jelas dapat kordinasi dengan Ketua Komunitasnya.

bagaimana cara daftar bagi guru PAI, padahal di DAPODIK sdh masuk
trm ksh

Guru PAI di bawah naungan departemen agama, untuk status keikutsertaannya dalam SIM PKB Guru mungkin perlu konsultasi dengan pihak depag apakah guru naungannya perlu atau tidak terdaftar pada program ini

besok sudah tgl 1 juni. saya coba masuk lupa password dan emailnya. saya coba email yg rasanya saya pakai tapi gak sama katanya. muncul pesan akun saya sdh pernah diaktifkan sebelumnya dan tidak bisa dicetak ulang. hubungi admin p4tk naungan atau disdik. jd gimana dong?

terus, kami karena jurusannya cuma ada disekolah kami, jadi tidak ada yang mengikuti mgmp. itu bagaimana ?...

pak mau tanya
komunitas yg dimaksud MGMP kab/kota ya
terus kalau MGMP provinsi gmn?

pak bekti saya mohon penjelasan krn awam dengan UKG. Saya baru terdaftar UKG di kota sbg ptk. saya proses ternyata tidak dapat verval krn blm masuk komunitas, saat ini sdg diproses oleh koord MGMP kota. Disisi lain sy juga sbg kepsek sekolah baru di tingkat Kabupaten jadi saat diproses masuk komunitas MKKS nama saya tidak muncul. Sebaiknya sy ambil langkah bagaimana ya? Terimaksih. / Yeannie - Bogor

apa ada limit waktu berakhirnya registrasi pak?

Tanggal 1 juni bukan tanggal akhir login sim pkb secara nasional, tapi tanggal di mana info ptk mulai bisa diakses bagi guru yang telah terdaftar di sim pkb. tanggal limit nasional sim pkb adalah tanggal 17 juli 2017. Untuk lebuh jelasnya bisa di baca pada Buku Saku SIM PKB Guru di atas

SIM PKB berbasis komunitas, jadi harus ada komunitasnya. Untuk masalah mapel yang tidak ada komunitasnya sebaiknya berkonsultasi ke dinas setempat tetntang kejelasannya di sim pkb

MGMP kabupaten/kota untuk SMP sederajar, sepertinya untuk SMA sederajat mgmp provinsi karena naungannya tingkat propinsi

Sejauh ini infonya untuk KS bisa mengikuti sim pkb guru sesuai mapelnya atau sesuai jabatan di sim pkb kepala sekolah. Untuk memutuskan mana yang di ambil mungkin sebaiknya konsultasikan ke dinas setempat

Batas akhir registrasi / login sim pkb secara nasional adalah tanggal 17 Juli 2017, namun perlu di catat bahwa dinas setempat dapat mempercepat atau memajukan tangalnya untuk keperluan pendataan

assalamualaikum wb.... kalau ketua KKG ingin menambah peserta yang belum terdaftar gimana maz bekti

Sampai saat ini belum ada solusinya, semoga segera ada penyelesaian terhadap permasalahan ini

assalamualaikum
pak Bekti mau tanya saya lulusan fisika tetapi saya ngajar kimia untuk tahun ini padahal kemarin q tes ukg 2015 ikut fisika, kira-kira apakah saya harus mengubah mapel di vervalnya?
trus nanti dikemudian hari saya ngajar fisika lagi itu bagaimana pak? mengingat saya ngajarnya (guru GTT) ganti terus tiap tahun tergantung jam yg masih kosong fisika atau kimia.
mohon pencerahannya pak.
terimakasih

Sebaiknya jangan ganti-ganti mapel, usahakan mengajar sesuai dengan ijazah agar mapelnya linear dengan ijazah. Jika melakukan pemutakhiran mapel maka nanti akan ikut pretest seseuai dengan mapel yang baru, begitu seterusnya. Silakan baca Buku Saku SIM PKB Guru di atas untuk hal-hal lain terkait SIM PKB

assalamualaikum
Pak Bekti mohon solusi, kebetulan skolah kita skolah baru buka NPSN dan Koreg Dapodik sudah keluar, ada 3 orang guru yg baru masuk sebgai tenaga pendidik bgaimana cara mendaftarkan mereka Pak....nama sekolah jg tdk muncul didata SATMINKAL.Trimakasih atas bantuannya Pak...

Sekolah baru mungkin harus menunggu, terus berkordinasi dengan dinas setempat untuk perkembangnannya

Jika belum terdaftar di dapodik apakah bisa mengikuti SIM PKB??

Kemungkinan tidak bisa, karena database GTK di ambil dari dapodik. sebaiknya jika ada guru baru segera di input ke dapodik sehingga PTK menjadi resmi terdaftar

saya mencoba mencari no ukg saya (belum ikut ukg)untuk login sim gpo tapi data tidak ditemukan, sementara data temen saya yang sudah ikut ukg muncul semua, mohon pencerahannya

Pertama guru harus terdaftar di dapodik, data dapodik nantinya sebagai database gtk untuk keperluan sim pkb

Tambahan info untuk Kepala sekolah bisa dimasukkan ke 2 komunitas yakni K3S/MKKS dan KKG/MGMP. Jika masuk di MKKS/K3S saja, sistem akan meminta bahwa Kasek yang bersangkutan belum memiliki mapel

pak bekti, kalau kita sudah login di sim pkb lalu simpan data danvlog out, apakah itu sudah otomatis diverval?terima kasih.

Verval SIM PKB Guru tentu tidak berlaku sama bagi tiap PTK, itu tergantung dengan data yang ada di sistem dengan keadaan sesungguhnya. Jika ada perbedaan maka lakukan perubahan dan penyesuaian, jika tidak ada perubahan cukup log in simpan logout.

Tambahan, bagi Guru naungan Kemenag tidak perlu ikut simPKB karena Kemenag tidak ada program ini. Program simPKB hanya untuk guru di bawah naungan Kemdikbud saja.

Tambahan Info, bagi guru di bawah naungan Kemenag tidak perlu ikut simPKB karena di Kemenag tidak ada program Sim PKB

Jika anda guru MTs berarti anda satmikalnya di MTs, yang artinya anda guru Kemenag. Guru Kemenag tidak ikut SIM PKB karena SIM PKB program Kemdikbud

Sepertinya guru kemenag tidak ikut SIM PKB

KS sebaiknya terdaftar di dua komunitas yakni komunitas kepala sekolah dan komunitas mapelnya, hal ini dikarenakan jika hanya terdaftar di komunitas KS makka status datanya akan terbaca belum memiliki mapel

maz bekti mau tanya kepala sekolah di SD itu kan ikut 2 komunitas yaitu KKG dan MKKS apa di masukan keduanya, karena kalau hanya msuk d komunitas MKKS maka muncul tulisan tdk dpt mengikuti diklat thn skrg hubungi ketua mapel ,MHON INFONYA

Iya, KS masuk di dua komunitas

article and videos for you delete 7/08/2017 10:57:00 AM

mau tanya min, sekolah kami belum pernah mengirimkan guru untuk UKG baik 2015 maupun 2016, dan setelah di coba cari no.ukg nya ada notofikasi data tidak ditemukan, apakah ada solusi menegnai hal ini? atau harus tetap menunggu penarikan data terbaru dari dapodik? mohon infonya terimakasih

UKG sifatnya panggilan, database GTK diambil dari dapodik jadi tugas sekolah mengisi data dengan valid dan lengkap.
Untuk data yang tidak ditemukan tidak ada oenjelasan resmi dari pihak terkait, namun jika di baca Juknis PKB sepertinya memang data diambil dari dapodik. Untuk lebih jelas mungkin bisa berkordinasi dengan dinas pendidikan setempat

article and videos for you delete 7/08/2017 11:20:00 AM

siap pak bekti, terimakasih infonya pak berarti saya harus mulai melengkapi data dapodik sekolah,

Tanya mas, saya sudah registrasi dan verval kemudian log out. Ketika login kembali tidak bisa, oh ya mapel saya belum ada mgmp nya, terima kasih

Penyebab pastinya belum ada, tapi pengalaman rekan-rekan guru yang tidak bisa login disebabkan akunnya telah di reset oleh ketua komunitasnya

Kalau ada guru sudah lama ngajar dan sudah masuk dapodik tapi belum pernah ukg, setelah dicari no. ukg di sim.pkb tidak muncul apa sih penyebabnya?

Silakan bapak berkomunikasi dengan ketua komunitas dimana bapak terdaftar

Admin, adik saya Kepala Sekolah di SMAN 1 Afulu Kec. Afulu Kab. Nias Utara Prov. Sumatera Utara, dia ikut UKG 2015 Mapel Geografi kemudian pada tahun 2016 sudah Registrasi GPO, sekarang masuk di Simpkb SATMINKALnya SMA Negeri 1 Afulu, Mapelnya Geografi Jenjang SMA, aplikasi minta disimpan, begitu selesai disimpan minta cetak ajuan.... CETAK AJUAN untuk apa itu Min??? lalu nanti ketika adikku masuk grup MKKS dari mana Pilihannya Min???

Sepertinya adik ibu melakukan verval satmikal, cetak saja surat ajuan perubahan datanya lalu serahkan ke admin dinas pendidikan kabupaten/propinsi agar peruahannya di setujui

Update Info
Bagi guru yang di SIM PKB pada menu pencarian data tidak ditemukan harus menunggu tahun depan.

maaf mau menanyakan.Sy belum pernah ikut ukg sama sekali. sudah registrasi dan sudah mendapat no peserta ukg dengan kode awal 2016. sy lihat profil disitu tertera gutu TK padahal sy ngajar di SMA. lalu sy edit profil guru SMA dimana sy bekerja. setelah muncul cetak akun dimana tertera harus tanda tangan kepala sekolah. langkah selanjutnya apakah sy harus menyerahkan lembar cetakan itu ke dinas pendidikan provinsi?? mohon pencerahannya pak

Betul, serahkan ke admin dinas agar perubahan datanya disetujui.

maaf mau menanyakan...bagaimana cara merubah data yang pada tahun 2015 mengikuti ukg kelas atas dan sekarang sudah menjadi kepala sekolah..mohon informasinya pk

Maaf sy mau menanyakan saya sudah ikut UKG 2015 tetapi waktu itu sy belum memiliki NUPTK. Sekarang sy sudah memiliki NUPTK tetapi di akun sim GPO profil sy bagian kepegawaian NIK, NIP, dan NUPTK masing kosongan. Bagaimana cara mengubahnya pak? Disana profilnya terkunci tidak bisa diedit sendiri. Mohon pencerahannya.. terimakasih

Silakan diverval, sesuaikan data dengan kondisi saat ini

Hubungi ketua komunitasnya, mungkin bisa memberikan solusi

selamat pagi mas bekti, untuk guru pai apa memeng benar gak perlu ikut sim pkg? dan kalo status belum aktiv tetapi udah verval itu kasusnya gmana? trimakasih sebelumnya

Infonya begitu, untuk memastikan mungkin bisa tanya ke depag sebagai naungan guru PAI.
Saya gagal paham, guru bisa verval setelah aktivasi

Maaf sy mau menanyakan ,,sy blm prnh ukg. Saat sy mncari no ukg ketemu no sy. Sy login Dan mengisi data mapel. Dan saya serahkan perubahan data ke dikpora. Bru proses prstjuan tgl 20 Juli 2017. Trnyta nama sy gabung (nama depan Dan nama belakang ). Sy harus bagaimana ya?

Coba periksa identitas Bpk di database dapodik, jika di dapodik nama memang gabung begitu maka perbaikan dilakukan di vervalptk

mau tanya "Surat Pemberitahuan Akses Layanan SIM GPO" tidak saya dapatkan setelah registrasi masalahnya saya tidak tahu email atau passwordnya mungkin kesalahan browser atau apalah . solusi nya gimana pak ?

Jika registrasi mandiri pada akhir proses kan cetak akun, gunakan google chrome untuk menyimpan file ke bentuk file pdf.Jika tetap tidak bisa mintalah ke ketua komunitas untuk mencetak akun Bpk.

ada koq mas setelah saya coba cek lewat akun ketua komunitas ada status guru itu belum aktivasi tetapi vervalnya udah hijau

Kalau belum aktivasi, mintalah ptk untuk aktivasi

Tanya Mas, saya sudah registrasi. Tulisan yang muncul adalah " Pemutakhiran data satmikal/mapel anda telah permanen. Namun anda terdeteksi belum menjadi anggota komunitas mapel.sehingga anda belum bisa menjadi calon peserta diklat guru mapel periode sekarang. Maksudnya gimana ya Mas?

Maaf, sy guru baru blm pernh GTK. Sudh registrasi, bs log in tp blm masuk komunitas, stelah sy hub.ktua kmunitas katany nama sy tidk ada. Gmn ya pak. Dlm laman log in sy trtulis hrs ke dinas& melakukn pretsest, prrstest itu gmn bentukny trima kasih.

Kan jelas di situ "Anda blm menjadi anggota Komunitas". Untuk menjadi anggota komunitas silakan hubungi ketua komunitasnya

Prestest sebelum ikut sim pkb, untuk mengetahui kompetensi GTK.

Siang.. Saya mau tanya. Di sim gp saya mapel saya akuntansi sesuai ijasah dan ukg saya, tapi saya mengajarnya administrasi perkantoran dan si sekolah saya tidak ada jurusan akuntansi. Yg mau saya tanyakan apakah mapel saya harus saya ganti administrasi perkantoran atau tetap akuntansi. Karena kalau tetap akuntansi nanti saya masuk ke mgmp nya akuntansi sedangkan saya ngajar nya admunistrasi perkantoran dan disekolah saya ga ada jurusan akuntansi. Mohon pencerahannya pak

Fungsi verval adalah menyesuaikan data di database dengan keadaan sebenarnya di sekolah. sebaiknya guru mengajar sesuai dengan kualifikasi akademiknya, dan tidak ganti-ganti mapel.

kenapa ya pak..saya tidak bisa register akun di simpkb? padahal saya telah mengikuti semua prosedurnya?

Jika tidak bisa pasti ada notifikasi yang menyebutkan PTK tersebut tidak dapat registrasi

batas akhir registrasi udah ditutup sementara saya belum registrasi. bagaimana solusinya agar saya bisa terdaftar pada SIM PKB? mohon bantuannya

Infonya registrasi dan verval di perpanjang hingga tanggal 30 Juli 2017, bagi guru yang belum terdaftar di sim pkb hingga tanggal tersebut maka tidak akan bisa berpartisipasi dalam sim pkb 2017. Untuk info lebih lanjut silakan tanyakan ke dinas mesing-masing mungkin saja berbeda informasinya.

mohon pencerahan!!!!
mau mendaftarkan gtk akan tetapi untuk registrasi data gtk tidak ditemukan,,,data di dapodik sudah beres,,,!!saya tanya ke komunitas malah di balikan lagi harus lewat dapodik kata nya...jadi saya kebingungan,,tanya ke dinas ya kaya gitu juga info nya....mohon bantuan

Tugas sekolah memang pada input data di dapodik, jika ada PTK sudah terinput secara lengkap datanya di dapodik namun tidak di temukan di database SIM PKB infonya harus menunggu sim pkb tahun depan.

Selamat malam pak. Saya guru PPKn di SMK Jakarta, dan akan pindah di SMA prov.Banten. Mengajarnya jg PPKn dan saya sdh punya NUPTK dari sekolah SMK dijakarta. Sementara perpindahan saya ke jenjang SMA adalah Negeri dan yg SMK dijakarta SMK Swasta. Mohon penjelasan pak, terimakasih.

Perpibdaha satmikal pada sim pkb melalui verval, silakan di verval datanya di akun PTK, setelah selesai verval maka akan mencetak surat ajuan perubahan data serahkan surat tersebut ke admin dinas untuk disetujui. terkait dengan komunitas, untuk dapat dimasukkan ke komunitas baru PTK harus sudah dikeluarkan dari komunitas sebelumnya maka hubungi ketua komunitas sebelumnya untuk mengeluarkan PTK di maksud dari anggota. setelah dikeluarkan hubungi ketua komunitas yang baru. untuk hal-hal teknis PTK dapat berkonsultasi ke keta komunitasnya atau admin dinas

numpang nanya pak, saya heran kok nama guru yang pernah UKG 2015 dan tetap di instansi yang sama dan setelah di verval ulang sekarang dan memilih satminkal ternyata tidak ada instansi yg ada di satminkal padahal ikut UKG 2015 di instansi yg sama. apa mungkin karena awal 2017 kmrin ada kesalahan nmor NPSN sekolah dan sudah diperbaiki dan dibuat ulang dan sudah terdaftar di dapodik.apa karena NPSN yg dibuat ulang itu mungkin penyebabnya atau ada hal lain.mhon solusinya

Mugkin itu salah satu penyebabnya, coba di cara namanya pada pencarian nomor ukg, apakah masih tertera nomor ukg 2015 dengan satmikal yang lama atau tidak. Untuk solusi sebaiknya kordinasi dengan KS dan dinas setempat.

nanya maz bekti, kalau capai kompetensi semuanya tidak memenuhi gimana solusinya mas? mulai point 1 s/d 10 statusnya tidak memenuhi,, mohon solusinya mas, tx

Tidak memenuji artinya nilainya dibawah KCM sebesar 70. Agar memenuhi nilainya harus 71 ke atas pada saat tes akhir setelah mengikuti diklat SIM PKB

Ass pak saya guru baru jadi belum pernah ikut ukg, saya mau ikut ukg tahun ini tetapi ketika saya cari nomor ukg dan memasukan nama ptk tidak muncul, dan ketika saya tanya ke narasumber katanya mungkin ada masalah di dapodik, tapi saya cek di dapodik data saya sudah valid, bagaimana solusinya pak?

Slmt sore sya guru mutasi sdh brjlan 2 semester no ukg sdh ada tpi setlah dicek terxata msih data gtk msih di instansi lama sdngkan utk sementara tdk bsa mutasi dapodik krna aplikasi dapodik 2017c tutp sdngkan dapodik versi baru belum ada jdi sya harusx gmna mohon solusix.terima kasih

Memang beberapa begitu, jika sudah cek di dapodik dan di verval gtk data sudak oke maka tinggal sistem yang bekerja. Infonya bagi guru yang namanya tidak ditemukan di database sim pkb harus menunggu sim pkb tahun depan. mudah-mudahan tahun 2018 sudah dapat ikut serta

Ibu bisa registrasi lalu verval satmikal, jika setelah verval ada surat ajuan perubahan data maka cetak lalu tandatangani dan serahkan ke admin dinas. sebaiknya segera, usahakan sebelum tanggal 31 Juli perubahan data sudah disetujui admin dinas

TUNAS HARAPAN BANGSA SIRANDORUNG delete 8/08/2017 10:01:00 PM

Sama, sekolah dan PTK kami belum pernah terdaftar.
kami tidak pernah diberi sosialisai atau pemberitahuan dari dinas tentang PKB atau GPO itu. Kalau ditanya ke Dinas, kenapa tidak kejar bola atau nanya-nanya ke sekolah lain.
Diknas di daerah kami tidak mau repot, padahal itu tugasnya untuk mensosialisasikan.
kesal juga kadang dengan mereka

TUNAS HARAPAN BANGSA SIRANDORUNG delete 8/08/2017 10:09:00 PM

Kan PAI juga dibawah naungan Diknas?

Guru PAI adalah guru depag yang dititipkan ke diknas, induknya tetap ke depag. Datanya juga berbasis SIMPATIKA

Belum terdaftar atau data tidak ditemukan? jika data tidak ditemukan berarti data belummasuk ke database sim pkb dan saya rasa memang bukan salah dinas. Bagi yang tidak ditemukan datanya harus menunggu program ini tahun 2018

Apakah untuk sekarang-sekarang ini masih bisa untuk aktivas akun simpkb.
Ada guru yg terlambat informasi karena bertugas dipedalaman...
Mohon pencerahan terima kasih...

Dicoba saja Pak, Mudah-mudahan masih bisa.

Terus kalau sekarang ada guru sudah masuk ke KKG tetapi dia kemudia jadi kepala dan ingin masuk ke K3S bagaimana cara mengubahnya di akun PKB apa perlu pindah mapel?

Hubungi ketua komunitas K3S, sampaikan bahwa PTK tersebut saat ini menjabat kepala sekolah mohon di tambahkan sebagai anggota komunitasnya

apakahh ada pengaruhnya yaa klo tidak ikut pretest tahun 2017??
untuk pretest ato ukg selanjutny msih bisa ikut ??

pak, sy bru isi no peserta UK hari ini di dapodik, tp masih blum muncul di sim PKB ketika mau melihat info gtk? apa hrus menunggu dlu? atau gmna?

Jika tidak pretest berarti tidak mengikuti PKB. Mudah2an masih bisa

Data selesai di proses paling cepat 1 minggu, bisa lebih lama tergantung sistem

Maaf saya sudah di undang untuk ppg. Tapi saya terlambat mendaftar. Mohon solusinya.

MF mau bertanya,,,kanapa ada pada Validasi Lokal menyatakan bahwa sistem mendeteksi data PTK an/....diubah menggunakan aplikasi selain aplikasi dapodik,,? mohon bantuannya...

pak itu cara mendaftarkan dirimenjadi anggota komonitas maple tuh kayak gimana yah???

Silahkan berkomentar terkait artikel di atas, biasakan membaca sebelum berkomentar. Komentar yang sama atau tidak terkait dengan artikel tidak disetujui