-->

Kisi-Kisi Pretest PPG Tahap 2 2018 dilengkapi Contoh Soal Latihan

Kisi-Kisi Pretest PPG 2018 dilengkapi Contoh Soal Latihan Pretes - PPG 2018 Tahap 2 resmi di buka, bila telah usai merampungkan tahapan pendaftaran PPG 2018 selanjutnya menanti Jadwal Pretes PPG 2018. Pretest merupakan rangkaian kegiatan yang tak terpisahkan dari PPG dalam Jabatan 2018. Tes awal penjaringan calon peserta sertifikasi guru 2018 ini sangat pentig diketahui agar guru dapat mempersiapkan diri guna menghadapi pretest agar lulus seleksi.

Karena pentingnya jadwal tes awal ini maka jangan sampai kita melewatkan jadwal dan lokasi pretest ppgj 2018 masing-masing.
Jadwal Pretest PPG 2018
Pada rangkaian aktifitas guru di SIMPKB, berikut jadwal penting yang perlu diketahui:

Pendaftaran calon peserta PPG 2018
Pendaftaran atau ajuan mandiri sebagai calon peserta dilaksanakan dari tanggal 17 Februari s.d 2 Maret 2018 (diperpanjang hingga 31 maret 2018). Proses pendaftaran PPG 2018 dilakukan melalui undangan di akun SIMPKB masing-masing. Apabila anda akan mendaftar atau belum terundang, mungkin tertarik membaca Cara Daftar PPG 2018.

Jadwal Pretest PPG 2018
Pretest PPG 2018 akan di1aksankan pada tanggal 2 sampai 15 Mei 2018. Untuk jadwal masing-masing bisa di cek akun masing-masing atau DISINI.
Simpan 150 Soal Pretest PPG
Jadwal Postest PKB
Postest PKB yang merupakan kelanjutan dari pretes sim pkb akan dilakukan pada tanggal 01 sampai dengan 15 Desember 2017 dan telah selesai dilakukan. Untuk lokasi postest telah ditetapkan oleh Dinas Prov/Kab/Kota, P4TK dan LP3TK-KPTK setempat.

Seperti telah disampaikan diatas bahwa post test pkb merupakan rangkaian dari pretest pkb, jika masih belum memahami hal tersebut berikut sekilas penjelasannya.

Pretest merupakan agenda selantutnya yang akan dilaksanakan setelah proses Registrasi dan Login SIM PKB selesai dilakukan, karenanya penting bagi para guru untuk mengetahui Jadwal dan Kisi-Kisi Soal Pretest SIM PKB Guru 2017.

Apa itu Pre Tes?

Pretes atau tes awal SIMPKB merupakan ujian kompetensi guna memperoleh Profil Kompetensi Guru yang dilakukan sebelum pelaksanaan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan tahun 2018. Artinya, nilai yang diperoleh dari hasil tes ini merupakan nilai Uji Kompetensi Guru (UKG) tahun 2018.

Sementara itu Pretest PPG merupakan tes awal yang dikhususkan bagi guru-guru yang telah diterima ajuaj pendaftaran calon peserta PPG 2018 melalui SIM PKB. Layaknya pretest lainnya, guna menghadapi tes yang satu ini guru juga perlu mengetahui Kisi-Kisi dan contoh soal PPG 2018.
Materi yang nantinya diujikan dalam pretes terdiri dari 4 kelompok materi soal yakni: 40 soal Potensi Akademik (25 menit), 20 Soal Pedagogik (20 Menit), 40 s.d 70 Soal Bidang Keilmuan (60 Menit) dan 15 Soal Bakat/Minat (15 Menit).
Pretest PPG 2018 sendiri akan dilakukan secara online berupa tes kemampuan pedagogik dan profesional. Guna memberikan simulasi rekan-rekan guru dapat melakukan latihan mengerjakan soal pretest PPG pada aplikasi simulasi berikut:
Simulasi Soal Pretest PPG 2018 Online
Jadwal dan Kisi-kisi Soal Latihan Pretest SIM PKB Guru 2017
Kisi-Kisi dan Soal Pretest PPG dan PKB

Siapa Peserta Pretest?

Pesrta pretest PPG 2018 adalah guru yang ajuannya dinyatakan valid dan memenuhi syarat sebagai calon peserta PPG 2018 oleh LPMP. Tes ini nantinya akan menjaring dan menyeleksi guru-guru yang akan diundang untuk mengikuti PPG 2018.

Sementara peserta pretes SIMPKB adalah Guru dan Tenaga Kependidikan dengan kriteria:
  1. Belum mengikuti UKG pada tahun 2015 Sudah mengikuti UKG 2015 tetapi saat ini melakukan perubahan dan pemutakhiran Jenjang maupun Mapel (Verval) dengan status permanen terhitung sebelum tanggal 1 Agustus 2017 dengan berstatus “Wajib Pretest”.
  2. Status permanen ini artinya perubahan yang dilakukan oleh PTK telah disetujui oleh admin dinas setempat.
  3. Bagi PTK yang melakukan perubahan dan pemutakhiran jenjang maupun mapel setelah tanggal 31 Juli 2017 maka tidak diikutsertakan sebagai calon peserta pretes pada bulan Agustus 2017.

Kapan Pretes PPG 2018 dilakukan?

Jadwal pelaksanaan pretest PPG 2018 akan dilaksanakan pada akhir maret 2018 antara tanggal 2 samai 15 Mei serta pada awal april jika diperlukan dimana sesi pretes dibagi kedalam tiga kelompok yakni:
  • Sesi Pertama: Jam 7.00 s.d 10.00
  • Sesi Kedua: Jam 10.00 s.d 13.00
  • Sesi Ketiga: Jam 13.00 s.d 16.00
Sebagai catatan: Peserta wajib hadir sebelum sesinya dimuai. Usahakan datang 20-30 menit sebelumnya untuk melakukan latihan simulasi mengerjakan soal pretest ppg terlebih dahulu.

Selain itu juga agar ketika sesinya dimulai dalam keadaan rileks tidak terburu-buru karena jika terburu-buru atau terlambat nantinya tidak akan maksimal dalam mengertakan soal pretest.

Sementara itu, jika berjalan sesuai rencana maka pretest simpkb akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2017, hal-hal terkait tempat pelaksanaan dan waktunya akan di informasikan kemudian oleh dinas pendidikan masing-masing sesuai dengan wilayah kerjanya.

Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 dan SIM PKB

Selain mempelajari soal latihan dan melakukan simulasi, perlu juga rekan-rekan guru membaca serta mempelajari Kisi-Kisi Soal PPG 2018 berikut ini.
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG Soal UKM
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG Soal Profesional
Kisi-Kisi Soal PPG 2017 SD, SMP, SMA/SMK
Kisi-Kisi Soal PPG 2018 SD, SMP, SMA/SMK 
Kisi-kisi soal pretes pkb menjadi penting bagi para PTK karena sebagai gambaran maupun bahan bacaan guna menghadapi pretes yang sudah di depan mata, Kisi-kisi pretest yang akan admin bagikan berikut ini sesuai dengan Kisi-kisi UKG tahun 2015.

Download Kisi-Kisi soal Pretest SD
Download Kisi-Kisi soal Pretest SMP

Soal Latihan Pretest PKB

Soal latihan ini bagian dari simulasi dan latihan mengerjakan soal, bisa juga sebagai gambaran soal pada pretest.

Jenjang SD
  • Kelas Atas
  • Kelas Bawah
  • PJOK / Penjas
Jenjang SMP
  • IPA
  • IPS
  • PKn
  • TIK/KKPI
  • Matematika
  • Penjas / PJOK
  • Bahasa Inggris
  • Bahasa Indonesia
  • Seni Budaya
Jenjang SMA

Jenjang SMK

Demikian sajian tentang Jadwal, Soal Pretest PPG 2018 dan Kisi-kisi soal Pretest SIM PKB Guru. Jika Anda Peserta SIM PKB Guru mungkin akan tertarik untik memiliki Modul PKB SD ataupun Modul PKB SMP. Semoga bermanfaat.

Silahkan berkomentar terkait artikel di atas, biasakan membaca sebelum berkomentar. Komentar yang sama atau tidak terkait dengan artikel tidak disetujui