-->

Cara Cetak Kartu NUPTK di VervalPTK untuk tingkat SD, SMP dan SMA Terbaru

Memiliki NUPTK merupakan keuntungan tersendiri bagi guru maupun Tenaga Kependidikan, hal ini tak lain karena nomor unik ini sering dijadikan salah satu syarat di hampir setiap program yang di luncurkan pemerintah, Tunjangan salah satunya. Baik itu Sertifikasi maupun Tunjangan lainnya sering mensyaratkan nomor ini. Bagi rekan-rekan yang telah memilikinya, kini dapat dengan mudah mencetak kartu NUPTK secara mandiri dan resmi dari Kemdikbud melalui laman vervalPTK.

Setelah beberapa waktu lalu pencetakan Kartu NUPTK dapat dilakukan melalui verval individu GTK (Aplikasinya sedang Off saat ini), kini untuk mencetak kartu NUPTK telah menjadi bagian dari VervalPTK. Untuk Jenjang TK / PAUD mrnu cetak NUPTK ada tersendir di vervalptk, namun khusus jenjang SD, SMP dan SMA ada cara tersendiri. Caranya cukup mudah dan singkat, simak baik-baik caranya dibawah ini.

Login ke Laman VervalPTK

Silahkan menuju laman http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id/ atau VervalPTK menggunakan akun SDM sekolah masing-masing. Jika tidak tahu dapat menanyakan ke Operator atau penanggungjawabnya. Apabila ingin meminta tolong ke operator sekolah, mintalah tolonglah dengan sopan dan lihat situasi apakan sedang sibuk atau tidak.

Login Ke Laman Cetak Kartu NUPTK

Setelah login pada langkah pertama, maka belum bisa melakukan pencetakan kartu dikarenakan menunya belum ditampilkan pada akun sekolah masing-masing melainkan melalui saluran khusus yang yakni pada Halaman Cetak Kartu NUPTK atau DI SINI. Jika kedua laman tersebut masih tidak bisa, mungkin sedang dilakukan maintenance jadi cobalah di lain waktu.

Pilih Nama Guru

Setelah menuju halaman pada langkah kedua, akan tampil daftar guru dan tenaga kependidikan disekalah rekan-rekan sekalian. Pilihlah salah satu nama guru denga menekan tombot Lihat Kartu tunggu hingga tampil gambar serepti dibawah ini.
Beranda Pencetakan Kartu NUPTK
Beranda Pencetakan Kartu NUPTK
Jika tidak terdapat Foto Diri artinya guru bersangkutan belum mengunggah fotonya. Silahkan unggah terlebih fotonya pada menu pengelolaan, pilih perbaikan foto lalu upload foto guru.
Kartu NUPTK Belum Upload Foto
Kartu NUPTK Belum Upload Foto

Cetak Atau Download Kartu

Setelah tampil Kartunya, maka dapat melakukan dua opsi yaitu mencetaknya langsung atau mendowloadnya terlebih dahulu.
Mengatur Ukuran Kartu
Pastikan sebelumnya telah melakukan pengaturan agar sesuai, letaknya ada pada menu bertuliskan Automatik Zoom, pilih ukuran cetak yang dikehendaki. Jika sudah silahkan pilih Tombol Panah di pojok kanan atas untuk menampilkan menu pencetakan kartu.
Cetak atau Download Kartu
Cetak atau Download Kartu
Simple dan mudah kan? Demikian Fitur baru dari VervalPTK yang dapat digunakan untuk Mencetak Kartu NUPTK, Semoga bermanfaat.

4 komentar

Artikelnya sang at bagus Dan bermanfaat .Terimakasih

Sangat bermanfaat

Sayangnya saat ini untuk jenjang selain PAUD sedang ditutup. semoga kedepannya bisa di buka lagi

terima kasih,artikelnya bagus and sangat bermanfaat.

Silahkan berkomentar terkait artikel di atas, biasakan membaca sebelum berkomentar. Komentar yang sama atau tidak terkait dengan artikel tidak disetujui