-->

Modul PKB TK/PAUD Revisi Tahun 2017

Menjelang berakhirnya Registrasi dan Login SIM PKB Guru, maka tidak ada alasan lagi bagi PTK untuk segera mendaftarkan diri ke SIM PKB. Sementara bagi mereka yang telah melakukan registrasi, khususnya guru PAUD/TK sudah menjadi kebutuhan untuk memiliki Modul PKB TK/PAUD revisi tahun 2017 sebagai bahan ajar dalam kegiatan pengembangnan keprofesian berkelanjutan ini.

Dalam upaya meningkatkan kompetensi guru secara berkelanjutan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menentukan kebijakan yang diawali dengan pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) kemudian dilanjutkan dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).
Download Modul PKB Guru TK/PAUD Revisi Tahun 2017
Modul PKB Guru TK/PAUD
Guna memenuhi kebutuhan bahan ajar kegiatan ini, Pusat Pengembangan Pemberdayaan Pendidik Tenaga Kependidikan Taman Kanak-Kanak dan Pendidikan Luar Biasa (PPPPTK TK PLB), telah mengembangkan Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Bidang Taman Kanak-kanak (Modul PKB TK/PAUD revisi tahun 2017) yang terintegrasi dengan Penguatan Pendidikan Karakter dengan merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.

Kedalaman materi dan pemetaan kompetensi dalam modul ini telah disusun menjadi sepuluh kelompok kompetensi. Setiap modul meliputi pengembangan materi kompetensi pedagogik dan profesional bagi guru Taman Kanak-kanak (TK/PAUD). Judul-judul modul yang disusun meliputi;
  1. Karakteristik Anak Usia Dini
  2. Teori Bermain & Merancang Kegiatan Bermain di Taman Kanak-kanak TK/PAUD
  3. Kurikulum & Program Pembelajaran di Taman Kanak-kanak TK/PAUD
  4. Penyelenggaraan Kegiatan Pengembangan yang Mendidik
  5. Pemanfaatan Teknologi Informasi & Komunikasi di Taman Kanak-kanak TK/PAUD
  6. Media & Sumber Belajar di Taman Kanak-kanak TK/PAUD
  7. Komunikasi Efektif bagi Guru TK/PAUD
  8. Konsep & Teknik Penilaian di TK/PAUD
  9. PTK & Pemanfaatannya dalam Pengembangan Anak di TK/PAUD
  10. Layanan Bantuan PesertaDidik & Pengembangan ProfesiGuru (PPG)
Harapannya Modul PKB TK/PAUD revisi tahun 2017 ini dapat menjadi bahan rujukan utama guru TK/PAUD dalam pelaksanaan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Dalam pengayaan materi, peserta PKB disarankan menggunakan referensi-referensi lainnya yg relevan.

Modul ini juga telah terintegrasi dengan lima nilai utama penguatan pendidikan karakter yakni religius,nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas.

Nilai religius tercermin dalam perilaku melaksanakan ajaran agama dan kepercayaan yang dianut, menghargai perbedaan agama, menjunjung tinggi sikap toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama dan kepercayaan lain, hidup rukun dan damai dengan pemeluk agama lain, perilaku mencintai dan menjaga keutuhan ciptaan-Nya.

Sub nilai karakter religius : cinta damai, toleransi,menghargai perbedaan agama, teguh pendirian, percaya diri, kerja sama lintas agama, antibuli dan kekerasan,persahabatan, ketulusan, tidak memaksakan kehendak, serta melindungi yang kecil dan tersisih.

Bagi Bapak/Ibu peserta SIM PKB Guru TK/PAUD, Admin sediakan modulnya pada tautan di bawah ini.

Download Modul PKB TK/PAUD revisi tahun 2017
Demikian Download Modul PKB TK/PAUD Revisi Tahun 2017. Mungkin Bapak/Ibu juga tertarik untuk membaca Cara Registrasi / Login SIM PKB Guru dan memiliki Modul PKB SD Kelas Atas dan Bawah. Semoga Bermanfaat.

Silahkan berkomentar terkait artikel di atas, biasakan membaca sebelum berkomentar. Komentar yang sama atau tidak terkait dengan artikel tidak disetujui