-->

Cara Mudah Import Nilai Raport Dapodik 2019

Export dan Import nilai raport di dapodik merupakan fitur yang sungguh ditunggu-tunggu kehadirannya oleh para pejuang data, hal ini tidak lain karena dengan ditambahkannya fitur tersebut harapannya input nilai bisa dilakukan dengan cara yang lebih mudah dan cepat.
Format Import Nilai Rapor di Dapodik 2017
Format Import Nilai Rapor
Tanpa fitur ini sesungguhnya entri nilai rapor juga bisa dilakukan dengan mudah dan cepat, terutama bagi sekolah di daerah perkotaan dimana fasilitas memadai dan kemampuan guru dalam mengoperasikan iptek tentu lebih baik. Ya, dengan memanfaatkan jaringan yang tersedia untuk mengerjakan nilai raport secara bersama-sama lebih di satu Laptop/PC.

Fasilitas eksport import nilai ini sangat rentan sehingga dalam pengoprasiannya harus dilakukan dengan bijak dan hati-hati. Pastikan mengikuti tatacara dan langkah-langkahnya secara runut dan benar. Setidaknya ada 5 hal yang tidak boleh dilakukan jika menggunakan fitur baru ini yaitu jangan merubah format import nilai; merubah token yang ada; merubah Nomor, Nama Siswa, NIS dan NISN yang telah disediakan; KKM pengetahuan dan atau keterampilan wajib diisi; dan untuk nilai sikap/spiritual dan sosial harap diisi hanya pada mata evaluasi Bahasa Indonesia.
Berikut panduan penggunaan export dan import nilai menggunakan excel di dapodik 2018:

1. Pastikan Aplikasi Dapodik Sudah Pada Versi 2018

Jika belum pada versi 2018 silakan melakukan pembaruan ke versi terbaru. Bisa dengan mengunduh updater atau perbaharui secara online. Pastikan juga update pembaruan dapodik berjalan normal dan prefill berhasil di konfigurasi dengan sempurna tanpa peringatan kegagalan atau eror apapun.

2. Pastikan Sudah Melakukan Mapping Mata Evaluasi Pada Masing-Masing Rombel

Pilih fitur nilai – rapot / US/USBN – pilih semester – pilih rombel – tekan tombol tambah- lalu pilih mata pelajaran dan tentukan nomor urutnya sesuai dengan urutan pada raport atau ijazah – simpan dan tutup.

3. Unduh Format Excel Untuk Import Nilai

Menggunakan Login PTK. Pilih semester dan rombongan belajar pada menu nilai yang telah dilakukan proses mapping mata evaluasi, setelah muncul mapel evaluasi silakan klik dua kali pada mapel untuk mengaktifkan menu input nilai raport. Setelah aktif cari tombol Eksport dan Import, pada menu dropdown silakan unduh format excel.

Menggunakan Login Operator Sekolah. Setelah dilakukan mapping mata evaluasi silakan aktifkan menu input nilai dengan cara menekan duakali pada salah satu mapel, jika sudah aktif maka akan langung tampil tombol eksport/import dan bisa mengunduh format excel pada menu tersebut. Dengan menggunakan login ops maka kita tidak perlu berganti-ganti login ptk untuk mengunduh format tiap mapel, lebih simpel kan??

File unduhan berupa file excel secara standard akan tersimpan di folder downloads, dengan nama sesuai dengan mapel dan semester masing-masing, misalnya “format-nilai-rapor-20161-Kelas_9-Pendidikan Agama Islam”. Nama file sebaiknya jangan diubah-ubah, biarkan apa adanya sesuai dengan hasil unduhan.

4. Mengisi Nilai Raport pada Format Excel

Buka file yang telah diunduh pada langka sebelumnya. Format dan bentuk sudah baku, jadi jangan melakukan perubahan apapun pada format cukup melakukan entri nilai.

Pertama, Isikan nilai KKM Pengetahuan dengan mengetik atau memilih angka dari 1 s.d 100. “Kalo Mimin sih diketik aja hehehee”.

Kedua, input nilai siswa pada kolom nilai pengetahuan. Untuk menginput bisa dengan memilih atau mengetik, silakan gunakan cara yang lebih nyaman. Bagi mimin cara paling cepat adalan dengan menyalin nilai dari aplikasi nilai raport yang dimiliki sekolah, cukup blok seluruh nilai siswa lalu di copy dan di pastekan “gunakan paste special values” ke dalam format dari dapodik ini.

Ketiga, input nilai predikat untuk penilaian sikap “jika ada” dengan rentang nilai A s.d D
Keempat, simpan file dan tutup aplikasi excelnya.

5. Unggah Format Excel Untuk Import Nilai

Cara mengunggan atau mengimport format niai yang sudah selesai diisi sama dengan cara mengunduh format nilai di atas, hanya berbeda pada langkag akhir yakni pilih menu import dari excel. Setelah memilih menu ini maka akan muncul menu import nilai, silakan cari file excel tadi dengan memilih menu “pilih excel” jika sudah ditemukan pilih file nya lalu tekan dua kali atau tekan tombol open. Selanjutnya pilih import dan proses mengunggah file akan dilakukan. Tunggu beberapa saat, jika berhasil maka akan ada keterangan berhasil dengan notifikasi
Berhasil memasukan data sejumlah 30 baris dan melewati data sejumlah 0 baris. Guru a/n "guru mapel" bertanggungjawab terhadap kebenaran data yang diisikan.
Perhatikan bagian jumlah baris harus sesuai dengan jumlah anggota rombel dan pada data yang dilewati harus 0, hal ini menandakan bahwa tidak terjadi kegagalan mengunggah nilai ke dapodik. Pastikan juga bahwa PTK yang bertanggung jawab adalah guru mapel bersangkutan, ini menunjukkan kita tidak salah memilih file excel pada saat mengimport nilai karena jika salah memilih mapel bisa terjadi eror atau data tidak ditemukan.

Periksa kembali input nilainya untuk mengantisipasi adanya kesalahan pengisian, jika sudah benar maka hal yang sama dapat dilakukan untuk mata pelajaran evaluasi yang lainyya. Mudah bukan? Dengan adanya fitur import nilai ini maka cara mengisi nilai raport , US/USBN di dapodik dapat diselesaikan dengan mudah dan cepat.
Download Panduan Melakukan Export Import Nilai Raport Di Dapodik.pdf
Demikian tips import nilai raport di dapodik, semoga bermanfaat. Salam satu data.

25 komentar

min, dapodik saya setelah update ke 2017c tidak muncul eksport dan importnya, serta tidak bisa menyimpan, solusi bagaimana ya? thanks

Pastikan prefill raport sudah diunduh sengan sempurna, uunduh prefill beberapa kali dan pilih prefill dengan ukuran paling besar. pastikan juga konfigurasi prefilnya tanpa ada pesan eror, jika proses intalnya sudah benar harusnya muncul menunya. Jika tidak bisa menyimpan berarti input manual bukan pakai import nilai karena import nila tidak perlu menyimpan tapi otomatis tersimpan. silakan login menggunakan akun guru mata pelajaran jangan login operator karena login operator memang bukan buat input nilai

minta tolong kirimkan konsep nilai rapor file excel ke findonerodli@gmail.com agar bisa diimport. Thanks.

Formatnya bisa diunduh dari dapodik masing-masing, tiap sekolah kan berbeda. bahkan tiap mapel juga berbeda. jari unduh format satu-satu sesuai dengan mapel dan semesternya

Min.. kalo tidak punya guru agama dan guru penjas bagaimana? soalnya kalo sekolah yayasan gurunya di maksimalkan.. kemarin saya coba mapping di guru kelas lalu sinkron tapi tetap tidak muncul untuk mapel agama dan penjas

Unuk mappi mata evaluasi raport sama dengan mapping jjm rombel

Pak Admin, untuk daftar nilai yang diimport dari Excel kenapa nilai sikap tidak muncul ya?

Kemudian untuk mapel tertentu yang tidak ada nilai ketrampilan(masih ktsp), ini tetap diminta untuk mengisi. Bagaimana solusinya? Terima kasih.

Untuk KTSP nilai nya cuma pengetahuan kecuali mapel bahasa indonesia masih ada nilai sikapnya.
Pastikan versi 2017c terinstal dengan sempurna, karena pada versi 2017.c seharusnya sudah tidak muncul lagi kolom nilai keterampilan.

Mas fajar kembali nanya, ada ptkku tidak ditemukan rombelnya di TA 2016/2017, sementara saya udah cek semua mata evaluasinya dan nama ptk tsbt juga ada, gimana ini mas? Saya udah pusing nih kebetulan guru yg bersktn masuk di kelas XII sehingga nilai usbn tidak ter entri.
Bisakah operator mengentri nilai pake import nilai lewat login operator?

Coba login dapodik pada semester dimana ptk tidak ditemukan, periksa mapping jjm nya.
Bisa saja, saya juga import menggunakan login ops. harap hati-hati dalam memilih file excelnya agar tidak salah pilih mapel yg akan di import nilainya

min klo merubah nilai hasil import bagaimana?

Coba log in menggunakan akun PTK, pilih semeternya trus pilih mapelnya

Mas bekti, saya udah periksa semua mata evaluasi juga jjmnya semuanya bagus, terakhir saya ganti ptk yg bersangkutan dgn nama guru lain, dan ternyata bisa entri nilainya, nanti setelah sinkron guru tsb akan saya kembalikan seperti sedia kala, pertanyaan saya mas, apakah pengentrian nilai ada pengaruhnya ke sertifikasi?

Apakah semester genap TA 16/17? jika iya saya rasa riskan karena itu semester berjalan. Mungkin bisa di coba input melalui akun ptk yang berstatus wali kelas, atau mengunakan fitur import nilai? bukankan dgn import nilai lebih mudah.

Min,cara menghapus mapelnya bgmn? Soalnya nomor urut mapel tsb tdk sesuai raport. Trmksh.

Pada menu mata evaluasi rapor pilih mapel yang akan dihapus, perhatikan tab bagian atas ada semester - rombel lalu pilih tombol panah kekiri sampai mentok ada tombol hapus

Min, bagaimana cara input nilai bagi siswa pindahan? login di tahun pelajaran sebelumnya tidak ada nama?

Yang ngisi sekolah sebelumnya, isi saja yg menjadi tanggug jawab sekolah

Min..kunci nilai raport dan us tidak muncul di login ptk?

Seingat saya memang tombol Kuncian Nilai ada di akun PTK namun tidak berfungsi, jika di dapodik bapak tidak ada tombolnya berarti dapodiknya tidak sempurna. biasanya penyebabnya dari generate prefill yang tidak sempurna atai corupt.

Min. Saya mau input data rapor tetapi tidak bisa karena seluruh tombol tidak bisa di klik. Dan saya klik tombol mata evaluasi rapor tetapi data tidak di temukan

Pastikan dapodik pada versi 2017c. pastikan juga prefill raport berhasil di generate secara sempurna (tidak korup) dan sukses dikonfigurasi dengan dapodik. Jika masih belum paham, silakan temukan jawabannya di http://www.dejarfa.com/2017/04/cara-mengisi-nilai-raport-us-usbn-dapodik.html

Min, kalau mau masukin nilai ujian bagaimana ya, karena ada nilai dg koma
Misal 82,5
Q coba gak bisa min memasukkan dg koma
Tolong bantuan.nya y

Nilai tidak dengan koma melainkan bulat, jika ada guru menyetorkan nilai dengan koma mitalah untuk membulatkan nilai tersebut sesuai dengan aturan pembulatan angka

Min. Kalau misalnya nilai telah di import ke dapodik, dan ternyata nilai tersebut ad yg keliru. Apakah bisa di ubah kembali???

Silahkan berkomentar terkait artikel di atas, biasakan membaca sebelum berkomentar. Komentar yang sama atau tidak terkait dengan artikel tidak disetujui