-->

Cara Daftar Sumber Belajar Prakondisi PLPG (sertifikasiguru.id)

Prakondisi PLPG telah menjadi tahapan dalam pelaksanaan Sertifikasi Guru tahun 2017, telah disebutkan dalam Pendoman Penetapan Peserta Sertifikasi Guru 2017 bahwa peserta sergur harus mengikuti masa prakondisi PLPG dengan mempelajari modul secara mandiri yang dapat di unduh di laman sertifikasiguru.id.

Pada tahap prakondisi PLPG ini, peserta akan mempelajari modul pedagogik dan modul pendalaman materi dalam jangka waktu 3 bulan dengan difasilitasi oleh instruktur atau mentor. Peserta dan mentor berkomunikasi melalui moda tatap muka dan atau moda online (E-learning, email, media sosial dll) berjumlah setidaknya 4 kali selama masa prakondisi dilakukan.
Cara Daftar Prakondisi PLPG (Sertifikasi Guru 2017) dejarfa.com
Prakondisi PLPG 2017
Pada akhir kegiatan Prakondisi PLPG, peserta diminta membuat laporan sesuai dengan format yang tertera di buku 1 dan buku 3 (cooming soon) dimana nantinya laporan ini diserahkan kepada panitia sertifikasi guru pada saat melakukan cek in ke lokasi pelaksanaan PLPG.

Karena pentingnya tahap prakondisi ini, berikut panduan pendaftaran sumber belajar di laman sertifikasiguru.id

  1. Buka browser yang biasa bapak/ibu gunakan untuk berselancar “disarankan menggunakan google chrome atau mozila firefox”, kemudian ketik atau kunjungi laman sertifikasiguru.id
  2. Setelah terbuka halaman depan sertifikasiguru.id, terdapat dua tombol utama yaitu Daftar Sekarang dan Masuk. Pilih tombol Daftar Sekarang untuk melakukan proses pendaftaran peserta.
  3. Selanjutnya akan tampil formulir pendaftaran pengguna baru, dalam formulir pendaftaran ini isilah setiap kolom secara benar. Adapun form isiannya seperti: Nama Lengkap, isilah nama lengkap anda sesuaikan dengan data yang valid. Email atau Surel, harap menggunakan email biasa digunakan “masik aktif”. Pilih provinsi dan negara jangan dilupakan Nama Pengguna, isikan berupa alphanumeric tanpa spasi, minimal 6 karakter. Kata Sandi, isi password dalam bentuk alphanumeric, tanpa spasi, sitidaknya 6 karakter. Buatlah sandi yg mudah diingat. Ulangi pengisian kata sandi untuk memastikan sandi anda tidak salah ketik (Typo). Pilih Peran, pilihlah peran sebagai peserta. Kode Akses, gunakan kode akses 920496 atau kode akses yang diberikan oleh dinas masing-masing. Centang pilihan “Saya setuju dengan ketentuan yang berlaku” lalu pilih tombol “Daftar sebagai Peserta Baru”.
  4. Lengkapi data diri anda pada form isian kemudian pilih tombol Selanjutnya untuk melanjutkan proses pendaftaran.
  5. Unggah gambar profil menggunakan foto diri Anda dengan format file berupa .JPEG, .GIF atau .PNG, ukuran maksimal file sebesar 1 MB. Pilih Selesai untuk menyelesaikan pendaftaran.
  6. Untuk mulai belajar, pilih Menu Belajar pada menu utama.
  7. Dalam halaman Daftar Sumber Belajar, pilih menu Daftar pada Sumber Belajar untuk mulai belajar. Unduh bacaan-bacaan setiap Bab dan ukur pengetahuan Anda pada latihan soal.
Sampai tahap ini anda telah terdaftar sebagai peserta prakondisi PLPG. Panduan pendaftaran lengkap dengan gambar dapat di unduh pada tautan berikut ini. 
Download Panduan Pendaftaran Sumber Belajar Prakondisi PLPG.pdf
Download Juknis Prakondisi PLPG 2017.pdf
Sebagai tambahan info, berikut pembagian kelas online di web sertifikasiguru.id:
  1. Kelas dengan awalan PLPG 2016, diperuntukan bagi peserta sergur 2016 yg mengikuti UTN Ulang.
  2. Kelas dgn awalan PLPG 2017, diperuntukan bagi peserta sergur 2017.
Saat ini tim sertifikasiguru.id sedang melakukan pemutakhiran Kelas Online untuk Kelas PLPG 2017. Jadi, kelas yang sudah bisa di akses adalah kelas PLPG 2016.

Demikian Cara Daftar Sumber Belajar Prakondisi PLPG, mungkin anda tertarik juga membaca Panduan Penggunaan Aplikasi Prakondisi PLPG 2017 dan Panduan Sertifikasi Guru 2017 dilengkapi Kisi-Kisi PLPG dan UTN. Semoga bermanfaat.

6 komentar

Kok sumber belajar bahasa inggris tidak dtemukan ya?

Ditungu saja Bu, mungkin sedang dalam proses

Bagaimana cara keluar dari kelas?
Saya masuk guru kelas 2016. Harusnya guru kelas 2017. Mau keluar dari kelas 2016 tersebut susah.
Mohon solusi nya.

Mungkin sebaiknya berkordinasi dengan mentornya untuk masalah pemilihan kelas.

pada saat saat daftar tertulis nama pengguna tidak valid.bagaimana mengatasinya??

Coba isikan nama sesuai dengan yang tercantum dalam format A1 atau data kepegawaian yang valid sesuai dapodik

Silahkan berkomentar terkait artikel di atas, biasakan membaca sebelum berkomentar. Komentar yang sama atau tidak terkait dengan artikel tidak disetujui