-->

Linearitas PPG 2018 (Daftar Mapel PPGJ)

Liniaritas PPG 2018 merupaka syarat mutlak yang harus dipenuhi saat mendaftar sebagai calon peserta PPGJ. Apabila tidak linear antara mapel ijazah dengan mapel bidang studi PPG yang diikuti, maka pendaftaran akan ditolak oleh verifikator LPMP. Berikut Daftar Linearitas PPG 2018 dengan Kualifikasi Akademik Guru.

Dalam dunia pendidikan, linearitas ijazah dikenal ada dua yaitu linearitas PPG dan Linearitas Sertifikasi.
Linearitas PPG 2018
Linearitas PPG 2018

Linearitas PPG 2018

Linearitas Prodi / Mapel dalam pendaftaran PPG 2018 yakni antara Ijazah yang dimiliki dengan mata pelajaran / program studi PPG yang dipilih. Jadi, pada saat melakukan pendaftaran calon peserta, guru wajib mengisi proi PPGJ yang akan diikuti. Prodi inilah yang harus sesuai dengan ijazah walaupun disekolah tidak mengajar sesuai dengan ijazahnya.

Misalkan admin adalah guru bahasa indonesia dengan kualifikasi akademik sarjana bahasa inggris. Pada saat mengisi prodi PPGJ maka harus memilih Bahasa Inggris lalu mengunggah scan ijazah yang membuktikan bahwa admin sarjana program studi bahasa inggris. Mapel PPG harus sesuai dengan daftara linearitas PPG.

Dengan demikian, ketika tim verifikator LPMP melakukan verivikasi linearitas PPG akan disetujuai karena sudah sesuai antara ijazah dengan program studi PPG. Untuk tata cara pendaftaran silahkan baca Cara Daftar PPG 2018

Linearitas Sertifikasi / Jenis Tugas

Linearitas ini merupakan kesesuaian antara mapel pada sertifikat pendidik dengan mata pelajaran yang diajarkan di sekolah. Linearitas ini merupakan syarat wajib bagi guru agar terpenuhi kriteria untuk mendapatkan tunjangan sertifikasi guru.

Gambaran sederhananya sebagai berikut, apabila admin saat ini mengajar bahasa indonesia dengan ijazah sarjana bahasa inggris maka pada saat mendaftar PPGJ 2018 adamin memeilih mapel Bahasa Inggris agar seseai dengan persyaratan yang ditetapkan Dirjen GTK Kembdikbud.

Setelah nanti lulus PPGJ admin akan memperoleh sertifikat oendidik dan profesional pada mapel bahasa ingrris, untuk memperoleh tunjangan sertifikasi guru maka admin harus memenuhi kriteria linearitas jenis tugas yakni mengajar mapel bahasa inggris sesuai sertifikat pendidik yang dimiliki.

Selain harus linear, persyaratan calon peserta juga harus terpenuhi seluruhnya baik itu persyaratan akademik maupun administrasi. Karenanya mungkin rekan-rekan tertarik membaca Syarat PPG 2018.

Agar usulan pendaftaran peserta PPG bapak/ibu tidak ditolak oleh LPMP, maka harus linear antara prodi PPG yang dipilih dengan ijazah yang dimiliki. Daftar linearitas PPGJ 2018 dapat diunduh pada tautan berikut:
Demikian wawasan terkait Daftar Linearitas PPG 2018, jika linear dan memenuhi syarat mudah-mudahan langsung disetujui oleh tim verifikator LMPM setempat.

Silahkan berkomentar terkait artikel di atas, biasakan membaca sebelum berkomentar. Komentar yang sama atau tidak terkait dengan artikel tidak disetujui