-->

Modul PKB IPA SMP Revisi 2017

Pendidik memiliki kewajiban untuk selalu memperbaharui dan meningkatkan kompetensinya melalui kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) sebagai esensi pembelajar sepanjang hayat. Dalam rangka mendukung pengembangan pengetahuan dan keterampilan bagi guru IPA SMP, maka dikembangkan Modul PKB IPA SMP revisi 2017 guna menopang diklat PKB Guru.

Dengan adanya modul tersebut, maka dapat memberikan kesempatan kepada guru untuk belajar lebih mandiri dan aktif. Modul PKB IPA SMP dapat digunakan sebagai bahan ajar pada kegiatan diklat tatap muka langsung maupun kombinasi (in-on- in).
Modul PKB IPA SMP Revisi 2017 dejarfa.com
Modul PKB IPA SMP
Modul telah disusun mengingat pembelajaran itu sendiri merupakan proses sitematis untuk mencapai kompetensi siswa yang telah ditetapkan dalam kurikulum.

Oleh karena itu, guru harus memahami bahwa proses pembelajaran bukan merupakan proses spontan yang terjadi di kelas. Sebelumnya guru harus merencanakan kegiatan sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai juga aspek-aspek lainnya atau sumber daya yang mendukung di sekolah masing-masing.

Setiap materi bahasan dikemas dalam kegiatan pembelajaran yg memuat tujuan, indikator pencapaian kompetensi, uraian materi, aktivitas pembelajaran, latihan/tugas, rangkuman, umpan balik dan tindak lanjut. Di setiap komponen Modul yang dikembangkan ini telah diintegrasikan beberapa nilai karakter bangsa, baik secara eksplisit maupun implisit yg dapat diiplementasikan selama aktivitas pembelajaran dan kehidupan sehari-hari.

Hal tersebut mendukung pencapaian revolusi mental bangsa. Integrasi ini juga merupakan salah satu cara penguatan kompetensi sosial dan kepribadian guru (Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007) dlm bentuk modul. Pada Modul PKB IPA SMP ini, pada bagian pendahuluan diinformasikan tujuan secara umum yg harus dicapai oleh guru pembelajar setelah mengikuti diklat.

Peta kompetensi yg harus dikuasai guru pada kelompok kompetensi, ruang lingkup serta saran penggunaanya. Setelah guru mempelajarinya maka akan diakhiri dengan evaluasi pengujian diri dalam memahami berbagai prinsip-prinsip pembelajaran IPA Jenjang SMP.

Agar memudahkan, silakan di unduh modulnya pada tautan di bawah.
Demikian Modul PKB IPA SMP revisi 2017, mungkin Anda juga tertarik mengunduh Modul PKB SMP Semua Mapel. Semoga Bermanfaat.

Silahkan berkomentar terkait artikel di atas, biasakan membaca sebelum berkomentar. Komentar yang sama atau tidak terkait dengan artikel tidak disetujui