Cara Mengunci DHGTK dan Cetak SPTJM Absen Online

Aplikasi DHGTK 2018 dirancang Kembdikbud secara online untuk mengisi absen kehadiran guru, baik induk maupun non induk. Pada aplikasi sim kehadiran guru ini terdapat dua akses yakni akses sebagai Petugas Absensi / Operator dan akses KepalaSekolah (Berguna untuk mengunci DHGTK dan Cetak SPTJM). Karenanya perlu juga panduan Cara Cara Mengunci DHGTK dan Cetak SPTJM Absen Online.
Panduan Resmi Aplikasi DHGTK / Absen Online.pdf
Sebelum membahas lebih jauh, perlu dipahami peran dan tangggung jawab KS di Aplikasi DHGTK berikut ini:
  1. Mengalokasikan pembiayaan (dana BOS) untuk pelaksanaan DHGTK karena dilaksanakan secara full online
  2. Menunjuk petugas khusus DHGTK untuk melaksanakan pengerjaan absen online, bisa operator ataupun GTK dengan membuat surat penugasan ditandatangani kepala sekolah. Contoh SK DHGTK.
  3. Melakukan sosialisasi kepada GTK terkait adanya absen online (DHGTK) yang berkaitan langsung dengan validitas pemberi tunjangan profesi guru.
  4. Mencetak SPJTM untuk mengunci kehadiran GTK setiap bulan atau tiga bulan sekali
  5. Melaksanakan pengisian Aplikasi SIM Kehadiran Guru dengan sebenar-benarnya dan menjungjung tinggi kejujuran / integritas.
  6. Memantau serta mengevaluasi petugas absen online (DHGTK) setiap hari
Login Aplikasi DHGTK
Aplikasi DHGTK Online
Merujuk pada tugas dan tanggungjawabnya maka Kepala Sekolah perlu juga untuk aktif login aplikasi DHGTK, salah satunya adalah mencetak SPJTM karena menu ini tidak tersedia pada login petugas absen / Operator.

Cara Login DHGTK Kepala Sekolah

Pada Dasarnya Login KS serupa namun tak sama dengan login operator di DHGTK. Login Operator / Petugas absensi bisa dibaca pada Cara Mengisi Absen Online DHGTK Kemdikbud. Siapkan kesabaran dan browser yang direkomendasikan yakni menggunakan Google Chrome. Kesabaran sangat diperlukan karena terkadang aplikasi dhgtk sulit diakses atau lambat walaupun jaringan internet lancar.

Laman DHGTK yang digunakan adalah sebagai berikut, ada satu laman utama dan lima link alternatif DHGTK (link Mirror) coba satu-satu untuk mendapatkan link yang tidak padat pengunjung:
Baca: 7 Link Alternatif Login DHGTK 2018
  1. http://223.27.144.195:2017/
  2. http://223.27.144.195:7000/
  3. http://223.27.144.195:414/
  4. http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/
  5. http://223.27.144.195:212/
  6. http://118.98.166.188/
Setelah berhasil menuju alamat di atas maka akan menemukan tampilan seperti gambar di bawah ini. selanjutnya segera melakukan login dengan cara memilih “LOGIN SEKOLAH”

Pada saat akan Login isi secara benar data seperti; NPSN, userid dan password KS yang sudah terinput di Dapodik.

Masukan kode yang tampil pada layar lalu pilih login, Setelah berhasil login maka pada Menu Beranda tedapat sub menu:
  • Profil Sekolah
  • Kunci dan Buat SPTJM
  • Data Pengguna

Mengunci DHGTK dan Cetak SPTJM

Kepala sekolah dengan operator atau petugas absen haruslah berkoordinasi terkait pengisian absen DHGTK untuk menghindari kesalahan. Terkait penguncian absen ini perlu dipahami bahwa mengunci Kehadiran dapat dilakukan bulana atau triwulanan, artinya jangan terburu-buru mengunci. Pastikan data sudah FIX baru dikunci.
  1. Pilihlan menu Kehadiran, maka akan muncul Sub menu Cetak SPTJM. (Perhatikan menu sebelah kiri dengan tulisan "Kunci dan Buat SPTJM"
  2. Pilihlah menu tersebut jika akan mencetak Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM)
  3. Setelah muncul SPTJM maka wajib menentukan  pilihan untuk mengunci daftar hadir pada bulan yang telah dilaksanakan/dilalui. Harap memastikan bulan yang akan dikunci, jangan sampai salah mengunci bulannya. Bagi yang terlanjur salah mengunci, khusus terjadi penguncian pada bulan berjalan maka sistem akan membuka kuncian pada sekitar jam 4 sore.
  4. Centang Kotak dialog sebelah kiri dengan tulisan saya setuju dan pada kunci daftar hadir
  5. Dengan begitu maka secara otomatis absen bulan tersebut sudah terkunci dan tidak bisa di isi kembali (diperbaiki), kecuali menghubungi admin DHGTK Pusat.
  6. Jika sudah mengunci Daftar Hadir  maka jangan lupa Simpan dan refresh.
  7. Silahkan Cetak SPTJM denga cara memilih menu CETAK PDF
Mengunci DHGTK
Pilih Bulan Baru Kunci Absen
Setelah dicetak simpan baik-baik sebagai bukti pengisian absensi disekolah masing-masing, juga sebagai arsip apabila sewaktu-waktu diminta oleh dinas pendidikan setempat.

UPDATE INFO
Untuk membuka kuncian DHGTK yang tidak sengaja terkunci atau akan memperbaiki kesalahan pada absen yang terlanjur tekunci silahkan menghubungi Operator SIM Tunjangan (SIMTUN) Kabupaten untuk jenjang PAUD, SD dan SMP. Sementara Jenjang SMA / SMK bisa ke Operator SIM TUN Propinsi.

Demikian panduan Cara Mengunci DHGTK dan Cetak SPTJM Absen Online, Baca juga Cara Membuat Kalender Sekolah di DHGTK. Semoga aplikasi ini dapat membuat pendidikan kita semakin baik lagi.

24 komentar

aku buka kehadiran kok nggak ada sub menu kunci dan cetak sptjm ya.....gimana nih

Menu Kunci dan Cetak SPTJM hanya ada di login kepala sekolah, jadi loginlah dhgtk mengguakan akun kepala sekolah

Bagaimana cara buat akun KS ini??

Login KS menggunakan user dan password PTK yang menjabat KS yang sudah dibuat di aplikasi dapodik. Jika belum membuat akun KS silahkan login dapodik, pada menu GTK pilih nama KS, Pilih Penugasan, Buat/Ubah akun PTK, Kemudian Buat password baru dan konfirmasi password baru yang sudah dibuat tadi dan pilih Simpan. Pastikan email KS buka email yg sama dengan email dapodik. Selanjutnya singkron dan tunggu data singkron dgn DHGTK sekitar 3 hari sampai 1 minggu

saya gak bisa mengunci data sptjm! kenapa?

Pertanyaannya apakah sudah mengikuti panduan seperti langkah2 di atas? Apakah sudah login menggunakan akun Kepala Sekolah? Apakah jaringan intenet Bagus?
Pastikan login menggunakan akun KS untuk mengunci karena mengunci DHGTK tidak bisa menggunakan akun sekolah/dapodik. Pastikan juga jaringan lancar dan memilih bulan yang sesuai, artinya kuncilah bulan yang sudah lewat jangan bulan berjalan

Saya tidak bisa mengunci DHGTK. Setiap mengunci selalu muncul SPTJM tidak bisa di simpan

Periksa pada pemilihan bulan yang akan dikunci, pastikan bulan yang akan dikunci bukan bulan berjalan

Di sekolah kami tidak ada kepala sekolah. Hanya PLT. apakah PLT bisa mengunci dhgtk?

Saya sudah memasukan akun kpl sekolah di dapodik, tapi ko tidak tersedia/terdaftar pas mau login, ke dhgtk melalui akun kpl sekola.

Coba saja login menggunakan akun guru yang menjadi PLT

Pastikan:
Akun KS di dapodik tidak menggunakan email yang sama dgn akun dapodik
Setelah berhasil membuat akun di dapodik, singkronkan dan tunggu beberapa hari sampai datamasuk ke DHGTK

Saya sudah mengikuti prosedur di atas,sudah sy kunci bulan januari sama februari tetapi, tidak bisa di cetak pdf

Jika sudah dikunci silahkan simpan lalu refresh, lakukan beberapa kali sampai benar-benar tersimpan baru cetak pdf

KS ku juga plt, sudah coba masuk dengan akunnya tp menu kunci dan buat spjtm tidak muncul.. bgmn solusinya

Bagaimana caranya membuka kunci absen online, karena bulan april absen terkunci
Mohon solusinya
Terima kasih

Login menggunakan akun plt kepsek tidak ada menu kunci dan buat sptjm?

Akun kepala sekolah adalah akun yang dibuat di dapodik pada guru yg menjabat kepala sekolah. Buatnya di dapodik pada bagian Penugasan, bagian bawah ada menu Buat/Ubah akun PTK

Saat ini secara resmi belum ada solusinya, karena memang hanya KS yng bisa mengunci.

Jika bulan berjalan (saat bulan april terkunci absen bulan april) sistem akan membuka kuncian sekitar jam 4 sore

Kita tunggu solusi resminya

Apakah PTK (guru lain selain kepala sekolah) bisa mengunci absen online...? masalahnya di sekolah kami adalah sekolah satap.. (sekolah non induk PLT Kepala Sekolah) yang bisa dikunci hanya sekolah induk..sekolah non induk tidak bisa diubah akun PTK dengan nama kepala sekolah yang sama. usernya tidak bisa disimpan..mohon bantuannya...

Menu kunci dan cetak sptjm hanya ada di akun guru yang menjabat sebagai KS. Untuk sekolah satapsebaiknya kordinasikan dengan operator simtun kabupaten/propinsi atau ops dinas

Silahkan berkomentar terkait artikel di atas, biasakan membaca sebelum berkomentar. Komentar yang sama atau tidak terkait dengan artikel tidak disetujui