Cara Cek dan Verifikasi Data Calon Peserta Ujian Nasional

Salam super untuk semua operator sekolah se-tanah air tumpah daran Indonesia Raya, biarpun cukup Lebay tapi sapaan ini tulus admin sampaikan kepada para pejuang data di seluruh Indonesia. Semoga kalian selalu di diberi keikhlasan dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Amin..

Setelah cukup tersita waktu dan tenaganya untuk menyelesaikan PMP “walaupun banyak yang masih dalam proses hehehe...”, kini ops segera dihadapkan dengan data calon peserta ujian. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa data capesun sekarang sudah online yaitu bersumber dari database dapodikdas dan telah melalui proses verifikasa dan validasi di verval peserta didik. Karena sudah online maka cara mengeceknya pun sudah online. Bagi rekan-rekan ops yang ingin mengecek data capesunnya dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Pertama, lakukan login ke web pengelolaan data un di https://sso.data.kemdikbud.go.id/sys/login?appKey=7A07D115-C302-4D8B-B992-B1C8761F0234 atau di link berikut ini. Setelah itu akan muncul menu Login. Masukkkan password dan username yang biasa digunakan diwebsite PDSPK atau yang biasa digunakan ketika melakukan verval pd atau verval ptk.

Login Peserta UN
Tampilan Login Peserta UN
Kedua, setelah berhasil login maka akan muncul tampilan berikut:

Peserta UN
Setelah Login

Angka 1 menunjukkan terakhir data ditarik dari website dapodikdas, pastikan tanggal tersebut menunjukan tanggal terakhir melakukan singkronisasi dapodik.

Angka 2 untuk melakukan unduh data berformat PDF yang berguna untuk mempermudah dalam melakukan verifikasi ketepatan data dengan dokumen pendukung seperti ijazah untuk SMP dan SMA/SMK dan akte kelahiran untuk peserta didik tingkat SD. Cukup di cetak, lalu serahkan se staff tata usaha untuk membatu dalam memverifikasi.

Angka 3 berguna untuk mengecek data rinci siswa cara ini juga bisa dilakukan untuk memverifikasi, admin sendiri lebih suka downlods pdf lalu di cetak, selanjutkan diverifikasi secara bersama-sama alias gotong-royong... hehehehe

Jika setelah dilakukan pengecekan terdapat kesalahan atau ketidaksesuaian antara data peserta dengan dokumen pendukung maka harus dilakukan perbaikan melalui verval PD, tentunya perubahan data pertama dilakukan di aplikasi dapodik kesayangan ops sekalian...

Khusus untuk perbaikan nama dan tempat tanggal lahir, yang notabene di aplikasi dapodik menu tersebut dikunci maka harus melakukan pengajuan perubahan data peserta didik dengan melampirkan hasil scan dokumen pendukung. Atau juga bisa melakukan perbaikan dengan cara memperbaiki data peserta didik yang terkunci di dapodik menggunakan dapodik helper.

Demikian sekilas tentang Cara Cek Dan Verifikasi Data Calon Peserta Ujian Nasional (Capesun) Dengan Cepat Dan Mudah. Mudah-mudahan bermanfaat dan dapat membantu rekan-rekan OPS dalam menyiapkan data peserta ujian yang valid dan berkualitas. Salam Satu Data.

0 Komentar terkait "Cara Cek dan Verifikasi Data Calon Peserta Ujian Nasional"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar terkait artikel di atas, biasakan membaca sebelum berkomentar.