-->

Cara Mengisi PMP PAUD/TK Dikmas 2017

Cara Mengisi PMP PAUD - Pemetaan mutu pendidikan untuk jenjang PAUD/TK dan Dikmas telah diluncurkan oleh Direktorat Jenderal PAUD Dikmas Kemendikbud. Berbeda dengan pendahulunya yaitu PMP jenjang Dikdas dan Dikmen yang diintegrasikan dengan dapodik dan bersifat offline, PMP Paud Dikmas justru bersifat online.
Cara Mengisi PMP PAUD Dikmas dejarfa.com
PMP Paud/TK Dikmas
Artinya untuk mengisi kuisioner/instrumen harus dilakukan melalui jaringan internet pada laman https://pemetaanmutu.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/. Karenanya, guna membantu rekan-rekan pengelola pendataan / operator PAUD/TK Dikmas, berikut admin sajikan gambaran singkat cara mengisi PMP Paud/TK Dikmas.

Mempersiapkan Kuisioner / Instrumen.

Sebelum melakukan pengisian intrumen pmp, sebaiknya terlebih dahulu menyiapkan dokumen penunjang pengisian berupa print out kuisioner instrumen PMP Paud Dikmas. Instrumen ini meliputi pertanyaan-pertanyaan terkait 8 Standar Nasional Pendidikan.

Keberadaan instrumen ini sangat membantu bagi operator Paud dalam proses pengisian di laman pemetaan mutu pendidikan kemdikbud, jika instrumen sudah di isi maka operator tinggal melakukan pengisian ke aplikasi sehingga dapat mempercepat pengisian.

Login PMP Paud Dikmas

Seperti yang telah disampaikan pada awal tulisan ini bahwa pengisian PMP Paud dikmas dilakukan secara online. Silakan menuju laman Pemetaan Mutu Paud Dikmas Kemdikbud.

Pada halaman login yang tersedia, Ketikkan email dan pasword pada kolom yang telah disediakan yaitu menggunakan email dan password dapodik. Jika sudah, pilih tombol Sign in untuk masuk ke beranda aplikasi.

Mengisi Instrumen

Setelah berhasil melakukan log in maka akan tampil halaman beranda/dashboard dengan tiga menu utama yang terletak pada bagian sebelah kiri yaitu Dashboard, Instrumen TK Paud serta Hasil Pemetaan Mutu.

Silahkan pilih menu Instrumen TK maka akan tampil pilihan instrumen pemetaan mutu berupa 8 standar nasionnal pendidikan yaitu standar tingkat pencapaian perkembangan, isi, proses, pendidik tenaga kependidikan, sarana prasarana, pengelolaan, pembiayaan penilaian pendidikan. Tugas sekolah mengisi setiap intrumen pada 8 standar tersebut secara lengkap.

Silahkan pilih standar yang pertama untuk mulai menjawab kuisioner/instrumen. Isi dengan teliti agar tidak terjadi kesalahan (ada instrumen yang terlewatkan) pengisian karena nantinya jika terdapat kesalahan akan cukup menyita waktu untuk memeriksa kembali.

Pilih tombol Simpan untuk menyimpan pengisian instrumen, lakukan hal yang sama pada setiap standar hingga seluruh standar terisi dengan lengkap.

Periksa Hasil Pengisian

Setelah menyelesaikan pengisian kuisioner 8 standar pemetaan mutu, kita dapat memeriksa hasilnya pada menu "Hasil Pemetaan Mutu".
Contoh Instrumen PMP Paud Dikmas.pdf
Cara Mengisi PMP TK PAUD 2017.pdf
Demikian gambaran singkat mengenai Cara Mengisi PMP TK PAUD, Semoga bermanfaat.

4 komentar

tapi kok saya login menggunakan user dan password dapodik ngga bisa min...

Harusnya bisa karena akses menggunakan userID dan password dapodik. Apakah pernah mengganti password dan user dapodik?

Arul Daroy Atjeh delete 9/26/2017 10:10:00 PM

itu hasil nya ngak sesuai sama format nya boss

Hasil yang mana? Instrumen saya ambil dari akun sekolah sebagai contoh.

Silahkan berkomentar terkait artikel di atas, biasakan membaca sebelum berkomentar. Komentar yang sama atau tidak terkait dengan artikel tidak disetujui