-->

Cara Daftar Akun Verval Individu GTK dan Cetak Kartu GTK Kemdikbud

gtkedit.data.kemdikbud atau saat ini menjadi individugtk.data.kemdikbud merupakan sistem verifikasi dan validasi (verval) data individu gtk yang disediakan oleh Kemdikbud. Laman edit dataindividu gtk kemdikbud ini menupakan laman dengan hak akses personal, artinya akun pada verval individu gtk milik masing-masing gtk bukan milik operator sekolah. Karenanya kita sebagai operator sekolah cukup memberikan informasi dan atau edukasi mengenai keberadaan sistem gtk edit data kemdikbud ini.
GTK Edit Kemdikbud 2017 dejarfa.com
GTK Edit Kemdikbud
Seperti yang telah disampaikan di atas bahwa hak akses akun ini bersifat personal maka sampaikan kepada para gtk untuk mendaftarkan akun secara mandiri dengan mempersiapkan scan kartu tanda penduduk (KTP) untuk di unggah sebagai syarat pada saat melakukan pendaftaran. Mari disimak.
Dasar Hukum Verval Individu GTK Kemdikbud.pdf
A. Cara Daftar Akun Verval Individu GTK Kemdikbud

Kunjungi halaman verval individu gtk kemdikbud pada url : http://gtkedit.data.kemdikbud.go.id  atau individugtk.data.kemdikbud.go.id/login/

Pada halaman login pilih menu Mendaftar Akun isilah form pada menu pendaftaran akun dengan lengkap. Form pendaftaran meliputi :
  • Nama user isilah dengan nama lengkap gtk.
  • Email addres isilah dengan email anda yang aktif karena persetujuan akun akan di kirim ke email tersebut.
  • Password isilah dengan password yang mudah diingat dan jangan lupa dicatan user dan passwordnya karena nanti akan digunakan login akun ketika permohonan telah disetujui.
  • Confirm password isilah dengan password yang pada form sebelumnya.
  • Tempat lahir isilah sesuai dengan identitas yang valid seperti KTP.
  • Tanggal lahir isilah sesuai dengan identitas yang valid seperti KTP.
  • Nuptk isilah dengan NUPTK anda dengan lengkap dan benar.
  • Nama ibu kandung isilah dengan nama ibu kandung gtk.
  • Pilih propinsi  dan kabupaten yang sesuai.
  • Pilih tombol upload file pendukung
File pendukung dimaksud adalah scan dari KTP dengan jenis file pendukung .JPG, sebelum di unggah lakukan kompresi file sehingga ukuran file menjadi kecil. Jika sudah dipilih filenya tekan timbol upload maka proses mengunggah akan dimulai dan tunggu proses ini hingga 100% selanjutnya pilih tombol tutup sehingga akan kembali ke menu pendaftaran sebelumnya. Telan tombol mendaftar dan proses pendaftaran akan dilakukan. Tunggu beberapa saat hingga muncul pesan:
“Pendaftaran saudara/i telah terekam….Selanjutnya lakukan Cek Status Pendaftaran”
Cek status pendaftaran pada tombol cek status pendaftaran, akan di bawa ke tab baru. Isikan email yang digunakan untuk mendaftar tadi lalu cek statusnya. Jika ada pesan:
“Email Saudara/i... masih dalam antrian persetujuan oleh Admin”
Maka pendaftaran telah berhasil. Samapai tahap ini gtk cukup menunggu persetujuan dari admin. Persetujuan nantinya akan di kirim ke email setelah dilakukan verivikasi dokumen KTP, waktu approval bervariasi tergantung antrian data, mimin baru mendapatka email approval dari admin gtk setelah satu minggu kerja dengan email balasan berisi:
“Email saudara/I … telah di ACC oleh sistem … coba Log in”.
Dengan diterimanya email tersebut maka secara resmi terdaftar dan memiliki akun verval atribut gtk pada sistem gtkedit.data.kemdikbud.
Unduh Panduan Pendaftaran Akun Verval Individu GTK Kemdikbud.doc

B. Cara Login Sistem Verval Atribut Individu GTK

Lakukan verifikasi dan validasi terhadap data yang terdapat pada akun individu gtk dengan melakukan login terlebih dahulu. Berikut langkah-langkah melakukan log in sistem verifikasi dan validasi atribut individu gtk:
  • Kunjungi alamat sistem verifikasi dan validasi atribut individu gtk Kemdikbud di laman http://gtkedit.data.kemdikbud.go.id/login/ atau pada tautan http://individugtk.data.kemdikbud.go.id/login/
  • Masukkan email dan password yang digunakan pada saat pendaftaran sebelumnya.
  • Pilih tombol log in, jika email dan password berhasil diverifikasi maka akan ada pesan selamat data pada bagian bawah “Selamat Datang … Nama GTK”. Untuk melanjutkan ke beranda akun gtk silakan klik nama gtk.
  • Setelah berhasil login ke beranda maka akan tampil halaman beranda bertuliskan:
“Selamat Datang di http://gtkedit.data.kemdikbud.go.id. Kepada para gtk, mohon kiranya untuk melakukan pengecekan pada data gtk saudara/i, meliputi data pendidikan formal sampai dengan data pekerjaan. Apabila data tersebut masih kosong dapat diambil dari dapodik melalui menu lihat dapodik yang terdapat pada masing-masing isian data. Dan apabila kosong atau terjadi kesalahan mohon kiranya untuk diperbaiki. Salam team-GTK PDSPK-Kemdikbud”
Beranda Verval GTK Kemdikbud dejarfa.com
Beranda
Pada beranda tab sebelah kiri terdapat foto gtk beserta email gtk, itu menunjukkan bahwa akun yang sedang aktif adalah milik gtk bersangkutan. Pada tab di bawahnya itulah para gtk melakukan verval data atribut individunya meliputi:

C. Menu Pada Login Akun GTK

Data Kelengkapan GTK

Menu ini menunjukkan kepada gtk tentang status kelengkapan data mereka berupa persentase dan pada bagian bawah terdapat tanda kelengkapan data yang perlu dikoreksi.

Data Master

Pada menu ini gtk terdapat empat menu unggah dokumen pendukung yang membuktikan isian pada menu data master meliputi ungggah file KTP, file kartu keluarga, file data kepegawaian atau sk kepegawaian dan file bank. File yang diunggah adalah hasil scan keempat dokumen tersebut dengan jenis file pendukung .JPG, jangan lupa lakukan kompresi file agar ukuran menjadi kecil.

Menu Data GTK

Data Pendidikan Pormal

Data yang ditampilkan pada tabel di menu ini merupakan data yang tersimpan pada database vervalgtk, apabila ingin menyalin data anda dari dapodik klik tombol “lihat dapodik”, pilih data yang ingin disalin lalu pilih tombol proses salin data maka proses menyalin data akan dilakukan. Jika tedapat ketidaksesuaian data atau data hasil salin ada yang salah lakukan perubahan seperlunya pada menu ubah data diantaranya untuk mengunggah scan dokumen pendukung pendidikan terakhir atau scan ijazah jika sudah mengunggah tekan simpan perubahan.

Selain itu dapat pula menggunakan menu tambah data, hanya saja jika kita memilih menu ini kita harus mengisi data secara manual, jangan lupa untuk menekan tombol simpan data setelah mengisi secara manual agar data tersimpan. Kalo mimin sih pilih yang “lihat dapodik” karena minin sudah yakin bahwa entrian dapodik nya sudah valid, hehehehe.

Pada menu ini juga terdapat fitur unduh data file kependidikan berupa axcel, pdf atau langngsung di cetak menggunakan printer. Hal yang sama juga berlaku untuk menu lainnya seperti menu data kepangkatan / golongan , jabatan struktural,  jabatan fungsional, data sertifikasi dan data pekerjaan. Pada menu-menu tersebut pada prinsipnya sama cara mengisinya namun berbeda pada jenis dokumen yang harus di unggah karena menyesuaikan dengan menunya masing-masing.

Ringkasan Data

Menu ini menampilkan ringkasan dari ketujuh menu di atasnya yang meliputi identitas, data pribadi, data kepegawaian, data bank, data pendidikan, data golongan / kepangkatan, data jabatan struktural dan fungsional, data sertifikasi dan data riwayat mengajar.  Keseluruhan data tersebut dapat dicetak langsung maupun di unduh kedalam file pdf atau excel, sehingga memudahkan dalam pendokumntasian data gtk. Pada bagian bawah menu ini terdapar ringkasan galeri dokumen yang telah di unggah pada proses sebelumnya.

Menu Akun Pengguna

Profile Pengguna

Layaknya menu akun maka fasilitas yang disediakan tentu berkaitan dengan akun gtk bersangkutan, pada menu profil pengguna dapat merubah atau menambahkan info tambahan seperti merubah password dan nomor telpon pengguna. Selain itu juga terdapat menu unggah foto pengguna, walaupun sudah ada foto dari vervalgtk namun boleh juga merubah foto dengan foto yang baru.

Kartu Identitas GTK

Jujur saja daya tarik dari laman ini ada pada kartu gtk nya “bagi mimin” karena setelah eranya padamu negeri belum ada lagi aplikasi cetak kartu gtk yang resmi. Walaumpun banyak bertebaran aplikasi cetak kartu tapi rasanya memang berbeda jika kartu itu resmi dari Kemdikbud. Sayangnya untk saat ini menu ini masih dalam taham pengembangan sehingga hanya menampilkan contoh kartu gtk. Mudah mudahan dalam waktu dekat kartu gtk resmi dari Kemdikbud yang ber-barcode ini dapat kita nikmati bersama. Semoga..

Menu Aktivitas Verval Data

Pada menu ini menampilkan status perubahan data yang dilakukan berupa kolom data, perubahan data dan data asal perubahan. Ada pula status perubahannya dan tanggal pengajuan perubahan data master serta riwayat perubahan data master gtk yang merupakan catatan perubahan terhadap data master gtk berkangkutan.
Unduh Panduan Pengisian Data Edit GTK Kemdikbud.doc
Sekedar saran, mengingat pendaftaran akun memerlukah persetujuan dari admin berupa kesesuaian data dengan KTP maka ada baiknya mulailah mendaftar, mungkin saat ini antrian pendaftaran belum banyak karena belum banyak juga ops yang tahu sehingga memakan waktu seminggu untuk approval “pengalaman mimin”. Bayangkan jika nantu sudah daftar semua, berapa banyak antrian gtk se-Indonesia, tentu buanyak kan…?

Demikian sekilas tentang Cara Daftar Akun Verval Individu GTK dan Cetak Kartu GTK Kemdikbud, segala hal yang mimin sampaikan ini sekedar memberi gambaran kepada para gtk yang belum berhasil mendaftar pada laman dtk edit kemdikbud.

Apabila anda telah memahami artikel ini, mungkin anda akan tertarik untuk membaca Panduan Pengelolaan Data GTK dan NUPTK Kembdikbud. Semoga bermanfaat. Salam satu data.

41 komentar

2 pekan belum juga ada email masuk dan masih menunggu persetujuan admin

Apakah sudah di cek pada meu cek status akun? jika belum tidak ada salahnya cek status pendaftarannya, karena beberapa waktu yang lalu teman operator ada yang gagal mendaftar walaupun ketika pendaftaran sukses dan tidak ada balasan email. begitu di cek status pendaftaran ternyata belum terdaftar. jadi pastikan pendaftaran berhasil dengan memanfaatkan menu cek status akun

Tutorialanya lengkap gan.. terima kasih.. soalnya ane 2 mingguan jg blm di acc.. wait n see

Terimakasih sudah berkunjung, jika blm di setujui ada baiknya di cek status pendaftarannya. soalnya ada yang waktu pendaftaran berhasil dan lama tidak ada balasan setelah di cekstatus pendaftarannya belum terdaftar.

Seminggu yg lalu sy daftar akun ada kata email saudara masih dalam antrian akhirnya 2 hari kemudian sy daftar lagi tapi dgn email yg berbeda masalahx tetap sama masih dalam antrian..bagaimana caranya menghapus akun yg telah sy daftarkan agar hanya 1 email yg terdaftar..mohon informasinya

Akses persetujuan dan penolakan ada di admin pusat, mudah-mudahan ketika nanti disetujui email yang pertama. karena email kedua ketika diverifikasi seharusnya diketahui bahwa ptk telah memiliki akun yang aktif.

Pada Saat kami menginput email saat mendaftar ternyata email tersebut sudah nonaktif, Kemudian pada saat login password lupa. shg pada saat reset password email tidak bisa dibuka. kemudian kami mendaftar dengan lagi dengan emaIL baru yg aktif pada saat login muncul email/nuptk tidak dikenal... solusinya bagaimana?

Untuk saat ini belum ada informasi terkait kelalaian ptk yang lupa pasword dan email tidak aktif. seharusnya kalau email yang tidak aktif jangan digunakan untuk kepentingan apapun.

Maaf Min, mau tanya nih
bagi PNS yang belum punya NUPTK apakah bisa mendaftar juga di Edit GTK nya..?

Mohon untuk rekan-rekan Operator apabila sudah mendapatkan informasi tentang permasalahan tersebut kami diinformasikan, sebab dilapangan masih banyak terjadi hal tersebut, kami operator sebatas memasukkan data. Semoga segera ada informasi untuk permasalahan tersebut. Terima kasih

Pada kolom pendaftaran ada isian NUPTK

Maaf tanya ya... Sy sudah berhasil login dan edit semua data2 sya. Tp tak di lihat di kekengkapan data sy dimana rincian nya : dapodik 80%,data 100 %, atribut 100% dan arsip 69%. Mohon penjelasan arsip2 mana lagi yg hatus sy upload, soal nya sudah sy upload semua berkas2 yg di minta, tp ketrangan nya tetep 69%. Begitu jg dg status daoodik biar jd 100 % cara nya gmn, karena awal nya dapodik itu 100%, setelah beberapa data sy edit gak sesuai setelah nya jd 80% gt. Mohon penjelasan nya.. Ditunggu.. Mkasih..

Luar Biasa Ibu Heni, yang lain belum daftar ibu sudah upload semua berkas. sampai saat ini belum ada penjelasan resmi terkait hal tersebut. coba periksa pada tab perubahan data master, cek status pengajuan perubahan datanya.

mohon bantuanya.
email saya tidak aktip, saya sudah terlanjur daftar menggunakan email tersebut, ketika saya lupa pasword terus saya reset pasword, pemberitahuannya lewat email tersebut, bagaimana caranya agar saya dapat log in / daftar ulang?

Jika akun telah disetujuai maka tidak dapat mendaftar kembali katena jka diajukan embali akan ada pesan email/nuptk tidak dikenali 'pengalaman nur giyanto di komen atas". solusi dari admin gtk saat ini belum di rilis sehingga pilihannya adalah mengaktifkan kembali akun email atau menunggu instruksi resmi dari admin gtk. untuk akun gmail dapat dicoba cara pada tautan berikut https://productforums.google.com/forum/#!topic/forum-bantuan-id/otS8utmidLQ

udah mau 2 minggu nunggu, tapi belum disetujui admin, saya udah cek status akun dan pendaftarn berhasil, katanya masih dalam antrian,,
itu bagaimana ya pak,
mohon bantuannya.terimakasih

Mungkin antriannya banyak jadi perlu waktu lama, pastikan ketika mendaftar identitas sama persis dengan data pada web dapodiksasmen untuk memudahkan sistem melakukan approval

Min sampe kapan batas waktu pendaftarannya?

Data master itu setelah di edit otomatis berubah total sesuai yg kita benar kan menunggu waktu maksimal 1x24 jam. Klo master nya sudah benar nti info di perubahan data master nya. Sy yg masih penasaran cara membuat status kelengkapan data biar jd 100% semua. Lg cari2 info dgn wali-wali kemdikbud yg ada diweb kemdikbud. Ada penanggung jawab yg di bebankan/ditugaskan utk setiap provinsi.. Ada jg koq alamat web wali-wali verval gtk itu per provinsi mas..

Klo mendaftar di gtk dg beberapa kali tidak terbaca oleh sistem aplikas[ itu. Memang masalah nya bgitu, jika reset pasword maka email tsb tidak bisa dibuka. Solusi nya reset dlo pasword yg di alamat email, baru login ulang dg pasword baru utk user GTK edit nya. Jangan mereseet pasword di user GTK edit.. Krena user GTK edit nya akan di blokir sistem gtk edit itu.

Sementara belum ada batas waktu untuk mendaftar verval individu gtk, tidak ada salahnya mulai mendaftar sekarang karena pengalaman ops dan gtk ada yang berminggu2 baru di setujui akun nya. sebagai pertimbangan ketika mendaftar pastikan data identik dengan data gtk pada web dapodikdasmen supaya persetujuan lebih mudah. itu saran dari rekan-rekan ops

Min kenapa laman gtkedit.data.kemdikbud.go.id nggak bisa lagi?

Untuk sementara tidak dapat di akses karena sedang kelebihan beban atau sedang perawatan, cobalah dilain waktu

Mas.. Dokumen yg di upload dr SK awal s/d akhir kah ? Ijazah jg dr awal s/d akhir ? Buku bank boleh apa saja ? Krn ada bbrp guru yg brbeda dg bank utk gaji n sertifikasi..

Maaf bu.. Yg di upload SK n ijazah semua dr awal/akhir? Tks infox..

Idealnya demikian, namun untuk lebih pastinya akan di informasikan kemudian. sebaiknya buku bank di pilih salah satu jika memiliki beberapa rekening. saran saya pilih satu rekening untuk segala keperluan data kepegawaian.

mau nanya min ... koq link nya susah kita buka ya .. mohon pencerahannya min

beberapa hari ini sistem sedang perawatan, jadi sulit di akses. coba akses beberapa hari kedepan, mudah-mudahan sudah bisa diakses lagi

Kami sudah mencoba mengakses kembali verval gtk,tapi tidak bisa terbuka apakah sistem sedang perawatan

Apakah edit data gtk ini singkron dengan vervalgtk dapodikmen...?

iya, masih perawatan

yang sudah pasti singkron dengan dapodik, dan dapodik juga singkron dengan vervalptk

Hari ini masih belum bisa juga ya min???

Iya, Mungkin ada banyak perbaikan

iya betul bu... ijazah sd smpe PT, sk 80%, 100% sampe sk terakhir, pokok nya berkas2 lain nya juga... lupa banyak betuuul...

Gtkedit apa belum bisa dibuka min.

Masih belum bisa, informasi yang saya dengar untuk saat ini memang sengaja di tutup aksesnya karena saat ini operator sedang fokus pada pendataan dapodik. Walaupun input nilai dan verval individu GTK ini lebih banyak peran PTK nya namun operator sekolah di banyak tempat pasti terlibat secara aktif dalam pengerjaan kedua hal tersebut.

Sungguh ribet

Mudah-mudanan tidak ribet, asal dikerjakan sedikit-sedikit akhirnya kan selesai juga...

admin, kenapa tidak bisa mendaftar akun baru

Mungkin sedang perawatan sistem, silakan dicoba di lain waktu. kebetulan saya sudah registrasi bulan april

Silahkan berkomentar terkait artikel di atas, biasakan membaca sebelum berkomentar. Komentar yang sama atau tidak terkait dengan artikel tidak disetujui