Infografis Pelaksanaan Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional 2017

‘Prestasi Penting, Jujur Yang Utama’ menjadi tagline pelaksanaan ujian nasional dan ujian sekolah berstandar nasional tahun 2017. Seperti yang telah sama-sama kita ketahui bahwa hasil ujian nasional / UN tidak menentukan kelulusan siswa, karenanya kejujuran dan integritas lebih diutamakan.
Infografis UN & USBN 2017 dejarfa.com
Infografis UN 2017
Dalam infografis ini tercantum beberapa hal mengenai pelaksanaan UN dan USBN tahun 2017 baik itu ujian nasional berbasis komputer atau UNBK maupun ujian nasional kertas dan pensil atau UNKP.

A. UNBK dan UNKP

Jadwal pelaksanaan ujian nasional SMP sederajat baik itu berbasis komputer maupun berbasis kertas dan pensil yaitu pada tanggal 2, 3, 4 dan 8 Mei 2017 dengan catatan ujian susulan dilaksanakan pada tanggal 22  dan 23 Mei 2017.

Jadwal penyelenggaraan ujian nasional SMA sederajat baik itu UN berbasis komputer dan atau UN kertas dan pensil yaitu pada tanggal 10 sampai dengan 13 April 2017 dengan catatan ujian susulan akan dilaksanakan pada tanggal 18 s.d 19 April 2017.

Sementaran  untuk penyelenggaraan ujian nasional SMK sederajat baik itu UNBK dan atau UNKP yaitu pada tanggal 3 sampai dengan 6 April 2017 dengan catatan ujian susulan akan dilaksanakan pada tanggal 18 s.d 19 April 2017.

Khusus untuk jenjang SMA sederajat, peserta ujian dapat memilih satu pata pelajaran sesuai dengan jurusan yang di tempuh siswa. Untuk jurusan ilmu pengetahuan alam (IPA) matpel pilihannya yakni matpel fisika, kimia atau biologi sedangkan untuk jurusan ilmu pengetahuan sosial (IPS) mata pelajaran yang dapat dipilih yaitu matpel ekonomi, sosiologi atau geografi.

B. USBN

Ujian sekolah berstandar nasional (USBN) adalah kegiatan pengukuran capaian kompetensi siswa yang dilakukan sekolah untuk mata pelajaran tertentu dengan merujuk pada standar kompetensi lulusan guna mendapatkan pengakuan atas prestasi belajar.

Naskah soal USBN disiapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama Kementerian Agama sebanyak 20 s.d 25% butir soal, sedangkan 75 s.d 80% butir soal disiapkan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) di bawah koordinasi dinas pendidikan.

Soal-soal USBN disusun mengacu ada kisi-kisi USBN yang telah dibuat oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dan bentuk soal USBN terdiri atas pilihan ganda dan uraian.

Hasil USBN menjadi salah satu kriteria penentu kelulusan siswa oleh sekolah yang ditetapkan melalui rapat dewan guru dan akan dimanfaatkan untuk pemetaan mutu pendidikan di tingkat nasional, provinsi, dan kabupaten/kota serta sebagai bahan pembinaan dan pemberian bantuan kepada sekolah.

USBN tidak diselenggarakan di jenjang sekolah luar biasa dan pendidikan kesetaraan, khusus siswa SMK program 4 (empat) tahun dapat mengikuti USBN jika telah menyelesaikan proses pembelajaran selama 3 (tiga) tahun terlebih dahulu.

Jadwal USBN

Pelaksanaan USBN pada jenjang SMP sederajat, SMA sederajat, dan SMK sederajat sebagai berikut:
USBN utama SMP 17 s.d 19 April; SMA 20 s.d 23 Maret ; dan SMK 20 s.d 22 Maret
USBN susulan SMP 25 s.d 27 April; SMA 27 s.d 31 Maret ; dan SMK 27 s.d 30 Maret

C. Rakor Pelaksanaan UN dan USBM
Kemendikbud menyelenggarakan rapat koordinasi terkait  ujian nasionaldan ujian sekolah tahun (UN dan US) 2017. Seperti kita ketahui bersama bahwa sempat diberitakan jika untuk tahun 2017 pelaksanaannya akan dikaji ulang, bahkan sempat di usulkan untuk dilakukan moratorium atau penghentian sementara pelaksannaannya.

Namun, dengan diadakannya rakor tersebut menunjukkan bahwa pelaksanaan ujian nasional pada tahun 2017 tetap dilaksanakan seperti biasa, bahkan pelaksanaannya akan ditingkatkan dengan melakukan ujian sekolah berstandar nasional atau USBN. Nantinya soal-soal USBN akan dibuat oleh MGMP dan KKG dengan perpaduan soal yang dibuat oleh guru dan soal jangkar dari pusat sebesar 20 hingga 25 persen.

Sementara itu matapelajaran (matpel) yang akan diujikan pada pelaksanaan UN tahun 2017, untuk jenjang SMP / MTs diantaranya Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Untuk SMA / MA ditambahkan satu matpel sesuai dengan jurusan/peminatan siswa, sedangkan untuk SMK ditambahkan uji teori kejuruan sesuai dengan bidangnya.

Sedangkan untuk USBN 2017, mata pelajaran yang diujikan adalah Pendidikan Agama dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Untuk tingkat SMP / MTs ditambahkan matpel Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).dan untuk tingkat SMA / MA, terdapat juga matpel Sejarah dan tiga matpel lain sesuai dengan program studi yang diambil siswa, seperti Fisika, Kimia dan Biologi untuk jurusan IPA. Sementara untuk jurusan IPS yakni matpel Ekonomi, Geografi dan Sosiologi, dan matpel Bahasa dan Sastra Indonesia, Antropologi dan Bahasa Asing untuk jurusan Bahasa. Sementara untuk siswa SMK, terdapat uji keterampilan komputer.
Infografis Ujian Nasional 2017

0 Komentar terkait "Infografis Pelaksanaan Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional 2017"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar terkait artikel di atas, biasakan membaca sebelum berkomentar.