-->

Panduan Pengisian Instrumen PMP 2017 SD SMP SMA SMK

Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan 2017 (PMP Versi 2.0) telah resmi diluncurkan tanggal 05 Juni 2017. Dilengkapi dengan panduan dan intrumen, aplikasi PMP ini ditargetkan selesai pada bulan September 2017.
Panduan Aplikasi dan Instrumen PMP 2017 SD SMP SMA SMK dejarfa.com
Aplikasi  PMP 2017


A. Parapihak dalam Pengerjaan Aplikasi PMP

Tak berbeda dengan pendahulunya, aplikasi PMP 2017 juga melibatkan banya pihak, diantaranya:

1. Kepala sekolah
Kalau ini sudah pasti, namanya juga presidennya sekolah pasti dilibatkan. Mudah-mudahan juga mampu memberikan kebijakan yang berpihak kepada OPS. “ngarep dapet THR dari ngerjain ini”.

2. Perwakilan Guru
Responden guru dalam pengisian instrumen PMP berjumlah 8 hingga 10 orang dengan ketentuan ba-gi SMP/SMA/SMK minimal 1 guru per mata pelajaran, sementara SD minimal 1 guru tiap tingkat, 1 guru PAI serta 1 guru Penjas).

3. Perwakilan Siswa
Jumlah responden siswa minimal 5 orang siswa per tingkat kelas (SD cukup di kelas atas), total per-wakilan minimal 15 siswa tiap sekolah.

4. Perwakilan Komite Sekolah
Masih sama seperti tahun sebelumnya, respomden komite minimal 1 perwakilan pimpinan komite be-serta 2 orang perwakilan orangtua siswa.

5. Pengawas Sekolah
Tugas pokok pengawas adalah melakukan verifikasi dan validasi terhadap data yang akan disampai-kan oleh sekolah.

6. Operator Sekolah
Petugas pemetaan mutu (OPS) juga dapat dilibatkan dalam membantu merekam maupun mengirim-kan data pemetaan mutu melalui Aplikasi PMP 2017. Tak bisa dipungkiri, biarpun berada di urutan terakhir namun justru perannya sangat penting, tanpanya apapun aplikasinya terasa hambar tak ada rasa. Hahaha, ngelanturr efek banyak kerjaan numpuk.

B. Tahapan Pengerjaan

  1. Sekolah membentuk tim, terdiri atas pihak-pihak relevan agar dapat mengawal proses pengum-pulan data pemetaan mutu berjalan optimal.
  2. Kepala sekolah beserta tim hendaknya mempelajari secara seksama setiap butir pernyataan di setiap komponen dengan membaca bagian panduan teknis pengisian kuesioner.
  3. Kepala sekolah beserta tim berkonsultasi kepada pengawas atau petugas pemetaan mutu daerah atau Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan guna memperoleh informasi maupun klarifikasi lebih lengkap terhadap setiap butir pertanyaan dalam instrumen.
  4. Seluruh butir pertanyaan harus dijawab menyesuaikan keadaan sebenarnya dengan mengacu bukti fisik maupun non-fisik di sekolah.
  5. Jawaban untuk setiap butir pertanyaan perlu diteliti kembali secara seksama sebelum dikirim-kan ke server PMP Kemdikbud.

C. Batas Waktu Pengerjaan

Telah disampaikan dalam mukadimah, aplikasi PMP 2017 ditargetkan selesai pada bulan September 2017 atau 4 bulan setelah diluncurkan. Dipotong waktu libur akhir tahun kemudaian libur lebaran maka praktis tersisa sekitar 2,5 bulan. Karenanya, ops memang harus ekstra segalanya.

Untuk memudahkan akses ke aplikasi tentu harus punya dulu aplikasinya. Sudah menjadi kebiasaan bahwa disaat awal peluncuran dan di batas akhir pengisian website akan overload lalu maintenance, guna memudahkan ops mengunduh Panduan Instrumen Aplikasi PMP 2017 berikut mimin buatkan Mirornya di bawah ini.

Jika anda operator sekolah, mungkin perlu mengingat dengan membaca Cara Cepat Mengerjakan PMP. Semoga Bapak/Ibu OPS selalu diberi kesehatan, kesabaran serta keikhlasan dalam menjalankan rutinitas ini.

Demikian sekilas tentang Panduan Aplikasi dan Instrumen PMP 2017 SD SMP SMA SMKa. Salam satu data.

Silahkan berkomentar terkait artikel di atas, biasakan membaca sebelum berkomentar. Komentar yang sama atau tidak terkait dengan artikel tidak disetujui