-->

Cara Edit Data Rinci Peserta Didik Yang Terkunci Di Dapodik tanpa Verval PD

Salam satu data para pejuang data dimanapun anda berada. Semoga kalian selalu dalam suasana bahagia melaksanakan kewajiban sehari-hari. Amin. Melanjutkan artikel yang sebelumnya tentang Cara Cek dan Verifikasi Data Calon Peserta Ujian Nasional (Capesun) dengan Cepat dan Mudah, kini mimin akan membagikan tips melakukan edit data rinci peserta didik yang dikunci di dapodik tanpa melakukan pengajuan perubahan data pada verval pd dengan melampirkan hasil scan dokumen pendukung di website verva pd kemdikbud.

Dapodik Helper dejarfa.com
Dapodik Helper
Bagi beberapa sekolah mungkin pengelolaan data calon peserta ujian tidak mengalami banyak kendala, hal ini karena data siswa sudah valid sejak awal siswa diterima menjadi siswa baru. Namun bagi banyak sekolah, termasuk sekolah admin. Data capesun memerlukan proses validasi yang cukup panjang, hal ini disebabkan karena ketidak valid-an data siswa.

Yang sering admin alami salah satunya adalah tentang nama, tempat tanggal lahir, padahal kedua data tersebut untuk merubahnya harus melakukan pengajuan perubahan data di verval peserta didik dan repotnya lagi harus melampirkan scan ijazah asli bagi tingkat SMP dan SMA/SMK atau akta kelahiran bagi Sekolah Dasar.

Selain itu dikarenakan antrian perubahan data di server kementrian maka prosesnya memakan waktu berhari-hari bahkan berminggu-minggu. Belum lagi jika hasil verval nya berstatus “ditolak” maka kita harus melakukan proses yang sama sampai akhirnya data valid.

Tips yang akan mimin bagikan ini sudah biasa mimin lakukan dan belum ada kendala apapun. termasuk tahun ini dimana selalu ada data rinci peserta ujian yang masih salah. Loh kok selalu ada yang salah Min? Jawabannya sederhana, ketika data di entri tentu menggunakan dokumen pendukung seperti akte kelahiran dan atau kartu keluarga, dikarenakan kedua dokumen itu adalah dokumen kependudukan resmi yang seharusnya data di dalamnya sudah valid, ternyata tidak.

Banyak data di dokumen tersebut tidak sesuai dengan kondisi yang sesungguhnya, adan nama dan temat tanggal lahir yang salah dan parahnya orang tua siswa tidak memperbaiki bahkan menganggapnya sebagai sesuatu yang tidak urgen “mungkin merika pikir terlalu ribet jika harus memperbaiki dokumen tersebut”. Alhasil, data yang kita entrikan ke dapodik menjadi salah karena berasal dari dokumen yang salah.

Berikut tips cara memperbaiki identitas siswa yang terkunci di dapodik tanpa melakukan verval pd menggunakan dapodik helper.

Pertama dan yang utama adalah harus menginstall dahulu aplikasi dapodik helper terbaru, silahkan kunjungi blog resminya http://dapodikhelper.blogspot.co.id untuk mendapatkan update terbaru aplikasi dapodik helper. Bagi yang belum mengenal dapodik helper dan belum paham cara menginstallnya silakan berkenalan dengan manfaat dapodik helper.

Kedua, Setelah terinstall dapodik helper maka kita tinggal menjalankan aplikasinya dengan cara klik kanan dan pilih Run as administrator. Setelah mucul interface dapodik helper maka lakukan autentikasi dengan cara klik file → Autentikasi atau bisa juka mengklik icon bergambar orang pada dapodik helper. Masukkkan username dan password yang biasa digunakan untuk loggin ke dapodik.
Menjalankan DH Terbaru
Menjalankan DH
Ketiga, setelah autentikasi berhasil silahkan klid data pokok maka akan tampil seperti gambar berikut ini
Tampilan DH
Tampilan DH
Pilih tab peserta didik → edit → biodata. Maka akan muncul data rinci peserta didik dimana nama, tanggal lahir dan nama ibu yang dikunci di dapodik disini terbuka dan bisa di edit dengan aman. Setelah seleseai mengedit silakan klik tomlol simpan pada bagian bawah.

Hasilnya, data di dapodik akan mengikuti perubahan pada dapodik helper. Setelah diubah di dapodik helper selanjutnya tinggal di singkronkan dan tunggu beberapa hari, dan data akan berubah tanpa melalukan verval pd.

Cara ini sangat membatu sekali bagi ops yang ingin merubah data yang terkunci di dapodik, seperti yang biasa mimin lakukan. Namun, untuk menghindari kerusakan data seharusnya dan sebaiknya lakukan perubadan data melalui VervalPD. Baca Panduan Lengkap Verval PD
Itulah sekilas tentang Cara Edit Data Rinci Peserta Didik tanpa Verval PD. Salam Satu Data.

2 komentar

min setelah edit menggunakan DH Data gak berubah stlh disingkronkan....gmn solusinya??

Saya sarankan merubah melalui vervalpd, DH bagi saya sendiri opsi terakhir. Edit data melalui DH bukan cara resmi.

Silahkan berkomentar terkait artikel di atas, biasakan membaca sebelum berkomentar. Komentar yang sama atau tidak terkait dengan artikel tidak disetujui