-->

Cara Install Dapodik Helper Terbaru dan Manfaatnya

Sudah bukan rahasia lagi bahwa dapodik helper merupakan aplikasi pelengkap dari aplikasi dapodik yang sangat membantu para operator sekolah. fitur-fitur yang disediakan dapodik helper akan berjalan dengan sempurna jika kita melakukan proses instalasi dengan baik dan benar. Namun, sebelum kita membahas tentang cara menginstal dapodik helper yang benar ada baiknya kita berkenalan terlebih dulu dengan aplikasi keren yang satu ini.

Kegunaan dan manfaat dapodik helper
Dapodik Helper
Dapodik helper atau sering disebut dengan DH di ciptakan dan dikembangkan dengan semangat untuk melengkapi aplikasi dapodik yang dikembangkan oleh kemendikbud utamanya untuk berbagai fungsi yang belum disajikan oleh Aplikasi Dapodik. Karenanya perlu kita diketahui apa saja manfaat dan kegunaan dari aplikasi ini.

A. Manfaat Dapodik Helper Sebagai Pelengkap Dapodik

1. Backup dan restore database dapodik

Fitur ini merupakan fungsi dasar sejak pertama kali dapodik helper dirilis hingga saat ini. Hal ini dapat menjadi solusi untuk backup lokal jika terjadi permasalahan pada laptop yang digunakan sehingga kita dapat melakukan restore database ke laptop lain tanpa kehilangan data yang telah di entri.

Untuk melakukan backup database cukup dengan memilih menu maintenance - backup data - pilih lokasi penyimpanan file. File backup berekstensi .dbz
Untuk merestore file pilih menu maintenance - restore data – cari file hasil backup.

2. Mengembalikan data yang terhapus

Pada aplikasi dapodik terdapat fasilitas hapus yang bertujuan untuk menghapus data yang benar-benar tidak dibutuhkan dan atau terjadi kesalahan entri data. Sementara untuk menghilangkan data peserta didik dan PTK prosedurnya adalah dengan melakukan mutasi atau lulus. Guna mengatasi faktor ketidaksengajaan terhapusnya data dari dapodik maka disediakan fasilitas penolong ini agar data yang terhapus dapat dikembalikan seperti semula.

Untuk menjalankan fungsi ini masuk pada menu file - data terhapus - pilih menu yang akan di kembalikan - klik kanan pada data yang terhapus - kembalikan data

3. Mengganti password dapodik

Aplikasi dapodik saat ini secara langsung tidak menyediakan fasilitas mengganti password, sehingga jika lupa password cara yang harus dilakukan adalah dengan melakukan install ulang dengan catatan sudah melakukan sinkronisasi namun jika dilakukan saat belum pernah sinkronisasi maka harus melakukan input data ulang, repot kan?

Karenanya, di sediakan fungsi penggantian password dapodik. Perlu diketahui bahwa untuk mengganti password dapodik diperlukan kode regirtrasi. Caranya pilih menu maintenance - pengguna - reset password - masukkan koreg - password baru - ganti password.

4. Cetak kartu NISN berbarcode

Salah satu fitur yang paling banyak diminta para pengguna dapodik helper adalah kemampuan untuk membuat kartu NISN siswa dengan dilengkapi QR Code. Hal ini dapat membantu operator sekolah yang dituntut dapat memberikan bukti fisik kepada sekolah dari apa yang telah dikerjakan.

Untuk mencetak kartu NISN harus melakukan autentikasi dengan memasukkan email dan password dapodik pada menu file - autentikasi selanjutnya pilih menu siswa - blog beberapa nama siswa - klik kanan - cetak NISN.

5. Cetak furmulir PTK

Ini sangat membatu bagi PTK untuk mengecek apakah data entrian di dapodik sudah sesuai dengan data yang sebenarnya sebelum disingkronkan. Maklum, OPS juga manusia yang bisa saja alpa dalam mengentri data, bayangkan jika karna lelah lalu OPS salah entri nominal gaji berkala atau data lain yang berakibat terhadap tunjangan PTK. Cukup dengan klik kanan nama ptk lalu cetak formulir PTK.

6. Cetak formulir siswa

Formilir ini bersisi data pokok siswa yang dapat digunakan sebagai data induk siswa yang valid untuk keperluan administrasi sekolah. Silakan klik kanan nama peserta didik lalu cetak formulir. Cetak formulin ini juga bisa dalam bentuk softcopy berupa file pdf atau excel.

7. Mengedit data yang terkunci di dapodik

Untuk Mengedit data yang terkunci di dapodik seperti nama siswa, tanggal lahir dan nama ibu kandung. Sementara untuk NISN harus melalui vervalpd karena NISN sifatnya unik dan dimiliki tiap siswa sehinnga untuk merubahnya harus dengan melampirkan ijazah. Pilih nama siswa yang akan di edit lalu klik kanan - pilih edit biodata.

8. Prefill ulang dapodik

Jika dicermati judulnya memang cukup menimbulkan pertanyaan. Fasilitas prefill ulang dapodik ini berfungsi untuk memasukkan prefill terbaru dari hasil singkronisasi yang telah di generate dari server kemdikbud.

Normalnya ketika kita ingin memastikan dapodik kita berisi data terbaru dari server pusat maka harus melakukan proses instal ulang dapodik dan registrasi seperti biasa. Namun dengan memanfaatkan fitur ini kita tidak perlu instal ulang cukup dengan mengklik menu maintenance - restore prefill dapodik - masukkan kode registrasi dapodik - pilih lokasi penyimpanan prefill - centang kosongkan data lalu tekan proses.

Setelah memahami fungsi dan kegunaan dapodik helper di atas maka sungguh sayang jika kita tidak menambahkan aplikasi ini sebagai pasangan dari aplikasi dapodik, karen pelengkap itu perlu.

B. Cara Mengunduh dan Menginstal Dapodikhelper

Pertama, download aplikasi terbaru di http://dapodikhelper.blogspot.co.id/p/download.html atau dapodikhelper. Pastikan selalu menngunakan aplikasi yang terbaru. Biasanya setiap ada pembaharuan aplikasi dapodik maka DH juga akan diperbaharui guna memastikan aplikasi ini kompatibel dan berjalan sesuai yang diharapkan.

Kedua, setelah selesai mendownload maka ikuti langkah menginstallnya dengan benar. Ketika menginstall DH harus pada posisi sudah terinstall dapodik, artiya step installnya setelah dapodik terinstall di laptop / PC baru menginstal dapodik helper terbaru.

Ketiga, Pastikan dalam menginstal selalu melalui rus as administrator. Hal ini dilakukan guna memberikan akses admin kepada aplikasi untuk memaksimalkan fungsinya. Caranya klik kanan installer DH, pilih run as administrator. Lakukan instalasi seperti biasa sampai selesai.

Keempat, jalankan DH secara benar yaitu dengan cara klik kanan - run as administrator. Lakukan autentikasi dengan user dan password dapodik. Sampai tahap ini seharusnya sudah bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Demikian cara download dan install dapodik helper beserta kegunaannya, semoga bisa memberikan manfaat seperti mimin yang telah memperoleh manfaat dari aplikasi dapodik helper ini.

10 komentar

berarti dapodik helper fungsinya untuk perbaikan data yang terkunci Di dapodik saja ya pak ?
lalu bagaimana operasinya apakah setelah entry perbaikan data di dapodik helper akan nglink ke dapodik dan pada saat perbaikan data kedua aplikasi harus on

Fungsinya banyak seperti penjelasan di atas, sala satunya untuk edit data yang terkunci di dapodik seperti nama siswa, tanggal lahir siswa dan nama ibu kandung. cara lain edit data siswa melalui verval pd dengan mengunggah dokupen pendukung yang di persyaratkan, untuk sd akte kelahiran dan untuk smp dan sma / smk ijazah sekolah jenjang sebelumnya. dapodik helper hanya bisa di pakai di laptop yang terdapat dapodik namun pada saat mengoperasikan dapodik helper dapodik tidak perlu di buka karena dapodik helper sudah ngelink kedapodik.

aplikasi dapodik paud saya error (sepertinya database di laptop hilang). saya sudah install ulang dapodik, namun ternyata datanya banyak yang hilang tidak sesuai saat sinkronisasi terakhir (rombel hilang, peserta didik tidak tinggal beberapa, data guru sebagian tidak sesuai, dll). pas saya install dapodik helper alhamdulillah data sesuai seperti sinkronisasi terakhir. cuma saya bingung bagaimana cara menyamakan data di aplikasi dapodik dengan data yang ada di dapodik helper ya. terima kasih

Saya mau tanya soal dapodik helper, kenapa setelah saya instal saya buka tidak bisa,
dengan peringatan "service data tidak dapat ditemukan"
mohon solusinya, terimkasih.

ikuti petunjuk pengistalan dan pengoperasian di atas

Sudah install tapi tidak bisa dibuka. Muncul kalimat "sudah terpasang, silahkan buka aplikasi". Selalu mengulang seperti itu. Sebelumnya yang 2016 sudah ada. Tapi entah kenapa skrng tidak bisa dipakai. Sama seperti yg 2017. Mohon solusinya

Pastikan menggunakan aplikasi terbaru, menginstal sesuai instruksi dan menjalankan sesuai ketentuan.

Harus melalui run administrator ya....ngk bisa langsung enter....untk menginstal n menjalankan dapodik helpernya.....

Tidah harus, tapi disarankan agar aplikasi berjalan maksimal khususnya untuk windows 7, 8, 8.1 dan 10.

Apakah aman ataupun tdak mempengaruhi data yg ada didapodik

Silahkan berkomentar terkait artikel di atas, biasakan membaca sebelum berkomentar. Komentar yang sama atau tidak terkait dengan artikel tidak disetujui