-->

Cara Cepat Mengerjakan PMP Secara Bersama-sama Menggunakan Android

Aplikasi PMP Ditjen Dikdasmen merupakan aplikasi pendidikan yang dikembangkan berbasis web, sehingga memungkinkan untuk dilakukan pengisian kuisioner dengan banyak pengguna atau dapat dilakukan bersama-sama dalam satu jaringan dengan menggunakan Wifi Router, Modem Wifi (MiFi) ataupun menggunakan Smartphone.

Metode ini memanfaatkan laptop/PC awal yang telah terinstall aplikasi dapodik dan PMP sebagai server dan laptop/PC lain tanpa menginstall aplikasi PMP sebagai client.
Multi User PMP
Multi User PMP
Pengisian kuisioner Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) dapat menggunakan PC/Laptop server yang terkoneksi dengan internet. Dengan menggunakan jaringan internet yang sama antara PC/Laptop server dengan client, dapat mengakses Aplikasi PMP tanpa harus menginstall aplikasi PMP di PC/laptop client.

Tutorial kali ini mimin akan menggunakan Smartphone kesayangan sebagai alat / media untuk menghubungkan laptop server "laptopnya OPS" yang terinstall Aplikasi Dapodikdas dan PMP dengan laptop client yang tidak terinstall Aplikasi Dapodikdas dan PMP.

Seperti biasa, secangkir kopi biar tetap fokus sehingga dapat mengikuti langkah-langkahnya dengan semangat.

Bersihkan smartphone kesayangan kamu biar keliatan kinclong. Mimin menggunakan smartphone Redmi2 kesayangan... hehehe malah promosi hp china.

Aktifkan fitur hotspot/tethering pada smartphone.

Sambungkan laptop server dan cek ip addres pada laptop. Caranya melalui CMD dengan mengetik ipconfig
Cek IP Lewat CMD
Cek IP Lewat CMD
Melalui network and sharing center dengan cara meng klik kanan sinyal wifi lalu pilih open network, klin nama wifi lalu klik detail.
Cek IP Lewat Network Properties
Cek IP Lewat Network Properties

Setelah mendapatkan ip addres server “ip address laptop mimin 192.168.43.175”sambungkan laptop client ke wifi smartphone.

Masukkan ip addres pada web browser kesayangan diikuti port 1745. Jadi 192.168.43.175:1745
Taraaa, PMP siap dikerjakan secara gotong royong melibatkan semua PTK.

Demikian tutorial Cara Mudah Mengerjakan PMP Secara Bersama-sama Menggunakan Android. Gotong royong mengerjakan PMP judulnya,,,, Semoga bermanfaat. Salam Satu Data.

Silahkan berkomentar terkait artikel di atas, biasakan membaca sebelum berkomentar. Komentar yang sama atau tidak terkait dengan artikel tidak disetujui